7 Cara Mengatasi Bluetooth Error di Android

Bluetooth merupakan salah satu komponen yang cukup penting fungsinya bagi sebuah HP Android. Dengan bluetooth, kita dapat mengirim dan menerima berkas dari perangkat lain tanpa perlu internet.

Selain itu, kita juga dapat menghubungkan HP Android dengan perangkat lain seperti speaker, headset, hingga gamepad.

Tapi terkadang bluetooth di Android juga sering mengalami error loh. Sehingga tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah beberapa error yang sering terjadi pada bluetooth di HP Android:

  • Bluetooth tidak bisa dimatikan / dinonaktifkan
  • Bluetooth tidak bisa hidup / diaktifkan
  • Bluetooth nyala sendiri
  • Tidak bisa mengirim file melalui bluetooth
  • Dan lain-lain

Jika saat ini HP Android kamu bluetooth-nya sedang bermasalah seperti diatas, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Karena kali ini Androbuntu.com akan berbagi cara mengatasi bluetooth error di Android. Dengan begitu kamu bisa mengirim dan terima file melalui bluetooth lagi.

Oh, ya. Cara ini dapat kamu aplikasikan ke berbagai merk HP ya. Mulai dari Xiaomi, Asus, Acer, Samsung, Oppo, HP, LG, hingga Advan. Caranya tinggal disesuaikan saja.

Advertisements

Langsung saja. Berikut ini adalah 7 cara mengatasi bluetooth error di HP Android:

1. Restart HP Android

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bluetooth error di Android adalah dengan me-restart HP Android. Dengan cara sederhana ini, biasanya bluetooth akan bisa digunakan kembali dengan normal.

Kamu bisa mengirim dan menerima file melalui bluetooth lagi. Walaupun cara ini tergolong sederhana, namun biasanya sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam error, termasuk masalah bluetooth yang sedang kita bahas ini.

2. Bersihkan Cache Bluetooth

Cara berikutnya yaitu dengan membersihkan cache bluetooth. Cara ini relatif mudah untuk dilakukan, karena tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus cache bluetooth di Android:

  • Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui Bluetooth > Hapus cache

Kemudian cobalah tes kembali bluetooth HP Android kamu. Coba kirim sebuah berkas ke perangkat lain, bisa komputer, laptop, atau ke sesama HP Android.

Jiak mengirim tidak bisa, maka cobalah untuk menerima file. Jika masih tetap tidak bisa juga, lakukan cara-cara lainnya yang ada dibawah ini.

Advertisements

3. Paksa Berhenti Bluetooth

Cara berikutnya adalah dengan menghentikan bluetooth secara paksa. Langkah-langkahnya hampir sama seperti diatas, hanya beda di ujung saja.

Caranya adalah:

  • Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui bluetooth > Berhenti paksa

Selanjutnya, aktifkan kembali bluetooth di HP Android Sobat Androbuntu. Kemudian cobalah gunakan untuk mengirim dan menerima file dari HP Android lain.

4. Hapus Data Bluetooth

Selanjutnya kamu juga bisa menghapus data bluetooth. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui bluetooth > Hapus data

Kemudian coba gunakan bluetooth kamu lagi.

Dengan menghapus data bluetooth, maka bukan berarti semua data yang kamu terima dari bluetooth akan dihapus. Cara diatas hanya akan menghapus data dari aplikasi bluetooth.apk saja.

Sedangkan berkas-berkas yang pernah kamu terima menggunakan bluetooth akan tetap aman.

Advertisements

5. Unroot HP Android (Jika Sudah di Root)

Apakah HP Android kamu sudah di root? Jika iya, mungkin ini sebab permasalahannya.

Bisa jadi selama kamu ngoprek Android, terjadi kesalahan yang tidak di sadari. Sehingga menyebabkan HP Android jadi error bluetooth-nya.

Kalau ini adalah penyebabnya, maka kamu wajib unroot HP Android kamu. Unroot adalah proses untuk menghapus satus root pada HP Android, sehingga kembali ke kondisi “standar”.

Untuk langkah-langkahnya, kamu bisa membaca artikel Androbuntu.com yang berjudul: 4 cara unroot smartphone Android semua tipe.

6. Factory Reset

Factory reset juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi bluetooth yang error di Android.

Namun setelah melakukan cara ini, data-data dan aplikasi kamu akan hilang. Jadi pastikan kamu sudah backup data ya.

Untuk proses factory reset, kamu bisa membaca tutorial lengkapnya pada artikel cara factory reset smartphone Android.

Advertisements

7. Gunakan Aplikasi Lain Untuk Mengirim & Menerima File

Jika semua cara diatas tidak bisa membuat bluetooth di Android kamu kembali, maka terpaksa kamu menggunakan cara terakhir ini. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim dan menerima file.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Share It dan Mi Drop. Atau sebagai alternatif lain, kamu bisa mengunggah file ke layanan cloud storage dan memberikan link-nya ke perangkat satunya.

Nah, itu dia tadi 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bluetooth yang error di smartphone Android. Jika saat ini bluetooth di smartphone Android kamu error, maka kamu wajib melakukan 7 hal diatas.

Terakhir diperbarui 29 Mei 2021.

Gamer paruh waktu.

Tinggalkan komentar