Cara Install Aplikasi Deb di elementary OS Dengan Mudah

Cara Install Aplikasi Deb di elementary OS – Elementary OS adalah salah satu dari sekian banyak distro linux yang merupakan turunan dari Ubuntu. Karena turunan dari Ubuntu, maka semua aplikasi yang berjalan di Ubuntu juga dapat di install dan digunakan di elementary OS.

Seperti yang kita ketahui, Ubuntu merupakan turunan dari Debian. Karenanya elementary OS juga menggunakan paket aplikasi .deb sama seperti Ubuntu dan Debian.

Walaupun paket aplikasi .deb sudah sangat populer di linux, namun masih banyak para pengguna linux (khususnya yang menggunakan distro turunan Debian) yang belum tahu cara menginstall paket aplikasi .deb di sistem mereka.

Cara Install Aplikasi Deb di elementary OS

Ada dua cara menginstall aplikasi .deb di elementary OS. Pertama adalah menggunakan terminal. Kedua adalah menggunakan program Graphical User Interface atau GUI. Saya sendiri adalah orang yang lebih senang menginstall aplikasi dengan menggunakan terminal karena lebih cepat.

Cara Install Aplikasi Deb Menggunakan Terminal

Pertama, buka terminal. Kemudian masuklah ke direktori tempat kamu menyimpan aplikasi .deb yang ingin diinstall. Sebagai contoh, kamu menyimpan aplikasi .deb di direktori Downloads, maka perintahnya adalah:

cd Downloads

Kemudian masukkan perintah dibawah ini untuk memulai proses installasi.

sudo dpkg -i nama-aplikasi.deb

Jangan lupa untuk mengetikkan password sudo kamu. Maka proses installasi akan segera dilakukan.

Cara Install Aplikasi .deb Menggunakan GUI

Di elementary OS, ada aplikasi bernama Eddy. Kamu bisa menginstall-nya di AppCenter.

Cara Install Aplikasi deb di elementary OS

Jika Eddy sudah terinstall di elementary OS milik kamu, maka setiap kali kamu mengklik aplikasi .deb akan langsung terbuka Eddy untuk melakukan pemasangan aplikasi .deb tersebut. Cocok untuk kamu yang lebih suka menginstall aplikasi dengan menggunakan GUI.

Berikut ini adalah tampilan ketika saya akan menginstall aplikasi Easy Slideshow dengan menggunakan Eddy.

Cara Install Aplikasi deb di elementary OS

Itu dia 2 cara paling mudah menginstall aplikasi .deb di elementary OS. Semua tergantung dari kebiasaan kamu.

Jika kamu lebih suka menginstall melalui terminal, maka kamu bisa menggunakan perintah installasi diatas. Namun jika kamu lebih suka dengan metode “klik sana klik sini”, maka kamu bisa menggunakan Eddy.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari