Cara Membuat Tema MIUI 7/8 di PC Tanpa Aplikasi

0
204
cara membuat tema miui xiaomi

Cara membuat tema MIUI – Semua smartphone Xiaomi dibekali dengan ROM khusus bernama MIUI. MIUI adalah android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dibandingkan dengan android stock ROM. Selain dari segi tampilan, juga banyak fitur khusus yang ditambahkan di MIUI dan tidak ada di android stock ROM.

Beberapa fitur bawaan MIUI salah satunya adalah tema. Kamu bisa mengunduh banyak tema langsung dari smartphone Xiaomi. Terdapat banyak sekali tema keren yang dibuat orang diseluruh dunia dan bisa kamu gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar.

Namun, tidak ada yang lebih memuaskan dengan hasil buatan sendiri. Benar bukan? Apakah kamu ingin menggunakan tema MIUI buatan sendiri? Jika iya, maka berikut ini adalah beberapa tahapan untuk membuat tema MIUI menggunakan MIUI Theme Designer.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Tema MIUI 7/8

Pertama, download file zip ini. Di dalam zip tersebut ada beberapa file seperti background dan ikon yang akan kita gunakan dalam tutorial kali ini. Berikut ini adalah isi dari file tersebut.

cara membuat tema miui xiaomi

Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengunjungi MIUI Theme Designer Station. Kemudian masuklah dengan akun Mi kamu, jika belum punya, kamu bisa mendaftar dengan klik “Register Now”.

cara membuat tema miui xiaomi

Berikut ini adalah tampilan awal MIUI Theme Designer Station. Lalu pilih “Theme Editor”.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian kamu akan diarahkan ke tab baru dengan alamat http://zhuti.xiaomi.com/editor/home seperti dibawah ini. Lalu pilih “Create a theme”.

cara membuat tema miui xiaomi

Sampai disini, kita akan memulai proses pembuatan tema. Yang pertama kali akan kita lakukan adalah memilih Lock screen template. Dimana terdapat 4 template berbeda, yaitu:

  • Five-point unlocker
  • 3-swipe unlocker
  • Slide right to unlock
  • Slide up to unlock

Di sini saya memilih yang Slide up to unlock. Kamu bisa memilih template yang mana saja sesuai dengan selera.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian masuk ke proses selanjutnya, yaitu Lock screen wallpaper. Disini kita akan memasang lock screen default dari tema yang kita buat. Klik tombol “Lock screen wallpaper”, lalu pilih file dengan nama “lock screen wallpaper.png” yang tadi sudah kamu download. Maka hasilnya akan tampak seperti ini.

cara membuat tema miui xiaomi

Jika kamu tidak suka dengan wallpaper tersebut dan ingin menggunakan wallpaper lain, kamu bisa melakukannya. Dengan catatan bahwa gambar tersebut harus berekstensi JPG dan berukuran 720 x 1280 pixel.

Kemudian klik “Next”. Dan kita akan masuk ke Screen clock numbers. menu ini adalah untuk mengganti angka-angka jam di lock screen. Jika kamu ingin mendesain angka-angka sendiri, maka bisa di upload pada halaman ini.

Karena proses pembuatan yang rumit, biarkan tema kita kali ini menggunakan angka-angka default. Klik “Next”.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian kita akan masuk ke Upload unlocker icons. Karena Lock screen template yang kita pilih tidak membutuhkan ini, maka bisa kita skip dan langsung klik “Next”.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian kita akan sampai pada tahap berikutnya, yaitu pemilihan latar belakang home screen. Klik “Home screen wallpaper” lalu pilih file “home screen wallpaper.jpg” yang tadi kamu download.

Jika kamu ingin menggunakan gambar lain, gunakanlah gambar berukuran 1440 x 1280 pixel dengan ekstensi JPG. Jika sudah, klik Next.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian, kita akan masuk ke tahap pemilihan ikon. Ada dua ikon yang bisa kita buat disini, yaitu Home Screen app icons dan Other icons. Home Screen app icons adalah ikon untuk aplikasi-aplikasi bawaan seperti Notes, Mail, Updater, Browser, dan lain-lain.

Sedangkan Other icons adalah ikon-ikon seperti Folder, dan semacamnya.

Klik setiap ikon dan pilih setiap ikon dari folder “ikon” dari file yang tadi kamu download. Karena keterbatasan waktu, saya hanya bisa menyediakan 12 ikon. Itu pun bukan buatan saya, semua ikon tersebut adalah milik dari pengembang elementary OS.

Sedangkan aplikasi bawaan MIUI adalah 26 aplikasi. Kamu bisa membuat sisanya atau mencari ikon di Google dengan ukuran 192 x 192 pixel. Jika sudah, klik Next.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian kita akan masuk ke tahap selanjutnya. Terdapat 4 tampilan yang akan kita buat dan modifikasi disini, yaitu:

  • System UI colors
  • Dealer UI
  • Messaging
  • Notification shade

System UI colors adalah warna dan gambar yang akan tampil di area notifikasi, aplikasi Telepon, dan SMS. Terdapat Color Chooser bawaan yang bisa kamu gunakan untuk memilih warna yang ingin digunakan.

Kamu juga bisa memilih latar belakang gambar. Pilih gambar bernama “sms background” yang ada di dalam folder yang tadi kamu download. Kamu juga bisa menggunakan gambar lain berekstensi PNG dengan resolusi 720 x 1280 pixel.

cara membuat tema miui xiaomi

Pada Dialer UI, klik Upload Dialpad background dan pilih gambar “dialpad background.png”. Piliih gambar buttom bar image dengan gambar “buttom bar image.png”.

cara membuat tema miui xiaomi

Kemudian di Messaging, tombol “Compose” dan pilih gambar “sms tombol.png”.

cara membuat tema miui xiaomi

Untuk Notification shade, pilih gunakan gambar “sms background.png” karena ukurannya sama. Kamu juga bisa memilih warna tombol di Toggle.

cara membuat tema miui xiaomi

Sejauh ini, tema kamu telah selesai dibuat. Klik tombol centang di sebelah kiri untuk menggenerate tema MIUI tersebut menjadi file mtz. Kamu juga bisa mempublikasikannya di MIUI Theme Store, bisa dibuat gratis ataupun berbayar. Namun kamu harus menunggu audit dari tim Xiaomi.

Nah, itu dia tata cara membuat tema MIUI sendiri tanpa PC menggunakan MIUI Theme Designer Station.

Baca juga: Cara mencegah aplikasi menggunakan data internet di smartphone Xiaomi