Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Xiaomi

Tahukah kamu bahwa setiap HP Android memiliki fitur-fitur tersembunyi? Fitur ini tidak akan muncul hingga kita mengaktifkan “Opsi Pengembang”.

Seperti namanya, fitur ini sebenarnya diperuntukkan kepada para pengembang. Baik itu pengembang game, aplikasi, ataupun ROM Android. Namun kita sebagai pengguna biasa yang tertarik juga dapat menggunakannya.

Sama seperti HP berbasis Android lainnya, semua HP Xiaomi juga memiliki “Opsi Pengembang” di pengaturannya. Dalam bahasa Inggris, fitur ini disebut sebagai “Developer Options“.

Namun pengaturan ini masih tersembunyi dan hanya dapat di akses menggunakan cara khusus.

Namun sebelum mengaktifkan “Opsi Pengembang” ini, kamu terlebih dahulu harus tahu apa fungsi dari opsi ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan hal yang dapat kamu lakukan dengan “Opsi Pengembang” di HP Xiaomi:

  • Mempercepat atau menonaktifkan efek animasi yang bisa membuat smartphone android kamu menjadi jauh lebih cepat.
  • Mengaktifkan 2D Hardware Acceleration untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat.
  • Mengaktifkan USB Debugging untuk proses pengembangan aplikasi dan hal-hal lainnya.
  • Menampilkan lokasi sentuhan dan lokasi pointer.
  • Menampilkan penggunaan CPU.
  • Dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur-fitur diatas di HP Xiaomi kamu, maka mengaktifkan opsi pengembang adalah sebuah kewajiban. Ini langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menggunakan fitur tersembunyi diatas.

Baca juga: Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan di HP Xiaomi

Cara Mengaktifkan Developer Options di HP Xiaomi

Pertama, buka Pengaturan. Lalu geser ke bawah sampai kalian menemukan menu “Tentang Ponsel”. Klik menu tersebut.

cara mengaktifkan opsi pengembang di smartphone xiaomi miui

Kemudian ketuk tujuh kali pada tulisan “Versi MIUI” sampai muncul tulisan “Selamat, Anda sudah menjadi pengembang” atau “Tidak perlu, Anda sudah menjadi pengembang”.

cara mengaktifkan opsi pengembang di smartphone xiaomi miui

Jika sudah muncul tuisan seperti pada screenshot diatas, maka itu artinya “Opsi Pengembang” sudah dapat kamu akses. Cara mengaksesnya adalah dengan kembali ke halaman awal menu Pengaturan, lalu klik Setelah tambahan, lalu pilih Opsi Pengembang.

cara mengaktifkan opsi pengembang di smartphone xiaomi miui

Dan selamat, kamu sudah bisa mengakses pengaturan-pengaturan tersembunyi HP Xiaomi seperti Debugging USB, Log jejak Bluetooth, Statistik Proses, dan masih banyak lagi. Silahkan di eksplor dan coba sendiri fitur-fitur tersebut.

Tips Menggunakan “Opsi Pengembang”

Di bagian atas Opsi Pengembang terdapat slider unutk mengaktifkan dan menonaktifkan opsi ini. Jika kamu sedang tidak menggunakan fungsi-fungsi dari “Opsi Pengembang”, ada baiknya untuk menonaktifkannya.

Geser slider ke sebelah kanan untuk mengaktifkan “Opsi Pengembang”. Dan geser slider ke sebelah kiri untuk menonaktifkan “Opsi Pengembang”.

Apakah “Opsi Pengembang” hanya bisa diakses jika HP Android kamu sudah di root?

Tidak harus. Kamu yang memiliki HP Xiaomi yang tidak di root pun tetap dapat mengaktifkan “Opsi Pengembang”.

Apakah dengan mengaktifkan developer options garansi HP Xiaomi saya akan hangus?

Tidak. Mengaktifkan developer options berbeda dengan root. Mengaktifkan opsi pengembang hanya memunculkan opsi yang tersembunyi. Jadi tidak akan menghanguskan garansi HP Xiaomi kamu.

Kecuali jika memang HP Xiaomi kamu sudah melewati masa garansinya.

Cara diatas dapat kamu lakukan di HP Xiaomi dengan tipe MIUI berapa pun. Namun screenshot yang saya gunakan dalam tutorial diatas adalah MIUI 7. Tinggal disesuaikan saja dengan versi MIUI yang ada di HP Xiaomi kamu.

Terakhir diperbarui pada 31 Mei 2021.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Just another crazy person trying to change the world.