5 Cara Mengatasi Error “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” Di Android

galeri smarttphone android

Cara Mengatasi Error “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” Di Android – Galeri adalah salah satu aplikasi bawaan smartphone android yang sangat penting keberadaannya. Dengan galeri, kita bisa melihat foto dan video kenangan melalui smartphone.

Tapi aplikasi galeri bawaan smartphone android juga sama seperti aplikasi lainnya yang masih bisa mengalami error. Berikut ini adalah deretan error yang sering terjadi pada aplikasi galeri pada android:

  • Sayangnya galeri telah berhenti
  • Unfortunately gallery has stopped
  • Galeri tidak bisa dibuka
  • Dan error lainnya

Nah, jika aplikasi galeri smartphone android kamu mengalami error seperti beberapa error diatas, kamu bisa mengikuti 5 cara dibawah ini untuk mengatasinya.

Baca juga:

5 Cara Mengatasi Error “Sayangnya Galeri Telah Berhenti” Di Android

5 cara mengatasi error aplikasi galeri ini bisa kamu terapkan pada semua merk smartphone android. Mulai dari Samsung, Smartfren, Oppo, Sony, Xiaomi, Asus, Lenovo, Advan, HTC, LG, Motorola, Vivo, dan merk lainnya.

Nah, langsung saja, berikut ini adalah 5 cara mengatasi error aplikasi android:

Cara 1: Hapus Cache Galeri Android

Setiap aplikasi android yang terinstall di smartphone android kamu akan menyimpan cache. Apalagi aplikasi galeri. Galeri akan menyimpan banyak sekali cache.

Cache ini berfungsi untuk menampilkan foto dan video lebih cepat di galeri. Tapi jika dibiarkan menumpuk terlalu banyak, terkadang bisa membuat aplikasi galeri menjadi error dan tidak bisa dibuka.

Untuk menanganinya, kamu bisa menghapus cache aplikasi galeri. Cara menghapus cache sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu masuk ke Setelan > Aplikasi > Galeri > Hapus cache.

Tenang saja, menghapus cache tidak akan berdampak buruk pada aplikasi galeri. Foto dan video kamu juga tetap aman.

Cara 2: Hapus Data Galeri Android

Selain cache, aplikasi galeri juga menyimpan data di perangkat kamu. Data-data ini berupa thumbnail foto dan video, serta dat-data pengaturan.

Menghapus data aplikasi galeri juga aman untuk dilakukan. Foto-foto dan video yang kamu simpan akan tetap ada.

Untuk menghapus data aplikasi galeri, buka menu Setelan > Aplikasi > Galeri > Hapus data. Selesai. Coba buka kembali aplikasi galeri kamu.

Cara 3: Restart Smartphone Android

Cara ketiga ini juga wajib kamu coba, yaitu dengan cara merestart smartphone android.

Terkadang error yang terjadi pada galeri hanya karena masalah sepele, salah satunya adalah karena smartphone sudah terlalu lama on.

Karenanya merestart smartphone bisa menjadi solusi untuk menangani galeri smartphone android kamu yang error.

Cara 4: Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Ketiga cara diatas sebenarnya sudah cukup untuk mengatasi aplikasi galeri yang error. Tapi jika ketiga cara diatas belum juga bisa menangani error di smartphone kamu, kamu bisa melakukan cara keempat ini.

Cara keempat ini yaitu dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Untuk kembali ke pengaturan pabrik, buka Setelan > Setelan tambahan > Buat cadangan dan reset.

Oh, ya. Pastikan bahwa kamu melakukan backup data dan aplikasi sebelum melakukan ini ya. Karena merestart akan menghapus aplikasi yang ada.

Cara 5: Gunakan Aplikasi Galeri Pihak Ketiga

Jika keempat cara diatas tidak bisa juga digunakan untuk mengatasi error galeri, maka ya sudah. Gunakan saja aplikasi galeri pihak ketiga.

Ada cukup banyak aplikasi galeri yang bagus ko. Contohnya adalah Google Photos, Galleri+, dan lain-lain. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan selera.

Kesimpulan

Mudah-mudahan dengan mempraktekan 5 cara diatas aplikasi galeri di smartphone android kamu bisa digunakan lagi. Dengan begitu kamu bisa melihat foto dan video kamu lagi.

Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang belum dimengerti kamu bisa menanyakannya langsung di kolom komentar. Atau bisa juga langsung bertanya di Fanspage Androbuntu di Facebook.