5 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca, Terdeteksi Atau Error Di Android

cara mengatasi sim card error di android

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca, Terdeteksi Atau Error – Sim Card adalah salah satu komponen yang sangat penting kehadirannya di smartphone android. Secanggih apapun smartphone nya jika tidak ada Sim Card akan terasa tidak berguna.

Tanpa Sim Card, kita tidak bisa membuat dan menerima panggilan, tidak bisa mengirim SMS, tidak bisa internetan, dan masih banyak lagi. Smartphone jadi terasa tidak berguna.

Kira-kira itulah yang juga akan kamu rasakan jika Sim Card di smartphone kamu error, tidak bisa terbaca, ataupun tidak bisa digunakan di smartphone android.

Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat Sim Card menjadi Error. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang mengakibatkan Sim Card menjadi error dan tidak terbaca:

  • Sim Card sudah habis masa aktifknya. Seperti yang kita ketahui, setiap nomor yang kita gunakan memiliki masa aktif. Jika kamu tidak pernah beli pulsa, maka masa aktifnya tidak akan bertambah panjang. Dengan begitu setiap hari Sim Card kamu akan semakin mendekati ajalnya. Hingga sampai akhirnya Sim Card kamu tidak berfungsi lagi.
  • Lempengan kuningan rusak. Sim Card dilengkapi komponen elektronika berupa lempengan kuningan yang berisi informasi mengenai nomor ponsel. Jika tergores sedikit saja, maka Sim Card tidak akan bisa digunakan lagi, alias error.
  • Sim Card mengalami panas yang berlebihan. Smartphone tidak memiliki mekanisme pendingin seperti pada laptop ataupun komputer. Karenanya akan membuat lempengan Sim Card menjadi ikut kepanasan. Jika sudah terlalu panas, maka akan membuat Sim Card menjadi error.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan Sim Card error, tidak terbaca alias tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana cara mengatasi Sim Card yang error di smartphone android? Kamu bisa mengikuti caranya dibawah ini.

Baca juga:

5 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca, Terdeteksi Atau Error Di Android

Cara mengatasi Sim Card error ini bisa kamuu terapkan di smartphone android merk apa saja, mulai dari Xiaomi, Sony, Asus, Acer, LG, Huawei, Samsung, dan lainnya. Tinggal disesuaikan saja.

1. Restart Smartphone Android Kamu

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan merestart smartphone android kamu. Kenapa harus restart? Karena biasanya jika smartphone sudah terlalu lama digunakan, akan terjadi error di beberapa fungsi, salah satunya adalah fungsi Sim Card.

Nah, dengan merestart smartphone, biasanya error ringan seperti Sim Card yang tidak terdeteksi bisa diatasi.

Cobalah restart smartphone kamu, kemudian lakukan panggilan. Jika bisa, artinya Sim Card kamu tidak apa-apa dan masih berfungsi dengan baik.

2. Coba Gunakan Sim Card Lain

Jika cara diatas sudah kamu lakukan tapi Sim Card masih error juga, kamu bisa menggunakan cara kedua ini, yaitu dengan mencoba Sim Card lain.

Nonaktifkan smartphone kamu, copot Sim Card yang saat ini kamu gunakan. Setelah itu pinjamlah Sim Card milik teman kamu. Kemudian pasang di smartphone kamu.

Jika ternyata Sim Card teman tersebut bisa berfungsi dengan baik di smartphone kamu, itu artinya Sim Card milik kamu memang mengalami error. Bisa saja lempengan kuningannya tergores atau karena hal lainnya.

Tapi jika Sim Card milik teman juga tidak bisa berfungsi di smartphone kamu padahal di smartphone teman bisa, itu artinya error ada di smartphone yang kamu gunakan.

Bisa saja terjadi kerusakan pada modul pembaca Sim Card. Jika sudah begini, kamu harus membawa smartphone kesayangan kamu itu ke tukang service.

Sampaikan pada tukang service apa yang terjadi pada smartphone, yaitu tidak bisa membaca Sim Card. Biasanya mereka tahu apa yang harus dilakukan.

3. Bersihkan Sim Card

Seiring dengan pemakaian smartphone, biasanya akan ada debu-debu halus yang masuk ke dalam smartphone. Salah satu bagian yang terkena adalah Sim Card kamu.

Jika ada debu-debu yang menutup sebagian besar lempengan kuningan Sim Card, biasanya smartphone tidak bisa membacanya dengan baik. Jika sudah begitu maka Sim Card tidak bisa digunakan.

Untuk mengetahuinya, copot Sim Card dari smartphone kamu, kemudian bersihkan. Kamu bisa membersihkannya menggunakan kain halus ataupun tisu.

Bersihkan dengan hati-hati. Jangan sampai menyakiti Sim Card, maksud saya jangan sampai merusak Sim Card.

Jika dirasa sudah bersih, coba pasang kembali Sim Card ke smartphone kamu. Dan lakukan panggilan ke salah satu nomor yang ada di kontak.

Jika panggilan berhasil, maka Sim Card kamu sudah bisa digunakan kembali.

4. Lakukan Factory Reset

Jika ketiga cara diatas sudah kamu lakukan tapi Sim Card kamu masih error juga, maka cobalah untuk melakukan Factory Reset smartphone. Cara ini akan mengembalikan pengaturan smartphone seperti saat baru dibeli.

Untuk mereset smartphone ke pengaturan awal, ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka Setelan > Setelan tambahan > Buat cadangan dan reset

5. Tanyakan Pada Customer Service Operator

Jika keempat cara diatas sudah kamu lakukan tapi Sim Card kamu masih tidak bisa digunakan juga, itu artinya memang ada yang salah dengan Sim Card kamu.

Jika sudah begini cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi Customer Service dari operator yang kamu gunakan. Atau, kamu bisa datang ke kantor cabang agar mendapatkan penanganan yang lebih memuaskan.

Biasanya jika Sim Card kamu sudah tidak bisa digunakan, akan dilakukan penggantian dengan Sim Card baru tapi dengan nomor lama. Dengan begitu kamu bisa menggunakan nomor itu lagi.

Kesimpulan

Itu dia tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Sim Card error, tidak terbaca, dan tidak terdeteksi di smartphone android. Cara ini juga sebenarnya bisa dilakukan untuk iPhone atau ponsel biasa. Tinggal disesuaikan saja.

Sekian. Jika ada yang belum kamu mengerti atau ingin ditanyakan, bisa langsung menghubungi kami di kolom komentar atau melalui Fanspage Androbuntu di Facebook. Salam.