7 Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” Di Smartphone Android

penyimpanan smartphone

Saat ini smartphone android dilengkapi dengan penyimpanan internal yang beragam. Mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, hingga 64GB. Tapi biasanya semakin tinggi penyimpanan internal smartphone, semakin tinggi pula harganya.

Karenanya tidak aneh kalau masih banyak orang yang menggunakan smartphone dengan penyimpanan internal 8GB dan 16GB, termasuk saya, hehe. Itu karena harganya yang masih cukup terjangkau.

Tapi ada resikonya menggunakan smartphone dengan penyimpanan internal yang tidak terlalu tinggi, yaitu kita tidak bisa menyimpan terlalu banyak file, foto, dan juga video.

Jika kita menyimpan terlalu banyak data, maka akan ada pesan “Storage Space Running Out” atau “Penyimpanan hampir habis”. Ketika membaca notifikasi tersebut, tentu kita akan menjadi sebel.

Karena kita tidak bisa lagi menyimpan foto dan video di smartphone. Tapi tenang saja, sebenarnya ada beberapa cara untuk megnatasinya. Ikuti ulasannya dibawah ini.

Baca juga:

7 Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” Di Smartphone Android

1. Hapus cache aplikasi Android

Aplikasi dan game yang ada di smartphone kamu menyimpan cache. Beberapa aplikasi dan game bahkan menyimpan cache dalam jumlah banyak, terutama jika sering digunakan.

Sebenarnya, file cache ini bisa kamu hapus ko. Tenang saja, menghapus cache tidak akan berakibat buruk pada aplikasi.

Untuk menghapus cache, caranya sangat mudah. Buka menu Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus cache.

Cara Membersihkan Cache Di Smartphone Xiaomi

Jika bisa, hapus cache sebanyak mungkin aplikasi yang ada di smartphone kamu. Semakin banyak aplikasi yang kamu hapus cache nya, maka semakin banyak ruang penyimpanan yang terbebas.

Jadi kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan file-file penting, seperti foto mantan misalnya.

2. Hapus aplikasi dan game yang jarang digunakan

Jangan menjadi kolektor aplikasi dan game. Maksudnya adalah mengumpulkan aplikasi dan game walaupun tidak digunakan.

Hapus saja aplikasi dan game yang sudah tidak kamu gunakan. Daripada memenuhi memori internal smartphone kamu, ‘kan lebih baik untuk dihapus?

Dengan begitu smartphone kamu tidak akan kehabisan penyimpanan.

3. Hapus data aplikasi tertentu

Selain cache, aplikasi juga menyimpan data. Data yang tersimpan biasanya adalah data informasi akun, data game, foto, dan data-data lainnya.

Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan hanya sesekali saja kamu gunakan, maka tidak ada salahnya untuk menghapus data aplikasi tersebut.

Tenang saja, yang terhapus hanya datanya saja ko. Aplikasinya tidak akan terhapus. Untuk menghapus data apliaksi, buka menu Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus data.

hapus data aplikasi android

Semakin banyak data aplikasi yang kamu hapus, maka semakin banyak pula penyimpanan internal yang bisa kamu bebaskan.

Dengan begitu kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan lebih banyak file.

4. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Jika smartphone kamu mendukung penggunaan memori eksternal, itu adalah kabar bagus. Karena kamu bisa menggunakan memori eksternal untuk menyimpan apliaksi.

Tidak percaya? Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Link2SD atau App2SD. Dengan memindahkan apliaksi ke memori eksternal, maka memori internal kamu akan tersisa lebih banyak.

5. Pindahkan foto dan video ke cloud storage

Saat ini ada cukup banyak aplikasi cloud storage yang bisa kamu download gratis di Google Play. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mennyimpan file-file penting seperti tugas kuliah, foto, bahkan video.

Dengan menyimpan file di cloud storage, maka kamu tidak perlu menyimpannya di smartphone. Tapi, kamu tetap bisa menggunakan file tersebut kapanpun kamu mau.

Beberapa aplikasi cloud storage yang cukup populer antara lain adalah Dropbox, Mega, dan Box.

6. Pindahkan foto dan video ke penyimpanan lain (flashdisk atau laptop)

Sebagian besar smartphone android saat ini telah mendukung penggunaan USB OTG (On The Go). USB OTG adalah flashdisk yang bisa kamu hubungkan langsung ke smartphone, layaknya ketika kamu menggunakan flashdisk di laptop.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengosongkan ruang penyimpanan smartphone kamu loh. Pindahkan semua data-data kamu, mulai dari foto hingga video ke flashdisk melalui USB OTG.

Jadi beres deh, smartphone kamu tidak akan kehabisan memori internal lagi.

Atau, kamu juga bisa memindahkan file-file kamu ke laptop.

7. Gunakan Browser Dibandingkan Aplikasi

Jika kamu adalah pengguna aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google Plus dan sosial media lainnya, kamu bisa mengakses mereka melalui browser.

Dengan mengakses sosial media melalui browser dibandingkan aplikasi, maka kamu bisa menghemat banyak memori internal. Keren ‘kan?

Kesimpulan

Itu dia tadi 7 cara jitu untuk mengatasi “Storage Space Running Out” atau ruang penyimpanan internal smartphone kamu yang hampir habis. 7 cara diatas bisa kamu coba dan kombinasikan agar hasilnya lebih maksimal.

Entah kamu menggunakan smartphone Xiaomi, Sony, Lenovo, Asus, Acer, Samsung, LG, ataupun yang lainnya, tidak masalah. Asalkan smartphone android, kamu bisa mengimplementasikan cara diatas.

Selamat mencoba.