System76 Tinggalkan Ubuntu dan Gunakan OS Buatan Sendiri Pop!_OS

system76 pop os

System76 adalah perusahaan yang menjual laptop dengan Ubuntu sebagai sistem operasinya. Namun sekarang, sepertinya System76 mengambil langkah yang cukup berani, yaitu dengan berhenti menggunakan Ubuntu dan mengembangkan sistem operasi besutannya sendiri.

Sistem operasi tersebut memang masih berbasis linux. Dan sebenarnya memang masih fork atau cabang dari Ubuntu. Sistem operasi yang akan hadir di setiap laptop besutan System76 ini disebut dengan Pop!_OS. Oh, well, supaya mudah mari kita sebut Pop OS saja.

Kenapa System76 Mengembangkan Pop OS?

Perusahaan tersebut berkata bahwa, sistem operasi besutan mereka ini akan di sesuaikan dengan kebutuhan mayoritas pengguna laptop mereka. Mayoritas pengguna laptop System76 adalah para profesional dan “makers”. Entah itu para pembuat software, aplikasi, game, website, atau semacamnya.

Salah satu tujuan utama System76 mengembangkan Pop OS adalah untuk membuat laptop dengan sistem operasi yang dapat digunakan lebih produktif untuk berbagai hal yang berhubungan dengan rekayasa perangkat lunak.

Kamu pengguna linux mungkin akan berpikir tentang fitur, dan aplikasi baru yang dibawa Pop OS. Jangan berharap terlalu banyak dulu.

Pasalnya, Pop OS dikembangkan dari Ubuntu dengan menggunakan lingkungan desktop (Desktop Environment) GNOME. Yang hampir tanpa penambahan fitur apapun. Yang membedakannya hanya pada tema yang digunakan, yaitu Pop GTK.

System76 Tinggalkan Ubuntu dan Gunakan OS Buatan Sendiri Pop!_OS

Untuk Pop OS versi alpha, saat ini menggunakan Ubuntu 17.04 sebagai basisnya. Yang artinya, hanya mendukung update sampai dengan 9 bulan setelah waktu rilis (November 2017). Namun setelah itu, sepertinya System76 akan menggunakan Ubuntu LTS (Long Term Support) dengan masa dukungan yang lebih lama, yaitu 5 tahun.

Rencananya, Pop OS akan terinstall secara default pada 19 Oktober mendatang di laptop dan komputer buatan System76. Namun para pembeli yang belum bisa move on, masih bisa memilih Ubuntu sebagai sistem operasi di laptop atau komputer System76 yang mereka pesan.

Download dan Coba Pop OS

Jika kamu penasaran dan ingin mencoba Pop OS, kamu bisa mendownloadnya secara langsung dari website System76 disini. Namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan sistem operasi ini untuk produktivitas, karena masih dalam tahap alpha. Karena masih tahap alpha, maka bisa dipastikan banyak bug dan masih belum stabil.