Cara Mematikan dan Menghidupkan Smartphone Xiaomi Secara Otomatis

Cara Mematikan dan Menghidupkan Smartphone Xiaomi Secara Otomatis – ROM MIUI 8 buatan Xiaomi memang keren. Terdapat banyak sekali fitur tambahan yang tidak bisa kamu temukan di smartphone android lainnya. Saya baru saja menemukan sebuah fitur yang cukup menarik. Fungsi dari fitur tersebut adalah untuk menonaktifkan dan menghidupkan smartphone secara otomatis dan terjadwal.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang malas mematikan dan menghidupkan smartphone Xiaomi secara manual. Atau untuk kamu yang sering kelupaan untuk mematikan dan menghidupkan smartphone Xiaomi kamu. Jadi, biarkan smartphone Xiaomi kamu melakukannya sendiri.

Tapi, kamu mungkin bertanya-tanya. Kenapa harus menggunakan fitur ini? Fitur ini sangat berguna untuk menghemat baterai, terutama di jam-jam dimana kamu tidak menggunakan smartphone. Contohnya adalah jam 12 malam sampai dengan jam 5 pagi. Pada jam tersebut, kamu pasti sedang tidur bukan?

Nah, daripada kamu membiarkan smartphone Xiaomi kesayangan menyala tanpa digunakan, lebih baik biarkan dia beristirahat. Dengan cara menonaktifkannya. Dan dengan menggunakan fitur otomatis ini, smartphone Xiaomi kamu akan mati dan menyala pada waktu yang telah ditentukan secara otomatis.

Baca juga: Cara Membuat Tema MIUI Sendiri Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Mematikan dan Menghidupkan Smartphone Xiaomi Secara Otomatis

Jika kamu tertarik untuk menggunakan fitur ini, maka ikutilah langkah-langkah dibawah ini. Oh, ya, pastikan bahwa smartphone Xiaomi kamu menggunakan MIUI 8. Saya tidak tahu apakah MIUI 7 bisa atau tidak. Tapi yang jelas, smarpthone Xiaomi saya menggunakan MIUI 8.

Caranya adalah sebagai berikut.

Masuk ke aplikasi Keamanan (aplikasi bawaan smartphone Xiaomi), kemudian pilih Baterai, lalu pilih Jadwal daya hidup/mati. Di opsi tersebut, kamu bisa mengatur waktu kapan smartphone harus mati (nonaktif) dan kapan harus hidup (aktif) kembali.

cara menghidupkan dan mematikan smartphone xiaomi secara otomatis

Saya mensettingnya untuk mati pada pukul setengah dua pagi, dan bangun pada pukul 5 pagi. Karena pada waktu itu saya tidak menggunakan ponsel, alias sedang tidur.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk memperpanjang umur baterai. Secara logika, ketika ponsel dalam keadaan mati, baterai tidak digunakan sama sekali. Dan itu tentu akan memperpanjang usia baterai. Karena pada dasarnya, setiap baterai memiliki masa pakainya sendiri. Semakin sering digunakan, semakin cepat ia rusak. Begitupun sebaliknya.

Nonaktif dengan sleep berbeda. Nonaktif atau mati sama dengan smartphone dalam keadaan tidak menyala mesinnya. Berbeda dengan dalam kondisi sleep, hanya layar saja yang mati, tapi masih menjalankan fungsinya sebagai ponsel (komponen-komponen didalamnya masih bekerja).

Daripada tidak digunakan, lebih baik dimatikan bukan? Biar tidak lupa, fitur ini sangat membantu, supaya kita tidak perlu repot-repot mematikan dan menghidupkan smartphone Xiaomi kesayangan secara manual.