Tips dan Trik Mengatur Kontak Di Android Agar Lebih Rapih

mengatur kontak di android

Seiring dengan pemakaian, kontak yang ada di smartphone android kamu pasti menjadi semakin banyak bukan? Masalahnya adalah, semakin banyak kontak, maka biasanya akan lebih sulit untuk mengaturnya. Karena terkadang dari awal kita tidak mengaturnya dengan cukup baik.

Ada banyak kontak di smartphone yang biasanya kita simpan. Mulai dari kontak teman-teman kuliah, teman di sekitar rumah, keluarga, kolega, rekan kerja, pacar, sampai dengan mantan. Jika kamu kesulitan mengatur kontak yang ada di smartphone android, maka tips singkat dibawah ini patut kau coba.

Hanya menampilkan kontak tertentu

mengatur kontak di android

Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi kontak pihak ketiga untuk dapat melakukan ini. Aplikasi kontak bawaan android sudah cukup powerfull untuk mengatur semua kontak yang ada di smartphone kamu.

Salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah menampilkan kontak tertentu saja. Pertama, buka aplikasi Kontak, kemudian klik tombol Opsi. Kamu akan melihat menu, pilih Settings.

Kamudian sentuh “Contact to display”. Lalu kamu bisa memilih tipe kontak yang ingin kamu tampilkan. Mulai dari konta email, kontak WhatsApp, ataupun kontak yang memiliki nomor ponsel.

Menyimpan Kontak di Google

mengatur kontak di android

Google memiliki layanan untuk menyimpan semua kontak kamu. Kenapa harus menyimpan kontak di Google? Jika kamu menyimpan kontak di penyimpanan lokal smartphone, maka jika smartphone hilang semua kontak yang ada di dalamnya juga akan ikut hilang.

Berbeda jika kamu menyimpan kontak di Google. Kamu tetap dapat mengakses kontak tersebut dan Google akan menyimpan semua kontak tersebut di smartphone baru kamu. Google Kontak juga sangat berguna untuk mensinkronkan data kontak jika kamu punya lebih dari satu perangkat.

Untuk menyimpan kontak ke Google, buka kontak yang ingin kamu simpan di Google, lalu pilih “Simpan ke Google”. Cara ini juga berlaku untuk semua kontak yang baru kamu buat.

Menggabungkan kontak duplikat

mengatur kontak di android

Terkadang kamu memiliki seorang teman yang menggunakan banyak nomor ponsel. Dan mau tidak mau kamu harus menyimpan semua nomornya tersebut. Namun kamu terlanjur menyimpan nomor teman kamu dalam kontak yang terpisah.

Kamu bisa menggunakan fitur “Gabungkan Kontak” di aplikasi Kontak bawaan android untuk mengatasi masalah ini. Buka aplikasi kontak, lalu pilih Settings. Lalu pilih “Gabung kontak berulang”. Maka secara otomatis, semua kontak dengan nama yang sama akan dijadikan satu.

Itu dia tips-tips sederhana untuk mengatur kontak kamu agar lebih rapih. Dengan begitu, setiap kali kamu akan megnirim SMS atau menelepon seseorang dari kontak kamu, kamu tidak akan bingung lagi karena kontak tersebut sudah rapih.