Ini Dia 5 Perlengkapan yang Kamu Butuhkan Untuk Menjadi YouTuber Keren

Saat ini menjadi seorang YouTuber adalah salah satu pekerjaan yang menjadi tren. Terutama dikalangan anak muda. Membuat video di YouTube bukan hanya bisa menjadi hobi. Tapi juga bisa menjadi pekerjaan utama. Tidak percaya Sudah banyak buktinya. Banyak sekali YouTuber yang sukses mengantungi ratusan juta rupiah perbulan dari channel Youtube mereka. Sebut saja Ria Ricis, Nixie Pixel, dan masih banyak lagi.

Apa yang membuat para YouTuber tersebut mendapatkan uang dari channel-nya? Tentu saja adalah AdSense. Ya, AdSense sekarang bisa tampil di video YouTube. Semakin banyak video kamu ditonton oleh orang, semakin banyak pula dollar yang masuk ke kantong kamu.

Setelah membaca kisah sukses para YouTuber, kamu mungkin latah dan ingin membuat channel YouTube. Namun membuat channel YouTube tidak semudah yang dibayangkan.

Butuh ketekunan dan kerja keras. Selain itu, kamu juga memerlukan 5 hal dibawah ini. Mau tau apa saja? Cek dibawah.

Kamera

kamera youtuber

Karena pekerjaan utama seorang YouTuber adalah membuat video, tentu kamu membutuhkan kamer. Kamera adalah satu-satunya alat yang bisa kamu gunakan untuk merekam video. Kamu tidak bisa merekam video menggunakan daun pisang ataupun kulit manggis.

Kamu bisa menggunakan kamera apa saja. Mulai dari kamera smartphone, sampai dengan kamera digital. Jika kamu tidak punya budget untuk membeli kamera mahal, jangan memaksakan diri. Pakai saja yang ada. Smartphone kamu misalnya.

Tripod

tripod youtuber

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teman sejati kamera adalah tripod. Dengan tripod, hasil video yang rekam akan lebih stabil. Tidak goyang-goyang. Kecuali jika kamu merekam sambil mendengarkan lagunya Trio Macan.

Ada banyak sekali jenis tripod yang bisa kamu beli. Mulai dari tripod untuk smartphone. Sampai dengan tripod untuk kamera digital dan DSLR. Jika kamu memang serius untuk mejadi YouTuber profesional, belilah tripod.

Mikrophon

mikrophon youtube

Ini memang tidak wajib. Tapi, akan menjadi investasi yang sangat menguntungkan jika kamu memilikinya. Karena seperti yang kita ketahui, mikprohon bawaan smartphone dan kamera tidak selalu bisa merekam suara kamu dengan baik.

Memang mikrophon harganya cukup mahal. Tapi seperti yang saya katakan diatas, mikrophon bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Karena bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Video-video yang kamu ambil juga akan tampak lebih profesional, karena komposisi suaranya jernih dan mantap.

Laptop atau PC

laptop youtuber

Oh, tentu saja. Laptop atau PC adalah senjata utama para YouTuber (selain kamera). Laptop dan PC berguna untuk mengupload video-video buatan kamu ke YouTube. Untuk investasi dan pemakaian jangka panjang, belilah laptop atau PC dengan spesifikasi yang tinggi.

Dengan spesifikasi yang tinggi, kamu tidak akan merasakan lag ketika menggunakannya. Jadi kamu bisa lebih produktiv ketika sedang mengedit video.

Aplikasi Edit Video

aplikasi edit video youtube

Jika kamu perhatikan, para YouTuber terkenal videonya kece-kece. Apa yang membuat video mereka begitu keren? Benar, mereka mengeditnya. Memoles dan menambahkan efek-efek tertentu. Membuat video mereka menjadi semakin enak ditonton.

Kamu juga perlu melakukan hal tersebut. Yaitu menginstall aplikasi edit video. Namun sebelum menginstall aplikasi editor video, tentu kamu harus punya laptop atau PC terlebih dahulu. Belilah laptop atau PC, lalu install aplikasi edit video.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Video Terbaik Di Linux

Bagaimana, sudah tahu ‘kan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang YouTuber? Tunggu apalagi, kunjungi YouTube dan buat channel kamu sekarang juga.