Elementary Tweaks – Cara Install dan Fungsinya di Elementary OS

Cara menginstall elementary tweaks di elementary os

Elementary Tweaks – Cara Install dan Fungsinya di Elementary OS – Jika kamu pernah menggunakan Ubuntu, kamu mungkin mengenal aplikasi bernama Ubuntu Tweaks. Aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan tweaks atau perubahan-perubahan tertentu dan mengakses fitur-fitur tertentu yang tidak bisa diakses secara langsung dari Ubuntu. Dan jika kamu pernah menggunakan GNOME, kamu bisa menggunakan Gnome Tweak Tool. Fungsinya hampir sama dengan Ubuntu Tweaks.

Nah, jika kamu menggunakan elementary OS, kamu mungkin bertanya-tanya “Adakah software atau aplikasi sejenis Ubuntu Tweaks dan Gnome Tweak Tool di elementary OS?”. Jawabannya, tentu saja ada. Aplikasi Elementary Tweaks adalah aplikasi tweak yang khusus dikembangkan untuk elementary OS.

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Elementary Tweaks

Dengan Elementary Tweaks, kamu bisa melakukan beberapa dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan Elementary Tweaks:

  • Mengganti tema
  • Mengganti ikon
  • Menggunakan varian warna hitam
  • Mengganti layout window controls
  • Mengganti font
  • Menonaktifkan dan mengatur durasi animasi
  • Dan lain-lain

Cara Install Elementary Tweaks di Elementary OS Loki

Seperti yang kita ketahui, elementary OS Loki secara default tidak mengizinkan kita untuk menambahkan repository baru. Sedangkan untuk menginstall Elementary Tweaks, kita harus menambahkan repository-nya ke dalam sistem.

Jika sebelumnya kamu belum pernah menambahkan PPA di elementary OS Loki yang kamu gunakan, ketikkan perintah dibawah ke terminal:

sudo apt-get install software-properties-common

Jika sudah selesai, maka sekarang kita bisa menambahkan PPA untuk menginstall Elementary Tweaks. Berikut ini adalah perintah terminal yang harus kamu ketik ke dalam terminal:

sudo add-apt-repository ppa:philip.scott/elementary-tweaks && sudo apt-get update sudo apt-get install elementary-tweaks

Cara Menggunakan Elementary Tweaks

Jika sudah terinstall, maka sekarang kamu bisa menemukan Elementary Tweaks di System Settings. Buka Launcher, kemudian klik System Settings.

Cara menginstall elementary tweaks di elementary os

Sekarang, Elementary Tweaks akan berada diantara opsi lainnya pada System Settings. Letaknya berada disamping Security & Privacy.

Cara menginstall elementary tweaks di elementary os

Klik ikon Elementary Tweaks. Maka Elementary Tweaks akan terbuka.

Cara menginstall elementary tweaks di elementary os

Kemudian sekarang kamu bisa mengubah Font, Tema, dan hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan secara default di elementary OS.

Apakah Kamu Membutuhkan Elementary Tweaks?

Jika kamu senang mencoba berbagai macam tema, maka sejatinya Elementary Tweaks adalah satu-satunya aplikasi yang bisa kamu install di elementary OS untuk mempermudah hal tersebut.

Saya sendiri menggunakan Elementary Tweaks hanya untuk mengubah tema (sesekali jika sedang bosan dengan tema bawaan), dan mengubah jumlah aplikasi yang tampil di Launcher.

Beberapa fitur seperti pengganti font, pengatur animasi, dan lain-lain tidak pernah saya gunakan. Karena saya cukup nyaman dengan font dan pengaturan animasi bawaan elementary OS.

Jika kamu tidak suka gonta-ganti tema, maka kamu tidak perlu menginstall Elementary Tweaks. Karena menurut saya, sebagian besar orang menginstall Elementary Tweaks untuk mempermudah mereka dalam gonta-ganti tema. Tidak ada fitur-fitur lain yang “wow”.

Jika kamu tertarik untuk berkontribusi, kamu bisa langsung mengunjungi haaman resmi proyeknya di GitHub.

Akhir kata, semoga postingan ini berguna untuk kamu.