Biar Tambah Jago, Ini Dia 5 Aplikasi dan Tools yang Wajib di Install Para Gamer PC

Tidak dipungkiri bahwa Windows adalah sistem operasi utama pilihan para gamer akut. Alasannya sederhana, karena saat ini sebagian besar perusahaan game lebih memilih Windows untuk platform game mereka.

Nah, jika kamu adalah seorang gamer PC (yang menggunakan sistem operasi Windows), maka kamu wajib menginstall 5 tools dan aplikasi dibawah ini. Dengan tools serta aplikasi dibawah ini, maka pengalaman bermain game kamu akan lebih maksimal.

SharpKeys

Setiap game punya pengaturan bawaan untuk mengatur tombol-tombol keyboard yang digunakan dalam game. Namun jika kamu menginginkan pengaturan kontrol kamu dapat digunakan untuk semua game, kamu bisa menggunakan aplikasi SharpKeys.

Cara kerja aplikasi ini adalah mengatur tombol-tombol untuk fungsi-fungsi utama dalam game, kemudian menyimpan pengaturan tersebut kke dalam registry Windows. Sehingga, semua pengaturan yang kamu buat akan bekerja untuk semua game.

Jadi, satu pengaturan tombol keyboard untuk semua game yang kamu mainkan di Windows. Cara ini akan memudahkan kamu dalam bermanuver di dalam game. Jadi, kamu tidak perlu mengingat setiap fungsi tombol di game yang berbeda-beda.

SoundSwitch

Jika kamu adalah seorang gamer sejati, pastinya kamu memiliki speaker standar dan juga headphones. Speaker kamu gunakan untuk segala kegiatan komputasi selain game. Dan headphones khusus kamu gunakan ketika bermain game.

Kamu mungkin akan merasa bosan ketika harus mengkonfigurasi ulang ketika menjalankan game, apakah ingin menggunakan speaker atau headphones. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama SoundSwitch.

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengatur setiap game agar otomatis untuk menggunakan headphones sebagai output suara yang dihasilkan. Sedangkan untuk program non-game, akan secara otomatis menggunakan speaker. Hidup kamu jadi lebih simpel.

Volume²

Jika kamu adalah seorang gamer, pastinya kamu akan menganggap penting tombol volume yang ada di deretan tombol fungsi (F). Namun, bagaimana jika kamu menggunakan keyboard khusus yang tidak memiliki tombol volume?

Tenang, ada aplikasi bernama Volume2. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur tombol khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi atau mengencangkan suara melalui keyboard.

SpaceSniffer

Aplikasi ini wajib di install untuk kamu para gamer. Terutama gamer yang sering memainkan game-game berat seperti GTA 5 atau game dengan berat mencapai 50GB.

Fungsi dari SpaceSniffer adalah menampilkan informasi kapasitas hard disk dalam bentuk tabel-tabel. Tabel-tabel tersebut berisi informasi mengenai game dan data-datanya.

Jadi, kamu bisa menganalisa game mana saja yang banyak memakan tempat di hard disk komputer. Kamu juga bisa menghapus data dari game tersebut langsung dari aplikasi SpaceSniffer.

MSI Afterburner

Walaupun menggunakan kata “MSI”, namun aplikasi ini tidak dikhususkan untuk komputer yang menggunakan kartu grafis MSI saja. Afterburner bisa berjalan di komputer dengan kartu grafis apa saja.

Afterburner adalah senjata utama kamu yang ingin meningkatkan kinerja CPU dan kartu grafis komputer (overcloacking). Afterburner bisa mengatur penggunaan GPU sampai dengan kipas pendingin.

Itu dia 5 aplikasi Windows yang wajib kamu install agar pengalaman bermain game menjadi lebih maksimal.