Kenapa Macbook Tidak Ada Stiker “Intel Inside”-nya?

0
6
kenapa macbook tidak ada stiker intel

Jika kamu perhatikan, deretan laptop besutan Apple atau yang biasa disebut dengan Macbook tidak ada stiker Intelnya. Tidak seperti laptop besutan vendor lain yang bisa dipastikan selalu memiliki stiker Intel. Padahal, Macbook juga menggunakan prosesor Intel.

Nah, pernahkah kamu bertanya “Kenapa Macbook tidak memiliki stiker Intel seperti laptop besutan vendor lain?”.

Jawabannya sederhana, karena stiker akan membuat tampilan Macbook jadi “ramai”. Seperti yang kita ketahui, Macbook di desain dengan bodi yang sangat bersih. Hanya ada logo Apple dibagian punggung laptop.

Apple ingin mempertahankan hal ini, bagaimanapun caranya. Termauk dengan tidak menempelkan stiker-stiker yang tidak perlu—termasuk stiker Intel.

Menjawab pertanyaan diatas, kamu mungkin bertanya-tanya “Lantas kenapa vendor lain memasang stiker Intel di setiap lapptop besutannya?”. Jawabannya juga cukup sederhana, itu karena: uang.

Intel membayar vendor laptop untuk setiap stiker yang ditempel di laptop besutan mereka. Nominalnya? Silahkan cari tahu sendiri di Google.

Dengan menerima uang tambahan dari Intel tersebut, tentu dapat sedikit memangkas biaya produksi. Jadi, vendor laptop seperti Dell, HP, Asus dan kawan-kawan bisa menjual laptop besutan mereka dengan harga yang sedikit lebih miring.

kenapa macbook tidak ada stiker intel

Apple tidak keberatan dengan tidak menerima uang dari Intel—karena tidak memasang stiker biru tersebut. Bagi Apple, stiker adalah ide yang buruk. Akan membuat bodi Macbook jadi “ternodai”.

Kamu pasti bertanya-tanya lagi “Kenapa Intel membayar vendor laptop untuk menempelkan stikernya?” Dasar kepo.

Jadi, begini. Ketika ingin membeli laptop atau komputer, pernahkah kamu bertanya merk RAM dan Motherboard yang digunakan? Jawabannya pasti tidak bukan? Pada tahun 90-an, orang-orang jika tidak begitu mempedulikan dengan merk prosesor yang digunakan.

Orang-orang pada masa itu tidak perduli dengan merk prosesor yang digunakan dalam suatu komputer. Peduli setan, begitu pikir mereka. Yang penting komputernya bisa digunakan untuk kerja.

Dari sinilah kampanye “Intel Inside” digalakan.

Intel membuat iklan yang “memberi tahu” konsumen betapa hebatnya prosesor buatan mereka. Dan betapa pentingnya memilih komputer dengan stiker “Intel Inside”.

Dengan cara seperti itu, Intel ingin meyakinkan bahwa prosesor buatan mereka adalah yang terbaik. Dan diharapkan lebih banyak vendor yang membuat laptop dengan menggunakan prosesor buatan mereka.

Untuk memastikan bahwa bahwa stiker “Intel Inside” ada di setiap komputer dan laptop, Intel memberi diskon untuk vendor yang membeli prosesor mereka. Bahkan memberikan uang. Sampai dengan saat ini.

Itulah kenapa Apple tidak memasang stiker Intel, dan kenapa vendor laptop lain memasang stiker tersebut. Dan kenapa Intel rela membayar untuk sekedar stikernya menempel di laptop dan komputer.