Kenapa Windows Sering Freeze? Mungkin 5 Hal Ini Penyababnya

Kenapa Windows Sering Freeze? Mungkin 5 Hal Ini Penyababnya – Salah satu hal yang sering dihadapi pengguna Windows adalah komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja. Atau yang biasa disebut dengan Freeze. Jika sering terjadi, tentu produktivitas kamu akan jadi berkurang.

Nah, daripada mencak-mencak seperti koruptor yang kebakaran jenggot karena temannya telah tertangkap, lebih baik cari tahu kenapa komputer Windows kamu sering nge-Freeze. Ini dia 5 alasan kenapa komputer kamu sering nge-Freeze.

Menggunakan Terlalu Banyak Antivirus

Program antivirus memakan cukup banyak memori. Belum lagi program antivirus selalu aktif setiap kamu membuka komputer. Bayangkan jika kamu menginstall lebih dari satu program antivirus.

Nah, inilah kesalahan yang sering dilakukan para pemul. Dengan menginstall berbagai macam program antivirus, berpikiran akan semakin membuat komputer aman dari malware dan virus. Padahal, bisa membuat komputer lemot bahkan sampai nge-Freeze.

Driver yang Kamu Gunakan Sudah Korup

Driver selalu digunakan oleh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras komputer kamu. Contohnya, ketika sistem operasi ingin agar speaker kamu berbunyi, maka sebelumnya sistem operasi harus “berkomunikasi” dengan driver.

Nah, Driver yang korup bisa berakibat buruk terhadap kinerja sistem operasi kamu. Mulai dari tidak bekerjanya beberapa fungsi, sampai dengan Freeze yang berujung pada shut down paksa.

Terlalu Banyak Membuka Program

Setiap program dan aplikasi yang ada di komputer kamu pasti akan menggunakan sumber daya hardware. Jika kamu membuka banyak program sekaligus namun hardware komputer kamu tidak cukup tinggi, maka yang terjadi berikutnya sudah bisa dipastikan.

Komputer kamu akan ngelag sampai dengan nge-Freeze. Jadi, ketahuilah batas kemampuan komputer kamu. Jika komputer yang kamu gunakan berspesifikasi rendah, jangan membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Jumlah RAM yang Kecil

RAM adalah salah satu komponen penting dalam komputer atau laptop kamu. Dengan RAM, kamu bisa menggunakan aplikasi dan software komputer agar dapat berjalan dengan semestinya.

Namun, jika jumlah RAM kamu kecil, jangan nekat untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Itu hanya akan membuat komputer atau laptop kamu empot-empotan.

Ada Bugs Di Aplikasi yang Kamu Gunakan

Terkadang, programmer melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak disadari ketika menulis aplikasinya. Kesalahan penulisan bahasa pemrograman tersebutlah yang akhirnya menimbulkan bugs.

Sehingga, aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Alhasil, tidak menutup kemungkinan terjadi hang ataupun Freeze.

Nah, itu dia 5 alasan yang bisa jadi menyebabkan komputer kamu yang sering Freeze atau tiba-tiba berhenti sendiri.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar