5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC – Sebagai pengguna android, kamu pastinya tau istilah root. Entah kamu sudah pernah melakukannya pada smartphone ataupun belum. Dengan root, kamu bisa melewati batas-batas yang telah ditetapkan oleh vendor smartphone.

Beberapa contoh sederhana yang bisa kamu lakukan dengan root namun tidak bisa dilakukan di smartphone android belum root adalah sebagai berikut:

  • Menghapus aplikasi bawaan
  • Memodifikasi file sistem
  • Melakukan tweak
  • Menginstall custom rom
  • Dan lain-lain

Dari sekian banyak kelebihan tersebut, tidak heran kenapa banyak sekali pengguna android yang ingin mendapatkan hak akses root di smartphonenya. Namun, setiap merk dan tipe smartphone memiliki cara dan metode yang berbeda untuk mendapatkan hak akses rootnya.

Biasanya untuk mendapatkan hak akses root di smartphone android adalah dengan menggunakan bantuan software PC. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, bermunculan aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hak akses root android.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, berikut ini saya rangkum menjadi 5 yang terbaik. 5 aplikasi dibawah ini telah saya coba, dan berdasarkan pengalaman 5 aplikasi ini memang bisa diandalkan.

KingRoot

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

KingRoot adalah aplikasi root favorit saya. KingRoot jugalah yang saya gunakan untuk mendapatkan hak akses root di Xiaomi Mi4i yang saya gunakan. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Download aplikasi KingRoot disini
  • Install aplikasi KingRoot
  • Buka aplikasi KingRoot
  • Klik tombol “Root”
  • Selesai

Saat ini, ada banyak sekali perangkat yang mendukung root menggunakan KingRoot. Namun jika ternyata tipe smartphone kamu belum bisa di root menggunakan KingRoot, maka bersabarlah. Kamu bisa melakukan voting agar pengembang KingRoot segera mensupport perangkat kamu.

Semakin banyak orang yang memvoting perangkat tertentu, maka akan semakin besar kemungkinan pengembang mensupport perangkat tersebut. Jadi, kamu tinggal menunggu sampai pengembang KingRoot benar-benar mensupport perangkat yang kamu gunakan.

Framaroot

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

Framaroot adalah aplikasi yang awalnya dikembangkan oleh seorang member Forum XDA. Dari situlah awal mula Framaroot. Di fase awal pengembangannya, hanya sedikit sekali perangkat smartphone yang dapat di root menggunakan Framaroot.

Namun seiring dengan perkembangannya, Framaroot perlahan mendukung banyak perangkat. Saat ini terhitung sudah ada ratusan perangkat smartphone yang bisa di root menggunakan Framaroot. Mulai dari Sony, Xiaomi, Samsung, Asus, Acer, sampai dengan LG.

Cara mendapatkan hak akses root menggunakan Framaroot juga sangat simpel. Kamu hanya perlu mengunduh berkas APK nya disini, lalu jalankan aplikasi. Setelah itu pilih metode root yang diinginkan (Gandalf, dan lain-lain).

Sebelum menggunakan Framaroot, pastikan bahwa perangkat kamu memang sudah didukung. Kamu bisa melihat perangkat apa saja yang dapat di root menggunakan Framaroot disini.

KingoRoot

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

KingoRoot juga salah satu aplikasi terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hak akses root smartphone android. KingoRoot dikembangkan secara profesional oleh para pengembang aplikasi handal. KingoRoot tersedia dalam dua versi, yaitu:

  • Aplikasi Windows – Untuk mendapatkan hak akses root menggunakan software KingoRoot versi Windows.
  • Aplikasi Android – Dapat digunakan untuk mendapatkan hak akses root di smartphone android tanpa menggunakan komputer, semuanya langsung dari android.

Jika kamu adalah orang yang anti-ribet, maka opsi kedua bisa kamu pilih. Kamu bisa mengunduh berkas APK KingoRoot di website resminya disini. Cara menggunakannya pun sangat mudah, tinggal satu kali sentuh maka smartphone android kamu akan di root.

Bukan hanya itu, KingoRoot juga dilengkapi dengan aplikasi superuser-nya sendiri yang diberi nama Kingo Superuser. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi Superuser atau SuperSU dari Google Play.

Towelroot

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

Satu lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan hak akses root di android, yaitu Towerlroot. Untuk saat ini, Towelroot hanya dapat digunakan untuk me-root smartphone yang menggunakan androit kitkat. Namun dimasa yang akan datang, pengembangnya mungkin akan mendukung android marshmallow dan yang lebih baru.

Tampilan Towelroot juga sangat sederhana, sehingga menjadikannya mudah digunakan. Kamu bisa mengunduh bekeras APK Towelroot diwebsite resminya disini. Satu tips sebelum menggunakan Towelroot adalah, nonaktifkan terlebih dahulu aplikasi antivirus yang ada di smartphone kamu. Agar antivirus tidak membaca Towelroot sebagai aplikasi yang berbahaya.

iRoot

5 Aplikasi Terbaik Untuk Root Smartphone Android Tanpa PC

iRoot adalah salah satu aplikasi yang sudah memiliki cukup banyak pengguna di seluruh dunia. Dikembangkan di Cina, aplikasi ini kini mendukung lebih dari 15000 perangkat android dari berbagai merk dan model (menurut pengembangnya). Jika smartphone android kamu gagal di root menggunakan 4 aplikasi diatas, maka iRoot bisa menjadi alternatif. Kamu bisa mendownloadnya disini.

Nah, itu dia 5 aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk root smartphone android tanpa PC. Cukup install salah satu dari 5 aplikasi diatas, kemudian jalankan dan smartphone android kamu akan di root. Jika satu aplikasi tidka bisa, kamu bisa mencobanya dengan aplikasi root lain dari ke-5 diatas