Mengenal Henrik Rydgard, Si Pengembang Aplikasi PPSSPP

Jika kamu adalah seorang gamer yang sering main game di android, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bernama PPSSPP bukan? Ya, dengan aplikasi PPSSPP kita bisa memainkan game PSP di android, windows, linux, dan sistem operasi lainnya.

Aplikasi PPSSPP sangat disukai oleh banyak orang. Karena dengan PPSSPP, kita seperti memiliki perangkat PSP. Bisa bermain game PSP sepuasnya di android.

Tapi, pernahkah kamu bertanya siapa orang hebat yang telah mengembangkan aplikasi PPSSPP?

Profil Henrik Rydgard, Programmer Si Pencipta Aplikasi PPSSPP

Jika kamu penasaran, orang tersebut adalah Henrik Rydgard. Seorang programmer berkebangsaan Swedia, saat ini tinggal di kota Stockholm.

Nah, karena kita semua sering menggunakan aplikasi buatan doi, tidak ada salahnya mengenal doi lebih dekat. Berikut ini adalah profil singkat dari Henrik Rydgard.

Nama: Henrik Rydgard

Website: henrikrydgard.com

GitHub: https://github.com/hrydgard

Twitter: @henrikrydgard

Henrik Rygard adalah seorang programmer berpengalaman. Sudah pernah mengembangkan banyak aplikasi untuk berbagai macam platform.

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, om Henrik ini pernah (atau masih, saya kurang tahu) bekerja di Google. Pantes aja ya bisa bikin aplikasi sekeren PPSSPP.

Henrik Rydgard menguasai beberapa bahasa pemrograman. Namun yang paling disukai dan didalami adalah bahasa C dan C++. Bahasa C++ jugalah yang digunakan Henrik Rydgard untuk mengembangkan aplikasi PPSSPP.

Sebenarnya, Henrik bisa saja mengembangkan PPSSPP dengan menggunakan Java ataupun bahasa pemrograman lainnya. Namun karena PPSSPP adalah aplikasi emulator, maka menggunakan C++ akan sangat berpengaruh positif terhadap performanya.

Proyek Aplikasi Lainnya

ppsspp
Aplikasi PPSSPP di Android

Sebelum mengembangkan aplikasi fenomenal bernama PPSSPP, Henrik Rydgard juga pernah mengembangkan beberapa aplikasi sebelumnya. Salah satu yang juga cukup terkenal adalah Dolphin, sebuah aplikasi emulator untuk Gamecube dan Wii.

Berdasarkan pemantauan dari website pribadinya di henrikrydgard.com, saat ini selain sedang sibuk mengembangkan PPSSPP, Henrik juga sedang mengembangkan aplikasi bernama AirPaint VR.

Aplikasi tersebut adalah program “menggambar 3D” untuk perangkat HTC Vive. Wah, benar-benar programmer yang keren banget ya Henrik Rydgard ini.

Namun AirPaint VR buatan Henrik belum di rilis. Sepertinya masih dalam tahap pengembangan. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. Untuk kamu yang penasaran, bisa terus pantau website pribadinya om Henrik.

Sementara untuk proyek PPSSPP sendiri, saat ini dirilis sebagai open source software. Jadi bukan cuma Henrik Rydgard saja yang mengembangkan, tapi juga ada banyak programmer di seluruh dunia yang ikut mengembangkannya.

Sosok Henrik Rydgard

Orangnya kaya gimana sih? Ini dia salah satu foto beliau yang saya dapatkan dari halaman GitHub-nya.

henrik rydgard
Henrik Rydgard, Programmer si pengembang aplikasi PPSSPP

Nah, itu dia sekilas info tentang Henrik Rygard si pencipta PPSSPP. Aplikasi emulator kesukaan kita semua.

Jadilah seperti Henrik Rydgard. Belajar, bekerja, dan berkarya. Sehingga menjadi orang yang berguna. Daripada menghabiskan waktu untuk demo-demo tak berguna, lebih baik belajar bahasa pemrograman agar bisa menjadi programmer handal seperti Henrik Rydgard.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar