Tahukah Kamu Kalau 5 Fitur Penting Android Ini Sudah Ada Sejak Android Cupcake?

Tahukah Kamu Kalau 5 Fitur Penting Android Ini Sudah Ada Sejak Android Cupcake

Android pertama kali muncul pada tahun 2008. Android versi awal diberi nama Alpha 1.0, tapi belum tersedia untuk publik. Android 1.5, yang disebut dengan Cupcake, adalah versi pertama dari android yang tersedia untuk umum.

Androi Cupcake membawa fitur-fitur penting yang menjadi cikal bakal Android saat ini. Dan uniknya, fitur-fitur awal yang ada pada Android Cupcake masih ada sampai saat ini dan masih kita gunakan.

Keyboard virtual

Pada tahun 2009, semua smartphone android dilengkapi dengan keyboard fisik. Mulai dari LG-GW620, Motorola Cliq, dan HTC Dream, semuanya menggunakan keyboard fisik.

Namun akhirnya Google merilis pembaruan dengan menambahkan fitur keyboard virtual. Sampai dengan saat ini, keyboard virtual adalah hal wajib dan wajar untuk sebuah smartphone android.

Tanpa adanya keyboard virtual, kamu mungkin harus mengetik menggunakan keyboard fisik di smartphone sampai sekarang.

Widget

Widget tidak diterapkan oleh pengembang android awal. Tapi diprakarsai oleh Google (setelah dibeli). Widget adalah komponen yang memudahkan kamu untuk mengakses fungsi tertentu dari sebuah aplikasi.

Sebagai contoh adalah Widget pencarian Google. Kamu bisa langsung mengetikkan kata kunci di Widget Google yang ada di home screen. Pencarian jadi lebih cepat tanpa perlu membuka aplikasi Google terlebih dahulu.

Nah, seiring dengan berkembangnya Android, Widget masih ada sampai sekarang. Dan tentu saja para pengembang aplikasi juga tetap menggunakannya.

Semakin banyak aplikasi yang mendukung fitur Widget.

App drawer

Salah satu yang membedakan antara Android dengan iOS adalah di Android kamu bisa menemukan App Drawer sedangkan di iOS tidak. App Drawer akan menampilkan seluruh aplikasi yang ada di smartphone.

Dari awal Android muncul (versi Cupcake), App Drawer adalah ciri khas dari Android, bahkan sampai sekarang. Dengan adanya App Drawer, semua aplikasi tidak “tumpah” di home screen.

Tahukah Kamu Kalau 5 Fitur Penting Android Ini Sudah Ada Sejak Android Cupcake

Bluetooth stereo

Kamu pasti sudah tahu ‘kan kalau sekarang banyak sekali vendor smartphone yang menghilangkan headphone jack dari smartphone mereka? Jadi, kamu hanya bisa menggunakan headset bluetooth.

Nah, rupanya penggunaan headset bluetooth sudah ada sejak Android Cupcake. Jadi, kamu bisa menghubungkan smartphone Android dengan speaker atau headset dengan menggunakan bluetooth.

Bebas kabel.

Rotasi layar otomatis

Fitur yang terlihat simpel, namun cukup penting di Android, yaitu fitur rotasi layar otomatis. Bayangkan jika tidak ada fitur ini, maka semua aplikasi dan game akan berjalan di mode potret.

Tentu tidak seru.

Karenanya, beruntung Android memiliki fitur penting ini. Sama seperti ke empat fitur diatas, fitur rotasi layar otomatis juga sudah ada sejak Android Cupcake.

Itu dia 5 fitur penting di Android yang sudah ada sejak jaman Android Cupcake. Bahkan sampai sekarang di jaman Android Oreo, 5 fitur diatas masih ada dan masih sangat berguna tentunya.