Quilter – Aplikasi Paling Asik untuk Nulis Markdown di elementary OS

Semakin banyak saja para pengembang yang mengembangkan aplikasi untuk platform elementary OS Linux. Hal ini tentu semakin menguntungkan kita sebagai pengguna elementary OS.

Karena dengan begitu, elementary OS semakin dapat diandalkan sebagai OS sehari-hari. Entah itu untuk bekerja, belajar, menulis, ataupun untuk menikmati konten-konten multimedia.

Nah, kali ini saya akan mengulas satu aplikasi elementary OS yang cukup bagus. Yaitu Quilter.

Quilter adalah aplikasi untuk menulis dengan format markdown. Sebenarnya, sudah ada banyak aplikasi penulis markdown yang bisa kamu gunakan di linux.

Namun yang khusus untuk elementary OS, rasanya Quilter adalah salah satu yang terbaik.

Table of Contents

Install Quilter dari AppCenter

Untuk menginstall Quilter di elementary OS, cukup buka AppCenter kemudian masukkan kata kunci “Quilter” di kolom pencarian. Kamu bisa mengunduhnya gratis langsung dari AppCenter.

Atau jika kamu ingin memberikan donasi kepada Lains (si pengembang Quilter), kamu bisa melakukannya langsung dari AppCenter. Kamu bisa memberikan donasi senilai 1, 2, 5 atau berpa dollar pun yang kamu inginkan.

Quilter - Aplikasi Paling Asik untuk Nulis Markdown di elementary OS
Quilter – Aplikasi Paling Asik untuk Nulis Markdown di elementary OS

Tampilan Minimalis, Nulis Jadi Makin Fokus

Quilter memiliki tampilan yang minimalis dan tidak membingungkan sehingga sangat mudah digunakan. Hanya terdapat beberapa tombol dibagian atas, mulai dari New file, Open, Save as, dan tombol pengaturan.

Kamu juga bisa melakukan Preview dari file markdown yang sedang kamu tulis langsung dari Quilter. Keren bukan? Berikut ini adalah tampilannya.

Quilter - Aplikasi Paling Asik untuk Nulis Markdown di elementary OS
Quilter – Aplikasi Paling Asik untuk Nulis Markdown di elementary OS

Fitur-fitur Quilter

Sebagai sebuah aplikasi penulis markdown, Quilter dilengkapi dengan banyak sekali fitur. Berikut ini adalah beberapa fitur Quilter:

  • Markdown cheatsheet (untuk kamu yang belum hafal cara menulis markdown).
  • Spellchecking
  • Custom font
  • Focus Mode
  • Dark Mode (cocok untuk kamu yang sering nulis di malam hari).
  • Dan lain-lain

Secara keseluruhan, Quilter adalah aplikasi yang dapat diandalkan untuk menulis dalam format markdown. Jika kamu sering menulis menggunakan format markdown, Quilter bisa menjadi teman yang dapat diandalkan.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar