5 Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

5 Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android – Smartphone android menjadi semakin cepat dan canggih dari waktu ke waktu. Setiap tahunnya, para vendor membuat smartphone android dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Karenanya, di internet sering sekali ada istilah benchmark. Yaitu untuk mengetahui performa smartphone (walaupun bukan hanya pada smartphone, tapi juga laptop, pc, dan lainnya).

Jika kamu penasaran dengan performa smartphone yang kamu gunakan saat ini, kamu bisa melakukan benchmark sendiri. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan dari 5 aplikasi android dibawah ini.

AnTuTu Benchmark

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Antutu Benchmark
Developer: AnTuTu
Price: Free

AnTuTu Benchmark adalah aplikasi penguji performa yang sudah ada sejak lama. AnTuTu Benchmark bahkan menjadi aplikasi standar untuk menguji performa smartphone.

Dengan AnTuTu Benchmark, kamu bisa menuji performa smartphone kamu dari segala sisi. Mulai dari CPU, GPU (grafis), sampai dengan performanya secara keseluruhan.

Geekbench 4

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Geekbench 4
Price: Free

Aplikasi kedua yang tidak kalah keren dengan AnTuTu adalah Geekbench 4. Di halaman awal aplikasi, Geekbench 4 akan menampilkan informai mengenai spesifikasi dan prosesor yang kamu gunakan.

Kemudian kamu bisa menjalankan benchmark dengan cara menyentuh tombol “Run CPU Benchmark”, kemudian aplikasi ini akan segera mengkalkulasi performa dari smartphone android kesayangan kamu.

Proses pengujian biasanya membutuhkan waktu antara 3 sampai 5 menit, tergantung dari smartphone kamu. Setelah itu, Geekbench 4 akan menampilkan hasilnya di layar smartphone.

Quadrant Standard Edition

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Secara tampilan, Quadrant Standard Edition mungkin terlihat sedikit kuno dibandingkan dengan AnTuTu dan Geekbench. Tapi soal fitur, Quadrant Standard Edition tetap dapat diandalkan.

Bukan hanya informasi spesifikasi smartphone, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai performa CPU dan GPU. Walaupun tampilannya simpel, namun hasil pengujiannya cukup akurat.

3DMark – The Gamer’s Benchmark

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

3DMark - The Gamer's Benchmark

Salah satu alasan kenapa orang ingin mengetahui performa smartphone adalah karena ingin menggunakannya untuk bermain game. Jika kamu adalah gamer, maka aplikasi 3DMark ini wajib kamu coba.

Pasalnya, 3DMark adalah aplikasi benchmark yang dipercaya oleh banyak gamer di seluruh dunia untuk menguji performa smartphone mereka.

Dengan 3DMark, kamu bisa menguji performa CPU, dan GPU, jadi kamu bisa mengetahui sejauh mana kualitas smartphone kamu untuk digunakan bermain game HD.

CPU-Z

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

CPU-Z
Developer: CPUID
Price: Free*

Adakalanya kamu tidak perlu melakukan benchmark jika ingin mengetahui performa smartphone. Tapi dengan hanya mengetahui frekuensi prosesor di smartphone kamu.

Jika begitu, maka CPU-Z adalah aplikasi terbaik yang dapat melakukannya dengan cepat. ZPU-Z akan menampilkan spesifikasi smartphone kamu secara mendetail.

CPU-Z juga bisa mengetahui jika CPU smartphone kamu dalam kondisi panas (overheat).

Itu dia 5 aplikasi android terbaik untuk menguji performa smartphone android kamu. Dengan begitu, kamu bisa tahu seberapa hebat smartphone kesayangan kamu itu.