5 Aplikasi Benchmark Terbaik untuk Menguji Performa HP Android

HP Android menjadi semakin cepat dan canggih dari waktu ke waktu. Setiap tahunnya, para vendor membuat HP Android dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi.

Karenanya, di internet sering sekali ada istilah benchmark. Yaitu untuk mengetahui performa HP Android (walaupun bukan hanya pada HP Android, tapi juga laptop, pc, dan lainnya).

Jika kamu penasaran dengan performa HP Android yang kamu gunakan saat ini, kamu bisa melakukan benchmark sendiri.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan dari 5 aplikasi Android dibawah ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Menggambar Terbaik untuk Android

1. AnTuTu Benchmark

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

AnTuTu Benchmark adalah aplikasi penguji performa yang sudah ada sejak lama. AnTuTu Benchmark bahkan menjadi aplikasi standar untuk menguji performa HP Android.

Dengan AnTuTu Benchmark, kamu bisa menuji performa HP Android kamu dari segala sisi. Mulai dari CPU, GPU (grafis), sampai dengan performanya secara keseluruhan.

2. Geekbench 4

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Aplikasi kedua yang tidak kalah keren dengan AnTuTu adalah Geekbench 4. Di halaman awal aplikasi, Geekbench 4 akan menampilkan informai mengenai spesifikasi dan prosesor yang kamu gunakan.

Kemudian kamu bisa menjalankan benchmark dengan cara menyentuh tombol “Run CPU Benchmark”, kemudian aplikasi ini akan segera mengkalkulasi performa dari HP Android kesayangan kamu.

Proses pengujian biasanya membutuhkan waktu antara 3 sampai 5 menit, tergantung dari HP Android kamu. Setelah itu, Geekbench 4 akan menampilkan hasilnya di layar HP Android.

3. Quadrant Standard Edition

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Secara tampilan, Quadrant Standard Edition mungkin terlihat sedikit kuno dibandingkan dengan AnTuTu dan Geekbench. Tapi soal fitur, Quadrant Standard Edition tetap dapat diandalkan.

Bukan hanya informasi spesifikasi HP Android, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai performa CPU dan GPU. Walaupun tampilannya simpel, namun hasil pengujiannya cukup akurat.

4. 3DMark – The Gamer’s Benchmark

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Salah satu alasan kenapa orang ingin mengetahui performa HP Android adalah karena ingin menggunakannya untuk bermain game. Jika kamu adalah gamer, maka aplikasi 3DMark ini wajib kamu coba.

Pasalnya, 3DMark adalah aplikasi benchmark yang dipercaya oleh banyak gamer di seluruh dunia untuk menguji performa HP Android mereka.

Dengan 3DMark, kamu bisa menguji performa CPU, dan GPU, jadi kamu bisa mengetahui sejauh mana kualitas HP Android kamu untuk digunakan bermain game HD.

5. CPU-Z

Aplikasi Terbaik untuk Menguji Performa Smartphone Android

Adakalanya kamu tidak perlu melakukan benchmark jika ingin mengetahui performa HP Android. Tapi dengan hanya mengetahui frekuensi prosesor di HP Android kamu.

Jika begitu, maka CPU-Z adalah aplikasi terbaik yang dapat melakukannya dengan cepat. ZPU-Z akan menampilkan spesifikasi HP Android kamu secara mendetail.

CPU-Z juga bisa mengetahui jika CPU HP Android kamu dalam kondisi panas (overheat).

Itu dia 5 aplikasi Android terbaik untuk menguji performa HP Android kamu. Dengan begitu, kamu bisa tahu seberapa hebat HP Android kesayangan kamu itu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar