5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog

HP Android saat ini hampir bisa digunakan untuk apa saja yang bisa dilakukan oleh komputer. Mulai dari membuat dokumen, mengedit foto, mengedit video, sampai digunakan untuk menulis.

Jika kebetulan kamu adalah seorang penulis, maka kamu wajib bersyukur. Pasalnya saat ini banyak sekali aplikasi android yang membuat kegiatan menulis kita menjadi lebih baik di HP Android.

Tidak seperti bertahun-tahun lalu, kita harus menulis menggunakan laptop, maka saat ini hanya bermodalkan HP Android kita sudah bisa menulis dimana saja. Hidup jadi lebih simpel.

Dan berikut ini adalah 5 aplikasi Android yang wajib di install para penulis.

Baca juga: 5 Aplikasi Benchmark Terbaik untuk Menguji Performa HP Android

1. Dropbox Paper

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog
Dropbox Paper

Saya adalah pengguna setia Dropbox Paper sejak pertama kali diluncurkan. Ketika pertama kali mencobanya, saya langsung jatuh hati dan tidak ingin menggunakan aplikasi lainnya.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah antarmukanya yang sederhana, bersih dan sangat mudah digunakan. Sehingga membuat kita lebih fokus dalam menulis.

Belum lagi, Paper terintegrasi secara penuh dengan Dropbox. Jadi, untuk kamu yang sudah lama menggunakan Dropbox, dengan menggunakan Paper kamu akan jadi lebih produktif.

Kamu bisa menulis artikel blog, website, sampai dengan penelitian di Dropbox Paper. Untuk kamu yang sedang ada proyek dengan tim, Dropbox Paper juga punya fitur kolaborasi loh.

2. Simplenote

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog
Simplenote

Sama seperti namanya, Simplenote adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menulis catatan secara simpel. Baik aplikasi maupun cara kerjanya, begitu simpel.

Kelebihannya, Simplenote tersedia untuk banyak sistem operasi. Mulai dari Android, Linux, macOS, Windows, sampai dengan iOS. Jadi kamu bisa menulis di satu perangkat, kemudian melanjutkannya di perangkat lainnya.

Simplenote sangat cocok untuk kamu yang ingin menulis tapi tidak peduli dengan fitur-fitur aplikasi. Pokoknya nulis. Simplenote sepenuhnya gratis untuk digunakan.

3. Evernote

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog
Evernote

Evernote adalah nama wajib yang harus kita sebutkan jika berbicara aplikasi untuk para penulis. Pasalnya, Evernote begitu populer digunakan oleh orang diseluruh dunia untuk menulis.

Evernote bekerja layaknya sebuah buku catatan. Kamu bisa memisahkan setiap catatan ke dalam buku-buku yang berbeda. Kamu juga bisa menambahkan tag yang lebih spesifik.

Sayangnya, untuk pengguna gratis kamu hanya akan mendapatkan penyimpanan 60MB saja setiap bulannya. Untuk menikmati kuota penyimpanan yang lebih banyak, kamu harus membayar biaya berlangganan.

Namun harga tersebut tentu sangat setimpal dengan fitur yang ditawarkan. Kamu bisa membuat catatan dalam bentuk teks, tulisan tangan, suara, sampai dengan to do list.

4. Google Docs

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog
Google Docs

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi besutan Google yang satu ini. Google Docs juga bisa kamu gunakan untuk menulis, entah itu untuk menulis dokumen, catatan, dan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan kepenulisan.

Kamu bisa menambahkan gambar, video, dan media lainnya ke dalam dokumen. Dan tentu saja, fitur kolaborasi bisa kamu gunakan secara baik di Google Docs.

Jika kamu adalah pengguna aplikasi-aplikasi buatan Google, maka Google Docs bisa menjadi aplikasi pelengkap.

Semua yang kamu tulis dari Google Docs akan tersimpan di Google Drive milik kamu. Kamu juga bisa mengubah tulisan kamu jadi Microsoft Word loh.

5. iA Writer

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Menulis Catatan, Buku dan Artikel Blog
iA Writer

iA Writer lebih dulu populer di iOS dan Mac. Dan ketika hadir di HP Android, aplikasi ini juga begitu disukai oleh para pengguna android.

iA Writer mendukung penulisan dalam format markdown. Kemudian ketika selesai menulis, kamu bisa mengekspor nya dalam bentuk HTML, PDF, dan juga Docx.

Jangan khawatir kehilangan semua tulisan kamu. Karena iA Writer bisa di integrasikan dengan Dropbox dan juga Google Drive.

Jadi, kamu bisa menulis dan tidak takut kehilangan tulisan kamu karena semuanya sudah tersimpan aman di server Dropbox atau Google Drive.

Itu dia 5 aplikasi Android terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menulis. Entah kamu adalah penulis blog, website, novel, atau hanya sekedar ingin menulis tugas kuliah. 5 aplikasi diatas bisa kamu coba.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar