BerandaAndroidIni Dia Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mendownload Aplikasi Berbayar Secara Gratis

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mendownload Aplikasi Berbayar Secara Gratis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, ada dua jenis aplikasi di Google Play. Pertama adalah aplikasi gratis, dan kedua adalah aplikasi berbayar. Untuk aplikasi gratis, kamu mungkin tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya.

Tinggal buka Google Play, lalu download aplikasi gratis yang diinginkan.

Tapi bagaimana dengan aplikasi berbayar?

Tentu untuk mendapatkan aplikasi berbayar, tidak semudah dengan mendapatkan aplikasi gratis. Ada harga yang harus dibayar. Ada kantong yang harus di rogoh. Dan ada uang yang harus dikeluarkan.

Sebagian orang enggan mengeluarkan uang untuk mendapatkan aplikasi berbayar. Sebagai gantinya, mereka mendownload aplikasi berbayar tersebut dari website-website yang menyediakannya secara gratis.

Memang, dengan cara ini mereka bisa mendapatkan aplikasi berbayar yang diinginkan dengan cuma-cuma alias gratis. Tapi, tahukah kamu kalau cara tersebut dapat berakibat buruk?

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh mendownload aplikasi berbayar di website-website yang menyediakannya secara gratis.

Rawan Malware dan Virus

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mendownload Aplikasi Berbayar Secara Gratis

Advertisements

Cukup banyak orang yang menginginkan aplikasi berbayar, tapi tidak ingin membayar. Karenanya, mereka mencarinya di Google. Dengan semakin banyaknya yang mencari aplikasi tersebut, menjadi salah satu cara bagi orang iseng.

Yaitu dengan meyediakan link download. Alih-alih memberikan download aplikasi yang diinginkan, mereka malah memberikan virus dan malware.

Jadi, dengan mencari aplikasi berbayar secara gratis bukanlah ide yang baik. Smartphone kamu bisa terkena malware dan virus. Jik aingin aman, belilah aplikasi berbayar dari Google.

Walaupun harus mengeluarkan uang, tapi jaminan aman bisa kamu terima. Itu karena kamu melakukan pembelian langsung di Google Play.

Si Pengembang Aplikasi Kehilangan Mata Pencharian

Bayangkan kamu adalah pengembang aplikasi. Kamu berharap aplikasi buatan kamu itu banyak yang membeli. Tapi ternyata, malah banyak yang mendownloadnya secara gratis dari website tak bertanggung jawab.

Sedih? Sudah pasti.

Mengembangkan aplikasi bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu belajar bahasa pemrograman berbulan-bulan. Beli laptop, beli smartphone. Dan beli Creammy Latte untuk menemani bergadang mengerjakan aplikasi.

Semua itu butuh biaya. Dengan banyaknya aplikasi yang dibeli, tentu semuanya akan membayar biaya yang dikeluarkan oleh si pengembang. Pengembang juga bisa “makan”.

Advertisements

Ia bisa menafkahi anak dan istrinya (kalau punya). Ia juga bisa mentraktir pacarnya (jika ada). Dan ia bisa menabung untuk masa depannya.

Faddlah Akbar
Faddlah Akbar
Senior "Hello world" programmer, coffee addict.

Artikel lainnya

Cara Keluar dari Akun Samsung di HP Samsung Galaxy

Kini setiap HP Android dari pabrikan yang berbeda pasti...

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android

Apakah paket data kalian cepat habis padahal kalian jarang...

Cara Mengganti Asisten Digital Default di HP Samsung

Secara default aplikasi asisten digital yang digunakan di sebagian...

Cara Mengembalikan Foto dan Video Terhapus di HP Samsung

Foto dan video merupakan salah satu jenis file berharga...

Cara Berbagi File di Yandex Disk

Biasanya untuk berbagi file secara online orang-orang menggunakan aplikasi...

Iklan