5 Fakta Unik Jan Koum Si Pendiri WhatsApp yang Wajib Kamu Tau

5 Fakta Unik Jan Koum Si Pendiri WhatsApp yang Wajib Kamu Tau

Pasti banyak dari kamu para pengguna smartphone sudah mengenal dan menggunakan WhatsApp ‘kan? Ya, WhatsApp kini menjelma menjadi aplikasi pesan instan yang dipakai banyak orang dipanen bumi untuk berkirim dan menerima pesan.

Tapi, tahukah kamu siapa pendiri WhatsApp? Ia adalah Jan Koum, pria berkebangsaan Ukraina yang kini memiliki kekayaan sekitar 9,1 Miliar USA. Selain pintar dan kaya, ternyata Jan Koum punya 5 fakta unik yang patut kamu tau. Berikut ini adalah 5 fakta keren mengenai Jan Koum.

5 Fakta Unik Jan Koum Si Pendiri WhatsApp yang Wajib Kamu Tau
Jan Koum – Pendiri WhatsApp

1. Membenci iklan

Sejak awal mengembangkan aplikasi pesan instan WhatsApp, Jan Koum berkomitmen untuk tidak memasukkan iklan didalamnya. Memang, memasukkan iklan ke dalam sebuah aplikasi bukan sesuatu yang jelek. Tapi, Jon Koum tetap berkomitmen untuk menomorsatukan kenyamanan pengguna.

Bahkan di ruang kerjanya, Jan Koum menulis kertas bertuliskan “No Ads, No Games, No Gimmicks” untuk selalu mengingatkannya pada komitmen yang sudah ia pegang teguh selama ini.

2. Jon Koum tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mempromosikan WhatsApp

Satu hal yang sangat menarik, Jan Koum tidak pernah mengeluarkan uang sepeserpun untuk menarik para pengguna WhatsApp. Bahkan, WhatsApp tidak memiliki tim marketing untuk menggaet para pengguna. WhatsApp memperoleh kepopulerannya murni dari kepuasan para pengguna yang mengajak temannya dari mulut ke mulut.

3. Salah satu anggota kelompok hacker “w00w00”

Seperti di kutip dari situs berbagi pengetahuan quora, diketahui bahwa Jan Koum pernah menjadi salah satu kelompok hacker “w00w00”. Di kelompok hacker tersebut, Jan Koum bertemu dengan Shawn Fanning dan Jordan Ritter yang kini juga sukses dengan aplikasi Napster.

4. Pernah bekerja di toko kelontong

Jan Koum juga diketahui pernah bekerja di sebuah toko kelontong di Mountain View. Bahkan, Jan Koum menjadi tukang bersih-bersih di toko kelontong tersebut.

5. Pernah ditolak ketika melamar di Facebook

Siapa sangka, Jan Koum ternyata pernah di tolak ketika melamar di Facebook. Namun kegagalan tidak pernah membuat Jan Koum menyerah. Pada tahun 2009, ia mendirikan WhatsApp Inc bersama temannya Alex Fishman.

Itulah 5 fakta keren mengenai Jan Koum. Benar-benar menarik bukan? Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dan patut dijadikan tauladan.