Android Oreo 8.1 Akan Mampu Kurangi Ukuran Aplikasi yang Jarang Digunakan

lineage os android oreo

Pada akhir oktober lalu, Google secara resmi merilis developer preview untuk Android 8.1. Ada cukup banyak perbaikan kecil di update tersebut.

Salah satu yang paling berguna adalah fitur yang mampu mengurangi ukuran aplikasi. Tidak semua aplikasi, hanya aplikasi yang jarang digunakan.

Tentu ini sangat berguna bagi para pengguna smartphone. Terutama yang memiliki spesifikasi tidak begitu tinggi.

Seperti dilansir dari XDA Developers, update kali ini menambahkan fitur yang mampu mengurangi ukuran aplikasi yang terinstall di smartphone dan terdeteksi tidak digunakan selama jangka waktu tertentu.

Baca juga:

lineage os android oreo

Ketik terdeteksi tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka android akan mencegah aplikasi tersebut untuk menggunakan banyak ruang smartphone seperti aplikasi lainnya yang sering digunakan.

Fitur ini berjalan secara otomatis dilatar belakang. Tidak ada pengaturan ataupun hal yang harus dilakukan oleh pengguna smartphone android.

Sedangkan para vendor, tentu harus mengaktifkan fitur ini di semua smartphone buatan mereka. Dan yang perlu diingat adalah, fitur ini hanya akan tersedia untuk perangkat android yang menggunakan Android Orei 8.1.

Selain itu tidak akan ada fitur ini.

Sepertinya deretan smartphone pertama yang bisa merasakan fitur ini adalah keluarga Pixel dan juga Nexus. Sedangkan dari smartphone lainnya akan menyusul dalam beberapa bulan ke depan.

Bagaimana menurut kamu dengan fitur ini?