Nikmati Ragam Festival Budaya Tahunan Indonesia

sumber: blog.jelaja.com

Indonesia terdiri dari banyak suku, setiap suku memiliki budaya masing-masing. Keberagaman inilah yang menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia. Setiap tahun, di setiap daerah sering kali dselenggarakan festival budaya yang begitu unik dan menarik.

Liburan bertepatan dengan diselenggarakan budaya tersebut tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Segera kunjungi daerah dengan festival budaya yang menarik tersebut, kamu dapat pesan tiket garuda murah untuk liburan kamu.

Simak berikut ini festival budaya Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun :

Festival Danau Toba, Sumatera Utara

Kita mulai dari pulau Sumatera. Danau Toba sebuah danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanis ini merupakan objek wisata yang begitu digemari di Sumatera Utara. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung setiap tahunnya di selenggarakan Festivas Danau Toba.

Di festival ini biasanya di tampilkan ragam pertunjukkan yang sarat akan nilai seni daerah tersebut. Selain itu juga terdapat ragam olahraga air hingga yang paling menaring ialah paralayang di Danau Toba. Berencana berkunjung ke Sumatera Utara? Ayo lihat diskon hotel di Reservasi.com untuk pengalaman menginap terbaik.

Festival Kora-kora Ternate

Ternate juga tidak ingin ketinggalan dengan festival budaya mereka salah satunya ialah Festival Kora-kora. Kora-kora yang tidak lain adalah perahu tradisional masyarakat Ternate. Di Festival ini akan diselenggarakan lomba perahu yang akan diikuti oleh ratusan perahu yang sudah dihias dengan cantik. Selain dari lomba perahu, kamu juga dapat menikmati berbagai kebudayaan lainnya seperti kuliner, tarian hingga musik tradisonal Ternate, Maluku Utara.

Dieng Culture Festival

Festival kebudayaan yang diselenggarakan di dataran tinggi Dieng ini berhasil menarik minat dari jutaan orang, festival ini selalu ramai pengunjung. keunikan yang di suguhkan di setiap festival serta panorama alam dataran tinggi Dieng menjadi faktor utamanya. Selain wisatawan lokas, wisatawan mancanegara pun ikut berpartisipasi dalam festival kebudayaan yang satu ini.

Pada festival ini banyak sekali hal yang ditampilkan mulai pertunjukkan seni oleh masyarakat sekitar, ritual adat, festival jazz, festival film, festival kembang api serta yang paling dinanti ialah menerbangkan lampion ke udara.

Festival Danau Sentani, Papua

Festival untuk mengangkat pariwisata ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, berlokasi di Danau Sentani. Festival ini sudah rutin dilaksanakan sejak 10 tahun yang lalu, ramai sekali turis yang ikut meramaikan festival ini. Tidak hanya turis lokal namun juga manca negara.

Festival ini diisi dengan beragam acara adat, tarian khas Papua, kuliner khas Papua serta yang paling menarik ialah tarian di atas perahu yang di pamerkan oleh masyarakat sekitar. Pesan tiket garuda murah, dan bertandang ke tanah Papua untuk menikmati keberagaman kebudayaan disana.

Festival Jazz Gunung Bromo

Festival bertaraf internasional ini rutin dilaksanakan setiap tahun, terpat di lereng gunung bromo. Dari sini kamu dapat menikmati musik di alam bebas beratapkan bintang. Festival yang satu ini tidak hanya mengundang sederet musisi pribumi, namun juga turut menghadirkan musisi luar negri yang siap menghibur seluruh penonton.

Festival Bau Nyale, Lombok

Festival Bau Nyale yang rutin setiap tahunnya diselenggrakan di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Seger ini adalah kegiatan dimana masyarakat turun beramai-rama ke pinggiran pantai untuk menangkap cacing laut . Bau Nyale adalah kata lain dari menangkap cacing laut. Nyale yang berhasil ditangkap akan diolah menjadi makanan tradisional mayarakat Lombok, berani coba?

Festival Reog Ponorogo

Sumber: reservasi.com

Salah satu kesenian Indonesia yang sudah terkenal di mata dunia ialah kesenian reog. Ponorogo adalah daerah dimana kesenian yang unik ini berasal. Sehingga setiap tahun di alun-alun kota Ponorogo selalu diadakan Festival menampilkan kesenian Reog.

Festival Imlek, Solo

Tionghoa salah satu suku yang sudah lama ada di Indonesia. Imlek pun diakui sebagai hari raya nasional sejak tahun 2000. Tidak hanya suku tionghoa yang merayakan Imlek, Solo daerah yang kental dengan adat jawa ikut merayakan Imlek dengan adanya Festival Imlek yang rutin setiap tahunnya.

Festival ini mampu menarik ribuan wisatawan lokal maupun mancanegara, pertunjukkan barongsai adalah menjadi puncak kemeriahan dari festival ini. Namun tidak hanya itu saja, pengunjung pun dapat menikmati kuliner, serta melihat ragam kerajinan seperti batik hingga pernak-pernik yang unik.

Festival Timba Laor

Hampir mirip dengan festival bau nyale di Lombok, Festival yang diselenggarakan di Kota Ambon ini juga merupakan tradisi tahunan dimana setiap warga turun ke pantai untuk menangkap cacing laut. Selanjutnya hasil tangkapan akan dimasak secara bersama di festival tersebut, cukup unik bukan?

Festival Layangan Bali

Rindu masa main layangan sewaktu kecil? Di Bali kamu akan setiap tahunnya selalu diadakan festival layangan. Festival ini sering diadakan di pantai, seperti pantai Sanur. Ratusan orang behamburan untuk menaikkan layangan ke langit Bali, jika pada umumnya satu layangan dinaikkan oleh satu orang disini berbeda.

Di Festival layangan ini satu layangan dinaikkan oleh beberapa orang hal ini dikarenakan ukuran layang yang sangat besar sehingga tidak mampu dinaikkan sendirian. Sudah pesan tiket garuda murah menuju Bali? Ayo pesan jangan sampai kelewatan untuk ikut serta dalam festival layangan ini. Selain itu cek juga diskon hotel di Reservasi.com untuk tampat peristrahatan setiba di Bali.