7 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM Untuk Komputer (2018)

5 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM
Loading...

Emulator android terbaik – Emulator android sering digunakan para pengguna komputer untuk menjalankan aplikasi dan game android di komputer atau laptop mereka.

Dengan menggunakan emulator android, kita bisa menjalankan game dan aplikasi android tanpa ribet.

Bahkan kamu bisa main game android seperti Mobile Legends, Clash of Clans, dan masih banyak lagi di laptop/komputer dengan mudah.

Jika kamu sedang mencari aplikasi emulator android yang ringan dan terbaik, kamu bisa mencoba rekomendasi 7 aplikasi emulator dibawah ini.

7 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM Untuk Komputer (2018)

7 emulator android dibawah ini bisa kamu gunakan di laptop ataupun komputer berspesifikasi rendah. Cocok banget nih untuk kamu yang punya laptop berspesifikasi rendah tapi pingin main game Android.

1. BlueStacks

5 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM

BlueStacks adalah emulator android paling terkenal dengan jumlah pengguna yang sangat banyak.

BlueStacks juga adalah salah satu aplikasi aplikasi emulator yang tertua. Jadi tidak heran kalau BlueStacks sudah sangat stabil dengan banyak sekali fitur.

BlueStacks secara rutin merilis daftar aplikasi dan game yang sering dimainkan di emulator buatannya.

Beberapa game yang populer dimainkan di BlueStacks antara lain adalah:

Selain memiliki banyak fitur dan bisa digunakan untuk memainkan banyak game android, BlueStacks juga cukup ringan untuk digunakan.

Kamu bisa memainkan game android di BlueStacks pada laptop atau komputer dengan RAM 1GB atau 2GB. Tentu lebih tinggi lebih bagus.

2. Remix OS Player

5 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM

Remix OS awalnya adalah sistem operasi android khusus untuk laptop dan komputer.

Tapi, perusahaan yang mengembangkannya akhirnya juga mengembangkan sebuah aplikasi emulator android bernama Remix OS Player.

Untuk kamu yang hobi main game android dan ingin memainkannya di laptop atau komputer, Remix OS Player adalah pilihan terbaik.

Pasalnya, Remix OS Player memang dioptimalkan untuk main game.

Salah satu fitur unik yang ada di Remix OS Player adalah Multi-game. Dengan fitur ini kamu bisa memainkan 2 game secara bersamaan. Menarik bukan?

Kelebihan Remix OS Player lainnya adalah update-nya yang sangat cepat.

Baca juga:

Aplikasi emulator android selanjutnya yang juga patut kamu coba adalah Andyroid.

Andyroid tersedia baik untuk Windows maupun Mac.

Selain bisa digunakan untuk memainkan game dan menjalankan aplikasi android, kamu bisa menggunakan Andyroid sebagai remote.

Jadi, kamu bisa bemrain game di smartphone android kamu, dan laptop atau komputer akan menampilkan game yang sedang kamu mainkan itu.

Andyroid ini menawarkan antarmuka yang sama persis dengan android murni.

Jadi, ketika menggunakan Andyroid, kamu seperti sedang menggunakan tablet android.

Mulai dari bilah status, pengaturan, hingga app drawer, semuanya tertata seperti android pada umumnya. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

3. Nox Player

Cara Main Mobile Legends Di Komputer Atau Laptop (Bebas Lag)

Nox Player juga salah satu aplikasi emulator android yang dikembangkan khusus untuk menjalankan game android di komputer.

Dengan menggunakan Nox Player, kamu bisa menjalankan game android di komputer dengan sangat lancar. Bahkan game-game HD sekalipun.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Nox Player dapat memainkan game Need for Speed dengan stabil di angka 60 FPS.

Jadi, untuk kamu yang ingin memainkan banyak game android favorit, Nox Player adalah salah satu pilihan terbaik.

Tapi, walaupun dioptimasi untuk game, kamu juga tetap bisa menggunakannya untuk menjalankan aplikasi android seperti WhatsApp, Facebook, BBM, hingga Bigo Live.

Untuk kamu yang hobi main Mobile Legends, kamu bisa menggunakan emulator ini untuk main game tersebut di komputer atau laptop. Caranya sudah pernah ditulis di Androbuntu.com, untuk selengkapnya bisa kamu lihat di artikel dibawah ini.

Baca juga:

4. MEmu

5 Emulator Android Terbaik Paling Hemat RAM

Nah, MEmu mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Tapi, MEmu adalah aplikasi emulator yang wajib kamu perhitungkan, apalagi jika kamu suka main game android di komputer.

Pasalnya, MEmu ini sangat ringan dan memiliki banyak fitur yang akan membuat kamu lebih mudah dalam menjalankan game dan aplikasi android di komputer.

Di sisi kanan emulator, memiliki MEmu memiliki pintasan untuk fitur-fitur penting yang akan mempermudah kamu.

Berdasarkan benchmark, MEmu menempati urutan teratas jika dibandingkan kinerjanya dengan smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy Note 5 dan S6.

5. AMIDuOS

emulator android terbaik amiduos

Emulator android kelima yang juga wajib kamu coba adalah AMIDuOS. Emulator android terbaik ini dibuat oleh perusahaan Amerika bernama American Megatrends.

Sebelum menginstall emulator ini, pastikan bahwa kamu telah mengaktifkan fitur “Virtualisation Technology” di BIOS kamu. Pastikan juga bahwa kamu telah menginstall Microsoft Net framework 4.0 atau yang lebih baru. Dua syarat ini wajib kamu lakukan agar AMIDuOS bisa berjalan dengan baik di komputer kamu.

AMIDuOS ini berbasis Android 5.1 Lollipop loh. Lumayan baru ‘kan. Sudah ada banyak sekali game dan aplikasi yang kompatibel dengan AMIDuOS. Salah satunya adalah Mobile Legends.

Satu hal yang perlu kamu ingat tentang AMIDuOS adalah, emulator Android ini tidak dilengkapi dengan Google Play. Tapi sebagai gantinya, sudah ada Amazon App Store. Jumlah aplikasi dan game yang bisa kamu download disitu juga lumayan banyak ko.

6. LeapDroid

emulator android terbaik

Emulator android terbaik keenam adalah LeapDroid. Jika kamu masih ragu dengan emulator ini, informasi saja, LeapDroid baru-baru ini duakuisisi oleh Google dan tidak bisa di download lagi dari website nya (tapi kamu bisa download dari sumber lain).

Walaupun sudah tidak bisa didownload dari website resminya, LeapDroid masih menjadi salah satu emulator Android terbaik sampai saat ini. Fiturnya sangat lengkap dan membuat kamu lebih mudah bermain game Android i komputer.

LeapDroid adalah emulator berbasis Android 4.4 KitKat. Dilengkapi pula dengan aplikasi bawaan Android seperti browser, kamera, musik, dan lainnya. Di home screen nya, kamu bisa melihat deretan game rekomendasi yang bisa kamu download.

Untuk mendownload LeapDroid, kamu bisa mendownloadnya melalui website softtonic.

7. Genymotion

emulator android terbaik

Genymotion adalah emulator terbaik untuk menggantikan emulator bawaan Android Studio. Genymotion merupakan emulator android favoritnya para pengembang aplikasi.

Bukan tanpa sebab kenapa Genymotion begitu digemari para pengembang aplikasi dari seluruh planet bumi. Emulator ini menawarkan banyak sekali fitur tambahan yang tidak ada pada emulator bawaan Android Studio.

Jika kamu adalah seorang pengembang aplikasi Android, maka Genymotion ini adalah aplikasi Android yang wajib kamu install. Sebelum download, pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan “Virtualization Technology” di BIOS dan punya VirtualBox. Kamu juga harus mendaftarkan sebuah akun di website Genymotion (gratis).

Oh, ya.  Genymotion ini adalah salah satu dari sekian sedikit emulator Android yang bisa kamu install di Linux loh. Tentu saja juga bisa diinstall di Windows dan Mac. Jadi tidak peduli apapun OS yang kamu gunakan, Genymotion tetap bisa kamu gunakan.

Kesimpulan

Nah, itu dia 7 aplikasi emulator terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan game dan aplikasi android di komputer. 7 emulator android diatas bisa kamu jalankan di laptop atau komputer dengan jumlah RAM yang terbatas.

Selamat malam.

Menarique
Loading...