Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah cache. Selain ada di komputer, cache juga sering kita temui di HP Android, tidak terkecuali HP buatan Xiaomi.

Kamu mungkin bertanya, apa sih fungsi cache di HP Android?

Fungsi utama cache sebenarnya adalah untuk membantu proses transfer data, entah itu di peramban ataupun aplikasi. Cache dapat membantu sebuah aplikasi berjalan lebih cepat.

Karenanya, setiap aplikasi akan menyimpan file cache, terutama jika palikasi tersebut sering digunakan. Namun sayangnya jika dibiarkan dalam waktu lama, cache akan menumpuk dan justru membebani memori HP kamu.

Karena itulah kita perlu menghapusnya secara rutin. Untuk kamu yang ingin menghapus cache di HP Xiaomi bisa mengikuti cara dibawah ini.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Kamu Tidak Mendapatkan Update

4 Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan cat di HP Xiaomi. Namun di artikel kali ini saya hanya akan membatasinya menjadi tiga cara saja.

Saya akan memulainya dari cara yang paling mudah, yaitu melalui menu pengaturan. Kemudian melalui aplikasi keamanan bawaan HP Xiaomi.

Kemudian cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga jika kalian ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Lalu ada cara yang sedikit lebih rumit yaitu dengan cara masuk ke menu recovery.

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan, jika kalian masih pemula dan belum begitu terbiasa mengoprek Android, saya sarankan untuk menggunakan cara pertama saja.

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache di HP Xiaomi adalah dengan melalui menu pengaturan. Cara ini cukup mudah dilakukan, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Semuanya bisa dilakukan langsung menggunakan fitur bawaan HP Xiaomi kalian. Sobat Androbuntu bisa menghapus cache dari setiap aplikasi yang ada di HP kamu secara menyeluruh.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke menu setelan di HP Xiaomi kamu;

2. Pilih opsi “Aplikasi terinstall”;

3. Kemudian cari aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya;

4. Lalu sentuh tombol “Hapus cache“;

Cara Membersihkan Cache Di Smartphone Xiaomi

Selesai. Sangat mudah bukan? Kekurangan dari cara ini adalah kamu harus menghapus cache secara manual dari setiap aplikasi yang kamu inginkan satu persatu.

Untuk kamu yang ingin menghapus cache dari banyak aplikasi sekaligus bisa menggunakan cara kedua dan ketiga dibawah ini.

2. Melalui Aplikasi Keamanan

Kamu pasti sudah tahu ‘kan kalau HP Xiaomi dilengkapi aplikasi khusus bernama “Keamanan”? Fungsi aplikasi Keamanan ini sangat banyak, Androbuntu pernah membahasnya beberapa kali.

Nah, salah satu fungsi aplikasi tersebut adalah untuk menghapus cache dari banyak aplikasi secara bersamaan. Ikuti caranya dibawah ini:

1. Buka aplikasi Keamanan Xiaomi;

2. Kemudian pilih “Pembersih”3. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindahan selesai;

4. Kemudian sentuh tombol “Bersihkan”;

Cara Membersihkan Cache Di Smartphone Xiaomi

Kalian juga dapat mengecualikan beberapa aplikasi agar tidak dibersihkan cache-nya jika kalian menginginkannya.

Kelebihan cara di atas adalah lebih simpel dan juga hemat waktu. Jika kalian memiliki banyak aplikasi di HP Xiaomi kalian, maka cara kedua ini sangat efektif dibandingkan dengan cara pertama.

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih Pihak Ketiga

Sebenarnya 2 cara diatas sudah cukup ampuh untuk membersihkan cache di HP Xiaomi. Caranya juga sangat mudah.

Tapi jika kamu tidak bisa menggunakan 2 cara diatas, kamu bisa menggunakan cara lain. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache di HP Xioami adalah CCleaner.

Cara kerja aplikasi pembersih pihak ketiga seperti CCleaner ini sangat mirip dengan aplikasi keamanan bawaan HP Xiaomi. Jadi saya yakin kalian tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

4. Melalui Menu Recovery

Apakah kamu ingin menghapus cache untuk seluruh aplikasi yang ada di HP Xiaomi? Maka cara ini merupakan yang paling mudah.

Kamu tidak perlu menghapus cache dari setiap aplikasi satu per satu secara manual. Untuk melakukan ini, kita perlu masuk ke menu Recovery, yaitu dengan cara berikut:

  • Matikan HP Xiaomi
  • Tekan dan tahan tombol Power+Volume Bawah selama beberapa saat
  • Setelah masuk ke menu Recovery, pilih “Delete Cache”.

Sekarang seluruh aplikasi yang ada di HP Xiaomi kamu sudah terhapus cache-nya.

Pertanyaan Seputar Cache di HP Xiaomi

Ada cukup banyak pertanyaan dari pembaca yang masuk ke email Androbuntu mengenai artikel ini. Rata-rata orang penasaran dengan cache dan apa kaitannya dengan HP Xiaomi.

Karena itu, kami memperbarui artikel ini dan menampilkan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan agar kamu juga mengetahuinya.

Apa manfaat dari menghapus cache di HP Xiaomi?

Manfaat utama yang akan kamu dapatkan jika rutin menghapus cache adalah penyimpanan internal HP Xiaomi kamu akan tetap lega dan tidak cepat penuh.

Karena cache sendiri juga merupakan berkas-berkas yang terkumpul dari aplikasi yang sering kamu gunakan.

Semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP Xiaomi dan semakin sering kamu menggunakannya, ada kemungkinan file cache di HP Xiaomi kamu juga semakin banyak.

Seberapa sering saya harus menghapus cache?

Tidak ada anjuran khusus berapa hari sekali kamu harus melakukan tutorial di atas. Namun kamu dapat memeriksanya di aplikasi keamanan, jika cache sudah terlalu banyak, maka segera di hapus.

Menghapus cache setiap satu minggu sekali adalah ide bagus. Dengan begitu HP Xiaomi kamu performanya tetap terjaga.

Apakah menghapus cache dapat membuat aplikasi error?

Tidak. Cache yang disimpan oleh setiap aplikasi Android hanyalah sebagai file akselerator saja untuk mempercepat saat kamu membukanya.

Ketika cache dihapus dan kamu membuka aplikasi kembali, maka file cache tersebut akan dibuat kembali.

Maka dari itu, tidak akan masalah.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari