6 Cara Mengatasi Garena AOV Error Di Android

Cara Mengatasi Garena AOV Error Di Android

Game berjenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) memang sedang sangat digemari saat ini. Selain Mobile Legends, game MOBA yang juga sedang banyak digemari adalah Garena AOV (Arena Of Valor).

Sama seperti dan game dan aplikasi lainnya di android, AOV juga terkadang mengalami error sehingga tidak bisa dimainkan. Kalau sudah begitu jadi sebel deh, padahal sudah mau main bareng teman, akhirnya tidak bisa main gara-gara error.

Error yang biasa terjadi pada game AOV adalah sebagai berikut:

  • AOV tidak bisa dibuka
  • AOV tiba-tiba berhenti (force close)
  • Error tidak diketahui (unknown error)
  • Loading terus tidak selesai-selesai
  • Tidak bisa login ke AOV
  • Network error
  • Dan error lainnya yang sering terjadi pada game AOV

Nah, jika game AOV di smartphone kamu mengalami salah satu error diatas, maka ada 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Simak cara lengkapnya dibawah ini.

Baca juga:

6 Cara Mengatasi Garena AOV Error Di Android

1. Hapus Cache AOV

Setiap aplikasi dan game di android pasti akan menyimpan data berupa cache. Dan jika sudah menumpuk, terkadang cache tersebut bisa membuat game error, tidak terkecuali juga pada game AOV.

Jika game AOV di smartphone kamu error atau tidak bisa dibuka, maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menghapus cache.

Cara ini terbilang aman. Tidak akan ada efek negatif apapun setelah kamu menghapus cache AOV. Tapi dalam beberapa kasus, menghapus cache AOV bisa mengatasi error.

Untuk menghapus cache AOV di smartphone android, caranya sangat mudah. Buka Setelan > Aplikasi > AOV > Hapus Cache.

Selesai, maka cache AOV di smartphone kamu akan terhapus. Lalu cobalah buka game AOV kamu seperti biasanya.

2. Paksa Berhenti Dan Hapus Data AOV

Selain menyimpan data berupa cache, game AOV juga menyimpan data-data lainnya di smartphone kamu.

Data-data tersebut berupa informasi akun, informasi game, dan masih banyak informasi lainnya.

Jika karena error tertentu, kamu bisa menghapus data tersebut untuk mengatasinya. Karena AOV adalah game online, kamu tidak akan kehilangan data-data tersebut, karena semuanya sudah terbackup.

Untuk menghapus data AOV, buka Setelan > Aplikasi > AOV > Hapus Data.

Kemudian kamu juga bisa menghentikan secara paksa game AOV. Cara ini juga patut kamu coba untuk mengatasi error. Caranya adalah dengan buka Setelan > Aplikasi > AOV > Paksa Berhenti.

3. Update AOV Melalui Google Play

AOV adalah game online yang cukup aktif dikembangkan oleh pengembangnya, yaitu Garena. Hampir setiap minggu Garena mengupdate game AOV.

Dalam beberapa versi ke bawah, biasanya game tidak bisa dimainkan. Apalagi jika ada update mayor seperti penambahan hero baru atau nerf.

Solusi mengatasi game AOV yang tidak bisa digunakan karena hal ini biasanya cukup simpel, yaitu cukup dengan mengupdatenya melalui Google Play.

Jika game AOV kamu tidak bisa dimainkan dan ada informasi bahwa versi game sudah harus di update maka buka saja Google Play di smartphone kamu. Lalu update AOV.

4. Intall Ulang AOV

Jika ketiga cara diatas game AOV di smartphone android kamu masih error juga, maka kamu bisa mencoba cara ke 4. Yaitu dengan cara menginstall ulang game AOV.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus game AOV yang sudah terinstall di smartphone android kamu. Caranya dengan masuk ke menu Setelan > Aplikasi > AOV > Hapus instalasi.

Setelah AOV terhapus, selanjutnya kamu bisa menginstallnya kembali melalui Google Play. Oh, ya, pastikan bahwa kamu memiliki kuota internet yang cukup.

5. Gunakan Versi AOV yang Berbeda

Ada kasus yang cukup langka, yaitu AOV di smartphone kamu error karena versinya tidak bisa berjalan dengan baik di versi android yang smartphone kamu gunakan.

Karena berbagai kesalahan, mungkin saja ada satu versi AOV yang tidak bisa berjalan di smartphone kamu, walaupun itu adalah versi terbaru.

Untuk mengatasi error karena masalah ini, kamu bisa menggunakan AOV versi yang lain. Jika AOV versi terbaru tidak bisa, kamu bisa menggunakan AOV 1 atau 2 versi lebih rendah.

6. Kembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik

Cara ke-6 ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan jika game AOV di smartphone kamu masih error juga. Caranya adalah mengembalikan smartphone kamu ke pengaturan pabrik.

Ingat, cara ini hanya boleh kamu lakukan jika ke-5 cara diatas sudah dilakukan tapi AOV masih error juga.

Untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, masuk ke Settings > Accounts > Backup and reset > Factory data reset > Reset device.

Perhatian: mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik bisa menghapus data-data kamu. Jadi pastikan bahwa kamu sudah melakukan backup data ya.

Kesimpulan

Error adalah hal yang biasa dan bisa saja terjadi di game atau aplikasi apapun juga, termasuk game AOV. Tapi tenang saja, selalu ada solusi yang bisa kita lakukan.

6 cara diatas bisa kamu lakukan untuk mengatasi error yang terjadi di AOV pada smartphone kamu.

Semoga dengan melakukan 6 tips diatas AOV kamu bisa dimainkan kembali.