Cara Unroot HP Android Semua Tipe dengan Mudah

Sebagian besar pengguna Android pasti sudah familiar dengan istilah root. Root adalah kondisi dimana kita bisa mendapatkan hak akses tertinggi (hak akses root) pada HP Android.

Ketika HP Android sudah di root, kita dapat melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Misalnya adalah menghapus aplikasi sistem, memblokir iklan, melakukan modifikasi tingkat sistem dan masih banyak lagi.

Semuanya itu tidak dapat dilakukan jika HP Android kamu belum di root.

Tapi adakalanya para pengguna Andrid yang sudah di root ingin agar HP Androidnya tidak lagi dalam kondisi root. Proses mengembalikan HP Android dari root ke kondisi normal disebut dengan unroot.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin meng-unroot HP Android miliknya. Berikut ini beberapa alasannya:

  • Bosan dengan root;
  • Ingin kembali ke pengaturan pabrik;
  • Terjadi error setelah HP Androi di root;
  • Ada aplikasi yang tidak dapat digunakan karena root;
  • Ingin melakukan update OS (update tidak bisa dilakukan jika HP Android dalam kondisi root;
  • Dan alasan lainnya.

Nah, jika Sobat Androbuntu juga ingin unroot HP Android dengan alasan yang mirip dengan alasan-alasan diatas maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk unroot HP Android. Dari banyak cara tersebut, Androbuntu.com telah meringkasnya menjadi 4.

Baca juga: Smartphone Android Kamu Sudah di Root? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

1. Unroot HP Android Menggunakan Aplikasi SuperSU

Cara pertama dapat menggunakan aplikasi SuperSU. Pertama kamu perlu download aplikasi SuperSU terlebih dahulu di Google Play Store. Gratis.

Jika SuperSU sudah terpasang di HP Android kamu, buka aplikasinya lalu masuk ke menu “Settings”. Setelah itu gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi “Full Unroot”, sentuh opsi tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi SuperSU selesai meng-unroot HP Android kamu. Lalu cobalah cek HP kamu apakah masih dalam kondisi root atau sudah berhasil di unroot.

Jika unroot berhasil biasanya HP Android akan restart dengan sendirinya.

unroot smartphone android menggunakan supersu

2. Menggunakan Universal Androot

Mungkin tidak semua orang akan berhasil unroot menggunakan aplikasi SuperSU. Biasanya memang ada beberapa tipe dan merk HP Android yang tidak kompatibel dengan aplikasi tersebut.

Jika unroot menggunakan aplikasi SuperSU gagal, maka kamu bisa mencoba cara kedua yaitu menggunakan aplikasi Universal Androot.

Universal Androot adalah salah satu aplikasi populer yang biasa digunakan para pengguna HP Androoid untuk mendapatkan hak akses root di perangkat mereka tanpa menggunakan PC. Dengan satu kali klik, HP Android akan langsung di root dengan mudah.

Selain bisa digunakan untuk root HP Android, Universal Androot juga dapat digunakan untuk unroot. Buka aplikasi Universal Androot, kemudian pilih opsi “UnRoot”.

unroot smartphone android menggunakan universal androot

Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses unroot selesai dilakukan. Lalu cobalah gunakan aplikasi yang membutuhkan akses root, contohnya Link2SD, jika aplikasi tidak bisa digunakan, berarti proses unroot telah berhasil.

3. Menggunakan Aplikasi KingRoot

Aplikasi lain yang juga dapat digunakan untuk menghapus root adalah KingRoot. Pertama pastikan bahwa aplikasi KingRoot terpasang di HP Android milik Sobat Androbuntu.

Kemudian masuk ke menu Setting > Uninstall KingRoot. Lalu akan muncul jendela kecil bertuliskan “Remove Root Permission”, sentuh tombol “Clear”.

unroot smartphone android menggunakan kingroot

Tunggu sampai proses unroot selesai. Jangan panik jika HP Android kamu tiba-tiba restart sendiri, karena itu adalah salah satu tanda bahwa unroot telah sukses dilakukan.

4. Install Ulang

Cara ke-4 ini adalah cara terakhir yang dapat kamu lakukan jika ketiga cara diatas tidak juga bisa meng-unroot HP Android kesayangan kamu. Kamu bisa menghapus akses root dengan cara install ulang OS.

Namun dari pengalaman saya, menggunakan cara ini sedikit ribet. Karena harus menggunakan PC. Kamu bisa cari tahu bagaimana cara install ulang OS di HP yang kamu gunakan.

Biasanya setiap vendor HP selalu menyediakan software khusus untuk melakukan hal tersebut.

Walaupun sedikit ribet, tapi unroot menggunakan cara ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Karenanya wajib kamu coba juga jika ketiga cara diatas tidak berhasil.

Kesimpulan

Itu dia 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk unroot HP Android semua merk, mulai dari HP Xiaomi, Lenovo, Sonny, Oppo, Samsung, LG, Asus, dan merk lainnya.

Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas, kamu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar dibawah atau melalui Channel Androbuntu di YouTube.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Pemikir, cowok rumahan.

Tinggalkan komentar