BerandaAndroid6 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Smartphone Android

6 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Smartphone Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Smartphone Android – Aplikasi adalah salah satu komponen penting yang ada di smartphone. Aplikasi akan membuat fungsi smartphone jadi semakin lengkap.

Ada dua macam aplikasi, yaitu aplikasi sistem dan juga aplikasi pengguna. Aplikasi sistem adalah aplikasi yang sudah terpasang secara bawaan, sudah ada sejak kamu membeli smartphone.

Sedangkan aplikasi pengguna adalah aplikasi yang di download oleh si pengguna smartphone, biasanya di download dari Google Play atau sumber lainnya.

Nah, baik aplikasi sistem atau aplikasi pengguna, terkadang terjadi error. Beberapa error yang sering terjadi pada aplikasi android antara lain adalah:

  • Unfortunately, app has stopped
  • Force close
  • Not enough memory
  • Not responding
  • Aplikasi tidak bisa dibuka
  • Dan error lainnya

Jika kamu adalah pengguna smartphone android yang sedang mengalami error seperti diatas, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Melalui artikel ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara menangani aplikasi yang error.

Baca juga:

6 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Di Smartphone Android

Cara mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka di smartphone android sebenarnya cukup mudah. Cara-cara dibawah ini bisa kamu lakukan tanpa mendownload aplikasi pihak ketiga.

Cara 1: Hapus Cache Memori Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika ada aplikasi yang tidak bisa digunakan di smartphone android kamu adalah dengan membersihkan cache aplikasi tersebut.

Advertisements

Membersihkan cache tidak akan berakibat buruk pada aplikasi terkait. Karena pada dasarnya file cache adalah file sementara yang aman untuk dihapus.

Jika dibiarkan menumpuk, justru cache akan membuat aplikasi error. Nah, untuk menghapusnya sangat mudah, masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus cache.

hapus cache aplikasi android

Cara 2: Hapus Data dan Paksa Berhenti Aplikasi

Dalam banyak kasus, aplikasi menjadi tidak bisa dibuka karena sudah terlalu lama digunakan. Nah, untungnya android punya fitur hapus data aplikasi.

Fitur ini akan membuat aplikasi kembali ke pengaturan awal, seperti ketika pertama kali aplikasi di download. Semua data aplikasi akan hilang, seperti data cache, bookmark, memori, dan lain-lain.

Cara ini tidak akan menghapus installasi aplikasi, hanya menghapus datanya saja. Untuk menghapus data aplikasi, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini.

Buka menu Setelan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Hapus Data > Paksa Berhenti.

Selesai. Sekarang cobalah buka aplikasi tersebut lagi. Mudah-mudah bisa digunakan kembali.

hapus data aplikasi android

Cara 3: Update Aplikasi

Suatu aplikasi tidak bisa digunakan mungkin karena sudah kadaluarsa versinya. Biasanya hal ini terjadi jika versi aplikasi yang kamu gunakan sudah sangat jauh dengan versi terbaru.

Advertisements

Misalnya kamu menggunakan aplikasi versi 19, padahal aplikasi tersebut sudah ada versi 30 nya.

Nah, untuk mengatasi aplikasi android yang tidak bisa dibuka karena alasan ini cukup mudah mengatasinya. Buka Google Play, kemudian perbarui aplikasi tersebut.

update aplikasi android

Cara 4: Install Ulang Aplikasi

Cara ke-4 yang bisa kamu lakukan jika ada aplikasi yang tidak bisa dibuka di smartphone kamu adalah dengan melakukan install ulang aplikasi.

Terkadang terjadi kesalahan ketika pemasangan aplikasi yang mengakibatkan aplikasi tersebut tidak bisa digunakan, tidak bisa dibuka, hingga tidak berfungsi sama sekali.

Pertama, kamu perlu menghapus aplikasi yang sudah terpasang dari smartphone kamu. Kemudian install lagi melalui Google play atau menggunakan file APK nya.

Cara 5: Gunakan Aplikasi Versi Lain

Aplikasi terkadang menjadi error karena memang ada bugs tertentu yang membuatnya tidak bisa berjalan dengan baik di smartphone kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan versi lain. Misal kamu menggunakan aplikasi versi terbaru tapi masih tidak bisa digunakan juga, maka kamu bisa menggunakan versi yang lebih lama.

Kamu bisa mencari aplikasi dengan versi tertentu melalui Google. Cukup masukkan nama aplikasi kemudian nomor versi yang ingin kamu cari.

Advertisements

Cara 6: Restart Smartphone

Cara ini sebenarnya sepele, tapi sering terlupa untuk dilakukan para pengguna smartphone.

Cara terakhir ini bisa kamu lakukan jika semua cara diatas tidak bisa menyelesaikan permasalahan kamu, caranya adalah dengan merestart smartphone android kemudian coba gunakan aplikasi seperti biasanya.

Selamat mencoba, semoga ke-6 cara diatas bisa menangani aplikasi yang tidak bisa dibuka di smartphone kamu.

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Saya sudah melakukan semua langkah diatas, tapi kenapa aplikasi tetap tidak bisa dibuka?

Ada banyak alasan kenapa aplikasi tidak bisa dibuka di HP Android. Coba perhatikan hal dibawah ini:

Dari mana kamu mendapatkan aplikasi tersebut? Apakah dari pihak ketiga atau dari Google Play Store?

Jika kamu mendapatkan aplikasi dari situs pihak ketiga, maka ada kemungkinan aplikasi tersebut sudah kadaluarsa dan tidak dapat berjalan di versi Android terbaru.

Silahkan cari aplikasi dengan fitur dan fungsi yang mirip di Google Play Store.

Saya menggunakan Android versi lama, apakah itu penyebab beberapa aplikasi tidak bisa dibuka?

Ya, bisa saja. Karena beberapa aplikasi Android memberikan minimum versi Android agar aplikasi dapat berjalan.

Advertisements

Sebagai contoh, aplikasi DropBox hanya dapat berjalan di Android Lolipop. Jika kamu menggunakan Android versi yang lebih lama, maka DropBox tidak dapat dibuka.

Selalu cek kembali minimum versi Android yang diperlukan untuk menjalankan suatu aplikasi Android. Ini bisa di lihat di Google Play sebelum kamu mendownload suatu aplikasi.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa update Android yang kamu gunakan. Atau membeli ponsel baru dengan versi Android yang lebih tinggi.

Saya menggunakan Custom ROM, apakah ini penyebab aplikasi tidak bisa dibuka?

Ini memang jarang terjadi, namun tetap ada kemungkinan. Yang saya tahu, sebagian besar Custom ROM tidak membawa Gapps, sehingga kita harus memasangnya secara manual.

Sedangkan, ada beberapa aplikasi dan game yang bergantung dengan Gapps. Tanpa Gapps, mereka tidak dapat berjalan walaupun versi Android kamu sudah terbaru.

Contoh terbaik dari aplikasi yang tidak dapat berjalan tanpa Gapps adalah seluruh aplikasi dari Google, seperti Penelusuran, Google Maps, Google Drive, dan lain-lain.

Jadi saran saya, jika kamu menggunakan custom ROM, coba instal Gapps agar seluruh aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Kemungkinan aplikasi tidak bisa digunakan tetap ada. Entah itu kesalahan dari pengembang aplikasi, sistem operasi, atau mungkin dari smartphone kamu sendiri.

Advertisements

Semoga dengan 6 cara diatas aplikasi kesayangan kamu bisa digunakan lagi. Jika ada pertanyaan yang ingin kamu tanyakan, bisa langsung kamu sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini atau melalui Fanspage Androbuntu.

Loki Fadilah
Loki Fadilah
Pemikir, cowok rumahan.

Artikel lainnya

Cara Mengganti Jam dan Tanggal di HP Samsung

Secara default ketika kita membeli sebuah HP Android, maka...

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung

Di beberapa aplikasi bawaan HP Samsung, seperti galeri, file...

Cara Membuat Banner YouTube di Canva

Untuk kalian yang belum tahu, Banner YouTube adalah sebuah...

Cara Mengganti Wallpaper di HP Samsung

Wallpapaer merupakan salah satu elemen di HP Android yang...

Cara Mengaktifkan NFC di HP Samsung

Salah satu fitur yang kini banyak dibawa oleh ponsel...

Iklan