Cara Mengatasi Keyboard Android Error, Hilang & Tidak Muncul

Keyboard adalah salah satu aplikasi yang sangat penting di HP Android. Tanpa aplikasi keyboard, kita tidak bisa melakukan banyak hal.

Kita tidak bisa mengirim SMS, pesan WhatsApp, update status di Facebook, dan masih banyak lagi hal yang tidak bisa kita lakukan jika aplikasi keyboard tidak ada.

Karenanya, jika aplikasi keyboard di HP Android mengalami error akan sangat menyulitkan kita dalam menggunakannya. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi keyboard juga terkadang bisa mengalami error.

Apakah keyboard di HP Android kamu juga sedang mengalami error sehingga tidak dapat digunakan?

Tenang saja, Pada artikel Androbuntu kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menangani keyboard error di HP Android.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Keyboard di Android

Cara Mengatasi Keyboard Android yang Error, Hilang dan Tidak Muncul

Cara ini dapat diaplikasikan ke HP Android merk dan tipe apa saja, mulai dari Xiaomi, Sony, Samsung, LG, Advan, Asus, Lenovo, Oppo, ZTE, Evercross, Meizu, dan merk lainnya. Yang terpenting HP kamu menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Hapus Cache Aplikasi Keyboard

Aplikasi keyboard yang error di Android terkadang diakibatkan oleh hal-hal sepele, salah satunya adalah karena cache yang sudah menumpuk.

Jika ini adalah penyebabnya, maka cara menanganinya sangat mudah, yaitu dengan menghapus cache dari aplikasi keyboard yang kamu gunakan.

Untuk menghapus cache aplikasi keyboard di HP Android pun sangat mudah. Kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Ikuti cara dibawah ini untuk menghapus cache aplikasi Android:

  • Masuk menu Setelan > Aplikasi > Keyboard > Hapus Cache.

Langkah-langkah diatas bisa kamu sesuaikan dengaan aplikasi keyboard yang digunakan, jika kamu menggunakan Gboard, maka pilih Gboard pada daftar aplikasi.

Sekarang coba gunakan aplikasi keyboard kamu seperti biasa untuk mengetik pesan, email, atau yang lainnya.

2. Hapus Data Aplikasi Keyboard

cara mengatasi keyboard tidak berfungsi pada hp android by Androbuntu

Jika cara pertama tidak bisa mengatasi keyboard Android error di HP kamu, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Cara kedua ini juga terbilang simpel dan mudah untuk dilakukan.

Aplikasi terkadang akan mengalami error karena sudah ada banyak data yang menumpuk. Hal serupa bisa juga terjadi pada aplikasi keyboard.

Aplikasi yang sering digunakan cenderung akan mengumpulkan data yang besar di penyimpanan internal Android. Dan ini adalah hal yang wajar karena memang itu diperlukan oleh aplikasi.

Nah, untuk mengatasinya, Sobat Androbuntu bisa menghapus data aplikasi keyboard. Ingat ya, menghapus data tidak akan menghapus aplikasi keyboard kamu. Jadi ini sangat aman untuk dilakukan.

Yang hilang hanyalah data-data seperti kata-kata yang pernah di ketik, tata letak, tema dan pengaturan keyboard lainnya. Semuanya bisa kamu setting lagi jika mau.

Untuk menghapus data aplikasi keyboard di Android, ikuti cara dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Aplikasi keyboard > Hapus data

Kemudian coba gunakan aplikasi keyboard kamu kembali untuk mengetik.

3. Hentikan Secara Paksa Aplikasi Keyboard

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard Android yang error yaitu dengan menghentikan aplikasi keyboard secara paksa.

Karena untuk beberapa aplikasi yang sering digunakan dan memang dibutuhkan oleh sistem, maka aplikasi tersebut akan berjalan di latar belakang.

Salah satu aplikasi yang terus berjalan di latar belakang adalah aplikasi keyboard.

Nah, kalian dapat menghentikan aplikasi keyboard secara paksa untuk mengatasinya jika keyboard di HP Android kalian memang mengalami error atau tidak berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Cara menghentikan aplikasi keyboard secara paksa bisa kamu ikuti seperti dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Aplikasi keyboard > Hentikan paksa

Seperti biasa, coba mengetik sesuatu di HP Android kamu seperti biasa.

4. Restart HP Android Kalian

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa sebuah aplikasi mengalami error ketika kita gunakan.

Entah itu karena memang ada yang salah dengan HP Android kamu, aplikasinya yang bermasalah, atau yang lainnya. Intinya penyebabnya bisa berbeda-beda.

Jika ketiga cara diatas tidak bisa juga mengatasi error keyboard di HP Android kamu, maka ada baiknya mencoba cara ke-4 ini, yaitu dengan me-restart HP Android.

Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi error pada aplikasi lain. Dan biasanya berhasil.

Dengan memulai ulang HP Android kalian maka semua aplikasi yang berjalan di latar belakang akan secara otomatis berhenti.

Kemudian ketika HP Android tersebut menyala kembali, aplikasi keyboard akan dijalankan kembali dalam kondisi yang lebih fresh.

5. Download Aplikasi Keyboard Lain di Google Play

Jika keempat cara diatas masih belum bisa mengatasi keyboard yang error di HP Android Sobat Androbuntu, maka mungkin sudah waktunya kamu menggunakan aplikasi keyboard lain.

Ada cukup banyak aplikasi keyboard yang bisa kamu unduh di Google Play, antara lain adalah SwiftKey Keyboard dan GBoard.

Untuk mengunduh aplikasi keyboard di Google Play, buka Google Play lalu masuk ke tab “Produktivitas”, disana biasanya nanti akan ada banyak aplikasi keyboard.

Atau masukkan saja kata kunci “keyboard” pada kolom pencarian di Google Play Store. Maka akan banyak sekali aplikasi keyboard yang dapat kalian gunakan.

Kemudian download aplikasi keyboard yang paling kamu sukai.

Ada bermacam-macam aplikasi keyboard yang dapat kamu unduh. Mulai dari keyboard yang paling sederhana tanpa fitur macam-macam, hingga keyboard paling kompleks dengan segudang fitur pun ada.

6. Perbarui Aplikasi Keyboard

Salah satu kebiasaan buruk banyak orang ialah jarang memperbarui aplikasi yang ia gunakan di HP Android miliknya walaupun sudah ada notifikasi pembaruan.

Hal ini terkadang yang membuat sebuah aplikasi menjadi error atau tidak dapat digunakan dengan normal, salah satunya aplikasi keyboard.

Aplikasi diperbarui secara rutin oleh pengembangnya bukan tanpa alasan. Melainkan dengan tujuan agar aplikasi tersebut terbebas dari bugs, error, dan juga menambahkan fitur-fitur baru.

Jika kalian sudah mendapatkan notifikasi untuk memperbarui aplikasi tapi tidak memperbaruinya, kemungkinan suatu hari aplikasi tersebut akan mengalami error sangat besar.

Karenanya salah satu cara terbarik untuk mengatasi aplikasi keyboard yang mengalami error ialah dengan memperbaruinya.

Jika kalian menggunakan aplikasi keyboard default atau bawaan pabrik, coba cek di menu Pembaruan dan lakukan update keyboard dari menu tersebut.

Tapi jika kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga yang di unduh dari Google Play Store, silahkan buka Google Play Store dan lakukan update.

Kemungkinannya 99% aplikasi keyboard kalian dapat digunakan lagi tanpa masalah setelah diperbarui.

7. Perbarui HP Android Kalian

Kalian sudah memperbarui aplikasi keyboard dan sudah melakukan semua hal diatas namun masih saja mengalami masalah seputar aplikasi keyboard di HP Android kalian?

Coba cek ke menu Pembaruan, apakah ada notifikasi untuk melakukan pembaruan sistem?

Jika ada, maka segera unduh pembaruan tersebut. Karena bisa jadi itulah yang membuat keyboard kalian mengalami error selama ini, yaitu karena berjalan diatas sistem yang belum diperbarui.

Kesimpulan

Itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi keyboard yang error di HP Android. Dengan ke-5 cara diatas, maka kamu bisa menggunakan HP android seperti biasanya.

Jika ada yang belum kamu mengerti dan ingin menanyakan sesuatu, jangan sungkan. Tanyakan pada kami melalui email atau melalui channel YouTube Androbuntu.

Apa yang menyebabkan keyboard di Android saya menjadi error?

Ada banyak kemungkinannya. Bisa saja kamu me-root HP Android kemudian melakukan modifikasi sistem yang tidak tepat, sehingga menyebabkan keyboard menjadi error.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar