5 Cara Mengatasi Keyboard Android Error, Hilang & Tidak Muncul

Keyboard adalah salah satu aplikasi yang sangat penting di HP Android. Tanpa aplikasi keyboard, kita tidak bisa melakukan banyak hal.

Kita tidak bisa mengirim SMS, pesan WhatsApp, update status di Facebook, dan masih banyak lagi hal yang tidak bisa kita lakukan jika aplikasi keyboard tidak ada.

Karenanya, jika aplikasi keyboard di HP Android mengalami error akan sangat menyulitkan kita dalam menggunakannya. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi keyboard juga terkadang bisa mengalami error.

Berikut ini adalah error yang biasa terjadi pada aplikasi keyboard di smartphone android:

  • Keyboard Android hilang (tidak muncul)
  • Keyboard Android tiba-tiba berhenti
  • Keyboard Android tidak bisa digunakan
  • Keyboard Android force close
  • Keyboard Android hilang
  • Dan error lainnya

Apakah keyboard di HP Android kamu juga sedang mengalami error seperti yang saya sebutkan diatas? Tenang saja, Pada artikel Androbuntu kali ini saya akan membahas bagaimana cara menangani keyboard error di HP Android.

Baca juga: Cara Mengatur Ukuran Keyboard di Android

5 Cara Mengatasi Keyboard Android yang Hilang (Tidak Muncul)

Cara ini dapat diaplikasikan ke HP Android merk dan tipe apa saja, mulai dari Xiaomi, Sony, Samsung, LG, Advan, Asus, Lenovo, Oppo, ZTE, Evercross, Meizu, dan merk lainnya. Yang terpenting HP kamu menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Advertisements

1. Hapus Cache Aplikasi Keyboard

Cara Membersihkan Cache Di Smartphone Xiaomi

Aplikasi keyboard yang error di Android terkadang diakibatkan oleh hal-hal sepele, salah satunya adalah karena cache yang sudah menumpuk. Jika ini adalah penyebabnya, maka cara menanganinya sangat mudah, yaitu dengan menghapus cache dari aplikasi keyboard yang kamu gunakan.

Untuk menghapus cache aplikasi keyboard di Android pun sangat mudah. Kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Ikuti cara dibawah ini untuk menghapus cache aplikasi Android:

  • Masuk menu Setelan > Aplikasi > Keyboard > Hapus Cache.

Sekarang coba gunakan aplikasi keyboard kamu seperti biasa untuk mengetik pesan, email, atau yang lainnya.

2. Hapus Data Aplikasi Keyboard

cara mengatasi keyboard tidak berfungsi pada hp android by Androbuntu

Jika cara pertama tidak bisa mengatasi keyboard android error di HP android, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Cara kedua ini juga terbilang cukup simpel untuk dilakukan.

Aplikasi terkadang akan error karena sudah ada banyak data yang menumpuk. Hal serupa bisa juga terjadi pada aplikasi keyboard.

Aplikasi yang sering digunakan cenderung akan mengumpulkan data yang besar di penyimpanan internal. Dan ini adalah hal yang wajar.

Advertisements

Nah, untuk mengatasinya, Sobat Androbuntu bisa menghapus data aplikasi keyboard. Ingat ya, menghapus data tidak akan menghapus keyboard kamu. Jadi ini sangat aman untuk dilakukan.

Yang hilang hanyalah data-data seperti kata-kata yang pernah di ketik, tata letak, tema dan pengaturan keyboard lainnya. Semuanya bisa kamu setting lagi jika mau.

Untuk menghapus data aplikasi keyboard di Android, ikuti cara dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Aplikasi keyboard > Hapus data

Kemudian coba gunakan aplikasi keyboard kamu kembali untuk mengetik.

3. Hentikan Secara Paksa Aplikasi Keyboard

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard Android yang error yaitu dengan memberhentikan aplikasi keyboard secara paksa.

Cara menghentikan aplikasi keyboard secara paksa bisa kamu ikuti seperti dibawah ini:

  • Masuk ke menu Setelan > Aplikasi > Aplikasi keyboard > Hentikan paksa

Seperti biasa, coba mengetik sesuatu di HP Android kamu seperti biasa.

Advertisements

4. Restart HP Android

Jika ketiga cara diatas tidak bisa juga mengatasi error keyboard di HP Android kamu, maka ada baiknya mencoba cara ke-4 ini, yaitu dengan me-restart HP Android.

Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi error pada aplikasi lain. Dan biasanya berhasil.

5. Download Aplikasi Keyboard Lain Di Google Play

Jika keempat cara diatas masih belum bisa mengatasi error keyboard di smartphone kamu, maka mungkin sudah waktunya kamu menggunakan aplikasi keyboard lain.

Ada cukup banyak aplikasi keyboard yang bisa kamu unduh di Google Play, antara lain adalah SwiftKey Keyboard dan GBoard.

Untuk mengunduh aplikasi keyboard di Google Play, buka Google Play lalu masuk ke tab “Produktivitas”, disana biasanya nanti akan ada banyak aplikasi keyboard.

Kemudian download aplikasi keyboard yang paling kamu sukai.

Kesimpulan

Itu dia 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi keyboard yang error di HP Android. Dengan ke-5 cara diatas, maka kamu bisa menggunakan HP android seperti biasanya.

Advertisements

Jika ada yang belum kamu mengerti dan ingin menanyakan sesuatu, jangan sungkan. Tanyakan pada kami melalui email atau melalui channel YouTube Androbuntu.

Apa yang menyebabkan keyboard di Android saya menjadi error?

Ada banyak kemungkinannya. Bisa saja kamu me-root HP Android kemudian melakukan modifikasi sistem yang tidak tepat, sehingga menyebabkan keyboard menjadi error.

Teraphir diperbarui: 23 Mei 2021.

Pemikir, cowok rumahan.

Tinggalkan komentar