Cara Mengatasi Aplikasi Grab Driver Error di HP Android

Untuk teman-teman yang saat ini berprofesi sebagai driver Grab, maka kalian pasti pernah setidaknya sekali dalam sehari mengalami aplikasi Grab Driver kalian error kan? Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Entah karena server grab yang sedang penuh, atau karena faktor eksternal seperti HP Android yang kalian gunakan terlalu banyak aplikasi didalamnya.

Nah, agar kalian tahu apa yang harus dilakukan saat aplikasi drvier kalian mengalami error, ada baiknya kalian membaca artikel ini sampai habis. Jadi kalian tidak akan kehabisan banyak waktu jika kalian mengalaminya dan kalian bisa kembali menerima order dari customer.

Baca juga: Cara mengatur Modal GrabFood Sesuai Keinginan

1. Hapus Cache Aplikasi Grab Driver

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab aplikasi Grab Driver kalian tidak bisa dibuka adalah karena sudah terlalu banyak cache yang menumpuk. Itu karena Grab Driver adalah aplikasi yang sering kalian gunakan setiap hari, jadi tidak heran jika cache aplikasi ini akan banyak sekali.

Karenanya, untuk mengatasi error karena masalah cache ini, kalian dapat menghapus cache yang menumpuk di aplikasi Grab Driver. Tenang saja, cara ini sangat aman untuk dilakukan.

Tidak akan ada hal buruk yang akan menmimpa akun kamu ataupun aplikasi kamu. Berikut ini adalah cara menghapus cache aplikasi Grab Driver:

Buka menu Setelan > Aplikasi > Grab Driver > Hapus Cache.

Setelah cache dihapus, silahkan Sobat Androbuntu buka kembali aplikasi Grab Driver-nya dan gunakan seperti biasa.

2. Hapus Data Aplikasi Grab Driver

Selain menyimpan cache, aplikasi Grab Driver juga menyimpan data. Sama seperti aplikasi lainnya.

Data ini berupa informasi akun, gambar, foto, dan data-data pendukung lainnya. Terkadang terjadi corrupt atau kerusakan pada salah satu atau beberapa data yang tersimpan sehingga menyebabkan aplikasi menjadi error.

Menghapus data aplikasi Grab Driver bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi error-nya. Ini juga aman dilakukan dan tidak akan menyebabkan akun kalian terkunci.

Buka menu Setelan > Aplikasi > Grab Driver > Hapus Data.

Kemudian buka kembali aplikasi Grab Driver kalian dan silahkan masuk kembali menggunakan akun kalian.

3. Berhentikan Secara Paksa Aplikasi Grab Driver

Jika dua cara sebelumnya sudah kamu lakukan tapi aplikasi Grab Driver masih mengalami error, maka coba lakukan cara ketiga ini.

Cara ketiga ini cukup simpel namun sering berhasil ketika digunakan untuk mengatasi sebuah aplikasi yang error di Android, yaitu dengan menghentikannya secara paksa. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka menu Setelan > Aplikasi > Grab Driver > Berhentikan paksa.

Langkah-langkah diatas akan menghentikan aplikasi Grab Driver agar tidak berjalan lagi. Tunggu beberapa saat, kemudain jalankan kembali aplikasi Grab Driver kamu.

4. Perbarui Aplikasi Grab Driver di Google Play

Pihak Grab sendiri cukup aktif dalam memperbarui aplikasi Grab Driver mereka. Pembaruan tersebu biasanya membawa fitur baru, menambal celah keamanan, dan berbagai pembaruan lainnya.

Karena Grab Driver adalah aplikasi yang kalian gunakan untuk mencari uang, maka saya sangat menyarankan untuk segera memperbaruinya jika sudah ada notifikasi. Jangan ditunda-tunda.

Aplikasi yang tidak pernah diperbarui memiliki resiko lebih besar untuk mengalami error. Silahkan buka aplikasi Google Play dan perbarui aplikasi Grab Driver kamu.

5. Install Ulang Aplikasi Grab Driver

Salah satu penyebab terjadinya error pada aplikasi Grab Driver adalah karena adanya data-data aplikasi yang rusak seiring dengan penggunaan HP Android. Karena itu, di awal mungkin aplikasi Grab Driver dapat digunakan tanpa kendala, namun suatu hari bisa saja terjadi error secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat melakukan pemasangan ulang aplikasi. Caranya, hapus terlebih dahulu aplikasi Grab Driver dari HP Android milik Sobat Androbuntu.

Lalu silahkan pasang kembali melalui Google Play Store. Kemudian masuk menggunakan akun kamu.

6. Unroot HP Android Kamu (Jika Sudah Diroot)

Baru-baru ini, pihak Grab telah melakukan pembaruan di aplikasi Grab Driver mereka. Dengan pembaruan tersebut, aplikasi bisa mendeteksi kalau HP Android kamu sudah di root.

Biasanya akan muncul peringatan untuk segera melakukan unroot. Dalam beberapa minggu jika HP Android kamu tidak di unroot, maka kamu tidak akan bisa menerima orderan dari penumpang lagi.

Hal inilah yang bisa menjadi alasan kenapa aplikasi Grab Driver kamu error. Yaitu karena HP Android kamu telah di root.

Jika ini adalah penyebabnya, cara mengatasinya ada dua. Pertama, kamu dapat menggunakan HP Android baru yang belum di root atau HP lama kamu di unroot agar aplikasi Grab Driver dapat digunakan kembali.

7. Gunakan Versi Grab Driver yang Berbeda

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pihak Grab selalu merilis pembaruan secara berkala. Jika kamu tidak memperbarui aplikasi Grab Driver dalam waktu yang lama, maka akan ada kemungkinan aplikasi Grab Driver kamu tidak bisa digunakan lagi.

Tapi adakalanya pembaruan yang ada malah tidak cocok dengan HP Android milik Sobat Androbuntu. Ini biasanya dikarenakan versi aplikasi tidak kompatibel dengan versi Android yang ada di HP kamu.

Jika versi terbaru aplikasi Grab Driver tidak bisa berjalan dengan baik di HP Android kamu, maka kamu bisa melakukan downgrade. Downgrade adalah menurunkan versi ke yang lebih lama dibandingkan dengan versi saat ini.

Misalnya saat ini versi Grab Driver adalah 10, maka kamu bisa menggunakan yang versi 9 atau 8 dan seterusnya. Silahkan kamu coba sendiri mana versi yang dapat berjalan lancar di HP Android kamu.

8. Periksa Pengaturan GPS HP Android

Kenapa aplikasi Grab Driver tidak tersambung dengan GPS (layanan lokasi), ya mungkin karena GPS di HP Android kamu belum diaktifkan. Makanya aplikasi Grab Driver kamu tidak bisa menerima penumpang.

Pastikan bahwa kamu suadh mengaktifkan GPS. Jika belum tahu, kamu bisa mengikuti caranya seperti dibawah ini:

Buka menu Setelan > Setelan tambahan > Lokasi > Aktifkan Akses Lokasi.

Jangan lupa juga memilih opsi Akurasi tinggi agar HP Android bisa membaca lokasi dengan lebih akurat.

Sebenarnya 8 cara diatas sudah cukup untuk membuat aplikasi Grab Driver kamu dapat digunakan kembali. Tapi jika memang error yang terjadi adalah error berat dan tidak bisa diatasi dengan cara diatas, maka kamu bisa melapor ke kantor Grab.

Biasanya nanti akan ada penanganan lebih lanjut. Kamu harus mengunjungi kantor Grab dan membawa HP Android yang terinstall aplikasi Grab Driver.

Selamat mencoba dan semoga aplikasi Grab Driver kamu bisa digunakan lagi.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari