Cara Paling Mudah Menyembunyikan File Di Linux

laptop youtuber
Loading...

Cara menyembunyikan file di Linux – File terkadang menjadi salah satu hal berharga bagi seseorang. Apalagi jika file itu adalah file rahasia dan sper penting. Karenanya tidak jarang diantara kita yang lebih memilih kehilangan laptop daripada kehilangan data-datanya.

Buka saja karena berharga, seseorang juga tidak ingin kehilangan file tersebut karena takut data tersebut dilihat orang lain. Bisa saja file tersebut merupakan foto dirinya yang jika tersebar bisa berpotensi viral.

Karena itu, kamu bisa menyembunyikan file penting kamu agar tidak mudah diintip oleh orang lain. Jika kamu menggunakan Linux, maka kamu bisa menyembunyikan file dengan sangat mudah.

Baca juga:

Cara Menyembunyikan File Di Linux

Cara menyembunyikan file ini bisa kamu terapkan dari berbagai distro Linux, mulai dari elementary OS, Ubuntu, Debian, Arch, dan lainnya. Yang penting ada file manajer di distro yang kamu gunakan. Dalam artikel kali ini, saya menggunakan distri elementary OS.

Langsung saja, berikut ini adalah cara menyembunyikan file di Linux:

1. Buka file manajer yang kamu gunakan. Kemudian masuk ke folder yang berisi file yang ingin kamu sembunyikan.

Cara Menyembunyikan File Di Linux

2. Klik kanan pada file, lalu pilih opsi “Rename”.

Cara Menyembunyikan File Di Linux

3. Tambahkan tanda titik (.) di depan nama file.

Cara Menyembunyikan File Di Linux

4. Setelah itu enter. Maka secara otomatis file kamu akan langsung hilang, alias disembunyikan.

Cara Menyembunyikan File Di Linux

6. Selesai

Sekarang file kamu aman, karena sudah disembunyikan. Untuk mengakses file tersebut kembali, klik CTRL+H. Shortcut tersebut adalah untuk menampilkan file tersembunyi.

Selain bisa digunakan untuk menyembunyikan file, cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan folder. Yaitu dengan menambahkan tanda titik didepan nama folder.

Selamat mencoba.

Menarique
Loading...