Cara Mengaktifkan Cortana Di Windows 10

Loading...

Cara Mengaktifkan Cortana – Saat ini sedang tren asisten digital. Kita mengenal beberapa nama besar dalam hal ini, yaitu Alexa buatan Amazon, Siri buatan Apple, dan juga Google Now buatan Google.

Aplikasi asisten digital ini tentu akan sangat membantu kegiatan kita sehari-hari dalam menggunakan gadget. Karena kita bisa menggunakan gadget melalui perintah suara. Selain seru, juga praktis.

Bagaimana dengan pengguna Windows? Tenang saja, karena Micorosft juga mengembangkan asisten digital nya sendiri yang diberi nama Cortana.

Cortana adalah asisten digital yang dikembangkan oleh Microsoft. Dan Cortana sebenarnya sudah tertanam secara default di Windows 10.

Apa saja yang bisa dilakukan Cortana di Windows 10? Banyak. Kamu bisa menyuruh Cortana untuk memutar musik, membuka aplikasi, atau mengaktifkan wifi.

Berikut ini adalah beberapa contoh perintah suara yang bisa kamu berikan kepada Cortana:

  • “Hey Cortana, Play Music”
  • “Hey Cortana, Open Firefox”
  • “Hey Cortana, Turn off/on Wifi”
  • Dan masih banyak lagi

Tapi jika Cortana di Windows 10 kamu tidak ada, itu karena belum diaktifkan. Nah, berikut ini adalah cara mengaktifkan Cortana di Windows 10.

Baca juga:

Cara Mengaktifkan Cortana Di Windows 10

Pastikan bahwa kamu menggunakan Windows 10. Jika kamu menggunakan Windows 8, 7 apalagi Windows 98, kamu tidak akan bisa menggunakan Cortana. Heuheu…

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Cortana di Windows 10:

1. Pertama, klik kotak pencarian yang terletak di Taskbar. Setelah itu senntuh tombol Notebook. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Cortana

2. Selanjutnya pilih menu “Setting” berlogo gear. Perhatian: jika kamu klik logo gear sebelum klik logo Notebook, kamu akan masuk ke pengaturan sistem. Bukan pengaturan Cortana.

Cara Mengaktifkan Cortana

3. Selanjutnya kamu akan melihat pengaturan, terlihat seperti pada gambar diatas. Kamu bisa menggeser slider ke kanan untuk mengaktifkan Cortana.

4. Selesai. Sekarang coba gunakan Cortana untuk melakukan hal-hal seperti membuka aplikasi, menyetel musik, dan lainnya.

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang setiap kali kamu ingin menggunakan Cortana dengan menggunakan perintah suara, kamu cukup dengan mengawalinya menggunakan kalimat “Hey, Cortana”. Lalu diikuti dengan perintah yang kamu inginkan.

Biasanya butuh beberapa detik sampai Cortana mengerti apa yang kamu perintahkan.

Selamat mencoba.

Menarique
Loading...