6 Tips Google Play yang Wajib Kamu Coba di Android

Google Play adalah aplikasi wajib yang harus ada di HP Android. Karenanya, semua HP Android memilki aplikasi Google Play yang terinstall secara default. Melalui Google Play inilah, kita bisa menginstal aplikasi dan game yang kita butuhkan. Ada banyak sekali aplikasi dan game yang bisa kita install.

Tanpa Google Play, kita akan kesulitan untuk menginstal aplikasi untuk HP Android.

Tapi apakah kamu tahu bahwa alokasi Google Play memiliki 6 fitur rahasia? 6 fitur ini sangat jarang sekali digunakan, terutama oleh para pengguna android di indonesia.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mencari Game Offline di Google Play

6 Tips Google Play yang Wajib Kamu Coba di Android

google play
Google Play

Tips Google Play ini bisa kamu terapkan di HP Android apapun. Yang penting HP Android kamu menggunakan android sebagai sistem operasinya. Entah itu HP Xiaomi, Samsung, acer, asus, dan merk lainnya.

1. Melihat Daftar Aplikasi Terinstall

Tips Google Play yang pertama adalah melihat daftar aplikasi yang terpasang. Kamu bisa melihat daftar aplikasi terpasang dengan mudah menggunakan Google Play.

Untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang sih HP Android kamu ketahui Google Play, ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka menu Google Play > Aplikasi dan game saya

Nah, dari menu inilah kamu bisa melihat seluruh aplikasi yang lalu install melalui Google Play.

2. Aktifkan Fitur Parental Control

Tips kedua yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Parental Control. Jika kamu punya anak atau adik yang sering meminjam HP Android kamu, maka fitur ini wajib kamu aktifkan. Pasalnya, dengan fitur ini kamu bisa membatasi anak agar tidak bisa download aplikasi sembarangan di Google Play.

Untuk mengaktifkan Parental Control, silahkan ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka Google Play > Kontrol orang tua > Aktifkan

3. Nonaktifkan Update Otomatis

Para pengembang aplikasi secara rutin mempengaruhi aplikasi mereka melalui Google Play. Hampir setiap minggu sebuah aplikasi atau game mendapatkan update.

Jika kamu adalah orang yang miskin kuota, maka update otomatis adalah ide yang buruk. Karenanya kamu perlu menonaktifkan update otomatis yang ditawarkan oleh Google Play. Dengan begitu tidak akan ada luka internet yang terbuang untuk melakukan update.

Untuk menonaktifkan update otomatis di Google Play, caranya sangat mudah. Kamu bisa ikuti caranya dibawah ini:

  • Buka Google Play > Setelan > Update aplikasi otomatis > Jangan update aplikasi secara otomatis

Slesai. Mulai sekarang Google Play tidak akan pernah melakukan update aplikasi secara otomatis. Dengan begitu kamu bisa menghemat kuota internet.

Tapi tenang aja, kamu masih bisa mengupdate aplikasi secara manual.

4. Mencegah Aplikasi Membuat Ikon Di Home Screen

Setiap kali kamu selesai menginstall aplikasi dari Google Play, maka akan muncul ikon aplikasi di home screen. Bagi sebagian orang yang suka “kebersihan” seperti saya, terlalu banyak ikon aplikasi di home screen akan cukup meresahkan.

Jika kamu adalah tipe orang yang suka dengan home screen yang bersih, maka ada baiknya kamu mencegah agar aplikasi tidak membuat ikon di home screen setiap kali selesai mengunduh dari Google Play.

Berikut ini adalah cara mencegah aplikasi membuat ikon di home screen:

  • Buka Google Play > Setelan > Hapus centang “Tambahkan ikon ke layar utama”

5. Menambahkan Opsi Pembayaran

Selain ada aplikasi dan game yang bisa kamu download secara gratis, di Google Play juga tersedia banyak sekali aplikasi dan game berbayar. Aplikasi dan game berbayar ini bisa kamu dapatkan dengan beberapa metode pembayaran.

Contohnya adalah menggunakan kartu kredit ataupun sistem potong pulsa.

Nah, untuk mengatur metode pembayaran yang ingin kamu gunakan saat melakukan pembelian aplikasi, kamu bisa mengatur nya langsung dari aplikasi Google Play. Caranya bisa kamu lihat sepeti fondasi ini:

  • Buka Google Play > Akun > Metode pembayaran > Lalu pilih metode pembayaran yang ingin kamu

6. Menyimpan aplikasi ke daftar keinginan untuk di download nanti

Ketika sedang mencari aplikasi dan game untuk di download, kamu mungkin ingin mendownload aplikasi tapi tidak bisa di download sekarang. Tapi tenang saja, Google Play punya fitur untuk menyimpan aplikasi ke daftar keinginan atau whislist.

Fitur ini berguna untuk menyimpan afiliasi ke daftar khusus agar kamu tidak lupa. Untuk menyimpan aplikasi ke whislist, ikuti caranya dibawah ini:

1. Buka Google Play, kemudian cari aplikasi yang kamu inginkan

2. Setelah itu sentuh tanda tambah yang ada di samping kanan nama aplikasi

3. Secara otomatis aplikasi akan tersimpan ke whislist

Untuk melihat daftar aplikasi yang kamu simpan di whislist, kamu bisa melihatnya pada menu whislist di Google Play.

Itu dia 6 tips yang patut kamu coba ketika menggunakan Google Play di HP Android. Dengan menggunakan 6 tips diatas, kamu bisa lebih produktif dan maksimal.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar