DuckDuckGo Browser: Simpel dengan Fitur Keamanan

Beberapa hari lalu, saya seperti biasa iseng menjelajah Google Play untuk mencari aplikasi-aplikasi baru yang belum pernah saya coba. Kebetulan saat itu muncul nama DuckDuckGo Browser.

Untuk kalian yang sudah familiar dengan DuckDuckGo, ini adalah mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo, namun bedanya DuckDuckGo lebih menghargai privasi kalian. Semua kata kunci yang kalian cari di DuckDuckGo tidak akan disimpan.

Karena sudah sering menggunakan DuckDuckGo untuk mencari sesuatu, saya pun tertarik untuk mencoba browser buatan mereka ini.

Baca juga: Apa itu DuckDuckGo dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Tampilan DuckDuckGo Browser

Secara tampilan, DuckDuckGo Browser untuk Android mengusung desain minimalis. Sehingga tidak banyak elemen yang tidak perlu.

Ini memberikan kita kemudahan dalam menggunakannya. Kita dapat fokus menjelajah situs yang kita inginkan tanpa terganggu dengan elemen-elemen tampilan browser yang tidak perlu.

Browser ini berbasis Chromium, jadi tampilannya sedikit banyak masih memiliki kemiripan dengan Google Chrome yang biasa kalian gunakan. Namun tanpa fitur-fitur bawaan Google.

Disamping kanan kolom url ada dua tombol yang menarik perhatian, yaitu tombol ranking website serta tombol forget.

Tombol ranking berfungsi untuk memberikan nilai privasi dari situs yang sedang Sobat Androbuntu kunjungi. A artinya bagus, B artinya rata-rata dan C artinya jelek.

Sedangkan tombol forget berlogo api berfungsi untuk menghapus riwayat browsing dan cache dengan cepat.

Fitur-fitur DuckDuckGo Browser untuk Android

Karena ini adalah browser buatan DuckDuckGo, maka tentu mesin pencari default yang digunakan adalah DuckDuckGo. Ini sangat cocok untuk kalian yang sering menggunakan DuckDuckGo untuk mencari situs atau informasi apapun di internet.

Namun tentu saja mesin pencari di browser ini dapat kalian ubah menjadi Bing, Google atau Yahoo jika kalian menginginkannya.

Ada juga fitur untuk mendeteksi pelacak dan iklan di situs-situs yang kita kunjungi. Selain mendeteksi, DuckDuckGo Browser juga akan memblokirnya jika memang memungkinkan.

Cocok untuk Sobat Androbuntu yang tidak ingin semua kegiatan browsing-nya direkam oleh perusahaan-perusahaan internet.

Dan fitur favorit saya di browser ini adalah fitur perlindungan email. Fitur ini sangat berguna untuk kalian yang sering mendaftar akun di situs atau aplikasi random.

Jadi secara garis besar cara kerja fitur ini ialah dengan memproteksi alamat email utama kalian. DuckDuckGo akan memberikan alamat email dengan akhiran duck.com.

Sebagai contoh, alamat email utama saya adalah [email protected]. Kemudian DuckDuckGo akan memberikan saya alamat email [email protected].

Semua email yang masuk ke alamat email Duck akan diteruskan ke alamat email utama kita. Dengan begitu situs tempat kita mendaftar akun tidak tahu alamat email utama kita.

Jika suatu saat situs tersebut di hack dan alamat email Duck kita bocor, maka alamat email utama kita akan tetap aman. Menarik bukan?

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar