Cara Install NoxPlayer di PC (Panduan Lengkap)

NoxPlayer adalah salah satu emulator Android terbaik yang tersedia saat ini. Selain ringan, NoxPlayer juga memiliki fitur yang sangat lengkap yang memudahkan kita untuk menjalankan game dan aplikasi Android di PC.

Jika Sobat Androbuntu hobi bermain game dan ingin memainkannya di PC atau laptop kalian, maka menggunakan NoxPlayer merupakan pilihan yang tepat. Tidak hanya itu, NoxPlayer juga cocok untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi-aplikasi Android di laptop kalian.

Di artikel kali ini, saya akan memberikan tahapan langkah demi langkah untuk memasang NoxPlayer di PC ataupun laptop kalian. Silahkan ikuti langkah-langkah ini dengan seksama.

Baca juga: Cara Root NoxPlayer

Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan NoxPlayer

NoxPlayer saat ini tersedia untuk dua sistem operasi, yaitu Windows dan macOS. Versi Windows yang didukung adalah Windows 7, 8, 8.1, 10, 11 dan 12. Sedangkan untuk pengguna macOS, kalian harus menggunakan macOS versi terbaru.

Aplikasi emulator seperti NoxPlayer merupakan aplikasi yang cukup berat untuk dijalankan, karenanya pastikan komputer kamu cukup kuat untuk menjalankannya. Berikut ini adalah spesifikasi minimum agar NoxPlayer dapat berjalan dengan lancar di komputer kamu:

  • Minimum RAM 4GB (lebih tinggi lebih baik)
  • Prosesor 2.2 Ghz atau lebih tinggi
  • Kartu grafis 1GB atau lebih tinggi
  • Intel Core i3 atau lebih baru

Jika komputer kamu memiliki spesifikasi sama dengan atau lebih dari spesifikasi diatas, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini. Jika komputer kalian spesifikasinya lebih rendah tapi kalian tetap ingin mencobanya, silahkan saja.

Cara Install NoxPlayer di Komputer

  1. Pertama kamu harus mengunduh NoxPlayer versi terbaru di website resminya. Klik tombol download pada website NoxPlayer. Tersedia 2 versi yang bisa kamu download yaitu offline installer dan online installer. Pilih yang kamu inginkan.
Cara Install Nox App Player Di Komputer
  1. Setelah proses download selesai, klik dua kali pada file NoxPlayer tersebut. Sama seperti ketika ingin menginstall aplikasi lainnya.
  2. Centang pernyataan “I have read and accept the Nox License Agreement”. Kemudian klik Install.
Cara Install Nox App Player Di Komputer

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika Nox kamu berhenti di angka 99%, maka kamu bisa menonaktifkan antivirus dan memulai proses instalasi kembali. Kamu bisa membaca selengkapnya di artikel cara mengatasi Nox berhenti di 99%.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

5. Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses selanjutnya.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

6. Kemudian NoxPlayer akan mulai berjalan dan kamu bisa menjelajahi fitur-fitur uniknya.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

7. Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot dibawah ini, tampilan NoxPlayer akan sangat familiar karena terlihat seperti tampilan ponsel / tablet Android. Ada beberapa aplikasi bawaan seperti Google Play Store, File Manager, Settings, Play Games, browser, dan lain-lain.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

8. Untuk mengunduh aplikasi dan game, klik ikon Google Play Store. Kemudian Sobat Androbuntu akan diminta untuk masuk ke akun Google. Kalian dapat menggunakan akun yang sudah ada atau membuat akun baru.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

9. Jika kamu ingin login menggunakan akun yang sudah ada, klik tombol Existing. Kemudian masukkan alamat email dan password Gmail kamu. Jika ada pesan Term of Service, klik OK saja.

Cara Install Nox App Player Di Komputer
  1. Selesai. Sekarang kamu bisa mulai mengunduh aplikasi dan game dari Google Play. Termasuk Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire dan game populer lainnya. Untuk cara setting Mobile Legends di NoxPlayer kamu bisa membaca artikel sebelumnya yang pernah saya tulis di Androbuntu.

Cara Setting NoxPlayer Agar Nyaman Digunakan

Sama seperti aplikasi lainnya, NoxPlayer juga memiliki pengaturan yang bisa disesuaikan agar lebih nyaman digunakan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti tutorial dibawah untuk menyesuaikan pegnaturan NoxPlayer:

  1. Sentuh ikon gear di pojok kanan atas untuk masuk ke menu Setting.
Cara Install Nox App Player Di Komputer

2. Kemudian pada menu Setting pilih tab General untuk mengakses beberapa pengaturan utama.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

3. Di tab Advance, kamu bisa mendapatkan pengaturan tingkat lanjut untuk mengatur performa NoxPlayer. Kamu bisa memilih performa Low, Mid, Hight atau sesuai selera kamu.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

4. Di tab Property, kamu bsia mengubah tampilan NoxPlayer sesuai keinginan kamu. Ada 3 tampilan yang bisa kamu pilih, yaitu smartphone, tablet, dan kustom. Kamu juga bisa memasukkan IMEI dan nomor ponsel pribadi kamu agar lebih terasa seperti HP Android asli.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

5. Pada tab Interface, kamu bisa mengatur tampilan NoxPlayer lebih jauh lagi. Kamu bisa mengubah tampilannya dari tab ini.

Cara Install Nox App Player Di Komputer

Setelah semua pengaturan sudah kamu ubah, selanjutnya klik Save Setting dan Nox akan meminta kamu untuk melakukan restart emulator. Klik tombol Restart now.

Itu dia panduan lengkap cara install NoxPlayer dikomputer. Dengan mengikuti panduan diatas, kamu bisa menggunakan NoxPlayer dengan lancar di komputer.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari