Kabar Gembira Bagi Blogger: Google Menghapus Fitur “View Images”

google view image

Kita semua tentu pasti tahu dengan fitur pencarian gambar di Google. Pencarian gambar adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan di Google selain pencarian website.

Seperti yang kita ketahui, di hasil pencarian gambar Google ada fitur yang namanya tombol “View Images”. Tombol tersebut berguna untuk melihat gambar.

Dan beberapa kemarin (16 Februari 2017), melalui akun Twitter resminya, Google mengumumkan bahwa mereka telah menghapu fitur tersebut.

Ko bisa?

Usut punya usut, fitur tersebut memang sangat berguna bagi para pengguna. Tapi, di lain sisi banyak orang merasa dirugikan. Mulai dari blogger, hingga fotografer.

Banyak sekali pelanggaran hak cipta terjadi karena fitur tersebut. Orang bisa mengambil foto dengan mudahnya melalui fitur tersebut.

Akhirnya setelah bertahun-tahun, Google mengindahkan kecaman dari para fotografer. Ya, ini adalah salah satu upaya Google untuk melindungi hak cipta fotografer.

Baca juga:

Berikut ini adalah kutipan dari Twitter milik Google:

Google Menghapus Fitur “View Images”

Dengan adanya fitur ini, nantinya kita tidak bisa menyimpan gambar dengan cara mengunjungi sumber gambar.

Melainkan kita harus mengunjungi website pemilik/sumber gambar. Dari situlah kita bisa melihat ataau menyimpan (jika memungkinkan) langsung dari website.

Sebagai seorang blogger, saya sendiri sangat senang dengan penghapusan fitur ini.

Karena secara tidak langsung, dengan penghapusan fitur tersebut akan meningkatkan traffic para pemilik website dan blog.

Karena dulu jika orang ingin menyimpan gambar dari hasil pencarian Google, orang bisa menyimpannya tanpa mengunjungi website atau blog pemilik gambar tersebut.

Dan sekarang fitur tombol “View Image” telah dihapus dan digantikan dengan tombol “Visit”. Mau tidak mau para pengguna harus mengunjungi website pemilik gambar untuk melihat gambar tersebut.

Lumayan, tambahan traffic untuk kita-kita para blogger.

Gimana dengan klik kanan + save? Pengguna bisa saja melakukan hal tersebut. Tapi, mereka akan mendapatkan gambar blur.

Karena sebenarnya gambar yang tampil di hasil pencarian hanyalah gambar thumbnail atau cuplikan.

Jadi, sekali lagi, pengguna mau tidak mau harus klik tombol “Visit” dan mengunjungi website pemilik gambar untuk melihat gambar yang dia inginkan.

Good job, Google.