Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di HP Xiaomi

Pernahkah kalian bertanya-tanya berapa jumlah data internet yang kamu gunakan di HP Xiaomi kamu selama satu bulan?

Atau apakah kamu pernah penasaran berapa paket internet yang digunakan oleh sebuah aplikasi dan game yang ada di HP Xiaomi kamu?

Jika kalian menggunakan HP Android merk lain, kalian harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yang harus di unduh dari Google Play Store.

Tapi jika kamu menggunakan HP Xiaomi, kamu bisa menghitung penggunaan data internet tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Karena di semua HP Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang bisa kamu gunakan untuk menghitung atau mengetahui penggunaan data yang telah kamu gunakan.

Tapi sebelumnya, pastikan bahwa HP Xiaomi kamu menggunakan MIUI.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di HP Xiaomi

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet di HP Xiaomi

Satu hal yang perlu diingat, cara ini bisa dilakukan pada semua tipe HP Xiaomi, mulai dari Mi4i, Redmi Note, Redmi 5A, dan masih banyak lagi. Yang terpenting HP Xiaomi kamu sudah menggunakan MIUI 8 atau yang lebih baru.

1. Buka aplikasi “Keamanan” di HP Xiaomi kamu, lalu pilih opsi “Penggunaan data”.

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet Di Smartphone Xiaomi

2. Selanjutnya pilih “Statistik penggunaan data”.

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet Di Smartphone Xiaomi

3. Di bagian atas menu, akan ada beberapa opsi untuk melihat penggunaan data internet berdasarkan hari atau bulan. Disini saya akan melihat berdasarkan bulan ini.

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet Di Smartphone Xiaomi

4. Kemudian akan tampil jumlah penggunaan data berdasarkan bulan ini. Juga akan ditampilkan rincian lengkapnya berdasarkan aplikasi yang menggunakan internet.

Cara Mengetahui Penggunaan Data Internet Di Smartphone Xiaomi

Dengan mengetahui jumlah penggunaan data internet ini, kamu bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data internet kamu.

Seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot diatas, bahkan “Hotspot seluler” juga masuk hitungan. Jadi, kamu bisa mengetahui seberapa banyak kamu menggunakan internet untuk hotspot.

Ada juga deretan game online yang menggunakan internet. Lengkap dengan jumlah data yang telah digunakan oleh game tersebut.

Intinya semua aplikasi, game dan fitur HP Xiaomi yang menggunakan internet akan terlacak penggunaannya disini.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari