Cara Mengetahui Versi MIUI di HP Xiaomi

Setiap tahun Xiaomi selalu memperbarui MIUI. MIUI sendiri adalah antarmuka yang dikembangkan khusus untuk semua HP Xiaomi.

Kamu yang menggunakan HP Xiaomi pasti sudah tidak asing lagi dengan antarmuka ini. Bahkan MIUI merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak orang memilih HP Xiaomi dibandingkan HP Android dari pabrikan lain.

MIUI membuat HP Xiaomi memiliki tampilan yang indah serta membawa banyak fitur tambahan yang tidak ada di Android versi asli.

Seperti yang sudah saya katakan di awal, Xiaomi selalu memperbarui MIUI setiap tahunnya. Apakah kamu tahu berapa versi MIUI yang ada di HP Xiaomi kamu?

Mengetahui versi MIUI sangat penting, dengan begitu kamu bisa memutuskan untuk melakukan pembaruan atau tidak. Misal jika kamu menggunakan MIUI 11, padahal saat ini MIUI 12 sudah tersedia, maka kamu bisa langsung melakukan pembaruan (jika perangkat kamu mendukungnya).

Dengan mengetahui versi MIUI di HP kamu, itu artinya Sobat Androbuntu juga akan mengetahui fitur-fitur apa saja yang tersedia. Karena tidak semua fitur ada di semua versi MIUI.

MIUI versi terbaru cenderung memiliki fitur-fitur terbaru, sedangkan MIUI versi lama biasanya fiturnya lebih sedikit. Tertarik untuk mengetahui versi yang kamu gunakan? Langsung ikuti panduannya dibawah ini.

Advertisements
Baca juga: Pengertian MIUI, Sejarah dan Daftar Versinya

Cara Mengetahui Versi MIUI di HP Xiaomi

Berikut ini adalah cara mengetahui versi MIUI yang digunakan pada HP Xiaomi kamu:

1. Pertama masuk ke menu “Setelan” kemudian pilih opsi “Tentang ponsel”.

Cara Mengetahui Versi MIUI yang Digunakan Smartphone Kamu

3. Kemudian dari sini kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai HP Xiaomi yang kamu gunakan. Mulai dari nomor model, versi Android, hingga versi MIUI yang kamu gunakan.

Cara Mengetahui Versi MIUI yang Digunakan Smartphone Kamu

4. Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan membuka aplikasi “Update” atau “Pembaruan”. Dari aplikasi ini kamu bisa melihat versi MIUI yang sedang kamu gunakan. Terlihat seperti dibawah ini.

Cara Mengetahui Versi MIUI yang Digunakan Smartphone Kamu

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang kamu jadi tahu versi berapa MIUI yang kamu gunakan.

Cara ini bisa digunakan untuk semua tipe HP Xiaomi. Mulai dari Xiaomi Mi4i, Redmi Note, Redmi 1S, dan masih banyak lagi.

Mengapa versi MIUI yang saya gunakan berbeda dengan orang lain padahal tipe HP sama?

Advertisements

Kemungkinannya yaitu kamu belum melakukan update MIUI. Coba cek aplikasi Pembaruan, jika ada informasi untuk melakukan update, kamu bisa langsung update.

Pastikan kamu sudah terhubung dengan internet dan sumber daya. Karena melakukan update MIUI biasanya membutuhkan paket data yang cukup besar.

Mengapa HP Xiaomi saya tidak mendapatkan MIUI versi terbaru?

Bisa jadi HP Xiaomi kamu sudah di root. Dengan melakukna root, kita memang memiliki kebebasan lebih untuk memodifikasi sistem HP Xiaomi.

Namun ada harga yang harus dibayar untuk itu, beberapa diantaranya yaitu kamu akan kehilangan garansi dan juga tidak mendapatkan update MIUI.

Kemungkinan lain mengapa HP Xiaomi kamu tidak mendapatkan update ke MIUI versi terbaru ialah karena memang perangkat kamu tidak di dukung. Kamu bisa baca pembahasan lengkap mengenai hal tersebut disini.

Terakhir diperbarui pada 31 Mei 2021.

Advertisements

Pemikir, cowok rumahan.