Cara Paling Mudah Ekstrak File Zip Dan Rar Di Smartphone Xiaomi

smartphone xiaomi 4g

Ketika menggunakan komputer atau laptop, kita mungkin bisa dengan mudahnya mengekstrak file ZIP atau RAR. Karena memang sudah ada software khusus seperti Winrar, 7Zip, atau semacamnya.

Tapi, bagaimana dengan di Android? Adakah aplikasi khusus untuk mengekstrak file ZIP dan RAR?

Tentu saja ada. Di Android juga ada aplikasi Winrar yang berguna untuk membuka file ZIP atau RAR.

Tapi untuk kamu para pengguna smartphone Xiaomi, sebenarnya kamu tidak perlu install aplikasi ketiga hanya untuk mengekstrak file ZIP atau RAR.

Itu karena File Manager bawaan MIUI sudah dilengkapi dengan fitur untuk membuka file ZIP dan RAR.

Tentu ini menjadi kelebihan tersendiri bagi smartphone Xiaomi. Karena kamu tidak perlu install aplikasi tambahan untuk mengekstrak file ZIP dan RAR, jadi bisa menghemat penyimpanan internal.

Baca juga:

Cara Ekstrak File Zip Dan Rar Di Smartphone Xiaomi

Sebelum mengekstrak file di Android dengan cara ini, pastikan bahwa kamu menggunakan File Manager bawaan MIUI ya. Tapi gimana kalau smartphone kamu bukan smartphone Xiaomi?

Tenang saja. Kamu masih bisa menggunakan File Manager MIUI, kamu bisa mendownloadnya di Google Play.

Jika sudah, ikuti langkah-langkah cara ekstrak file zip dan rar di smartphone Android berikut ini:

1. Pertama, buka aplikasi File Manager bawaan MIUI. Pastikan bahwa kamu menggunakna File Manager versi terbaru ya. Kemudian masuk ke folder tempat kamu menyimpan file ZIP atau RAR yang ingin kamu ekstrak. Kemudian sentuh file tersebut, lalu pilih opsi “Ekstrak di sini” untuk mengekstrak file tersebut.

Cara Ekstrak File Zip Dan Rar Di Smartphone Xiaomi

2. Selanjutnya File Manager akan mulai mengekstrak file ZIP atau RAR yang kamu pilih. Lamanya proses ekstrak biasanya tergantung dari besarnya ukuran file. Jadi tunggu saja ya. Berikut ini adalah folder yang saya ekstrak di smartphone Xiaomi kesayangan saya.

Cara Ekstrak File Zip Dan Rar Di Smartphone Xiaomi

3. Selesai. Sekarang kamu bisa menikmati file yang sudah kamu ekstrak. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan

Nah, itu dia tadi cara ekstrak file zip Android tanpa aplikasi. Tepatnya di smartphone Xiaomi menggunakan File Manager bawaan MIUI.

Cara diatas bisa kamu lakukan untuk mengekstrak file ZIP ataupun RAR dengan mudah. Karena hanya memanfaatkan File Manager bawaan saja.

Jika kamu memiliki smartphone Xiaomi, mulai dari Mi4i, Redmi Note, Redmi 1S, dan masih banyak lagi, maka kamu bisa menggunakan cara diatas. Selamat mencoba.