Cara Menonaktifkan Notifikasi Dari Grup WhatsApp

Berapa banyak grup WhatsApp yang Sobat Androbuntu ikuti? 1, 2, 3 atau bahkan 10? Saya yakin setidaknya kamu mengikuti 1 grup di WhatsApp kamu.

Terlebih lagi jika kamu adalah orang yang memiliki pergaulan yang cukup luas dan senang bergaul. Kamu bisa memiliki grup dari banyak lingkaran pertemanan, mulai dari grup alumni SD, SMP, SMA, Universitas, hingga grup dari komunitas yang kamu ikuti.

Mengikuti banyak grup (terutama yang bermanfaat) memang menyenangkan. Kita dapat mengenal dan berinteraksi dengan banyak orang. Namun ada kalanya notifikasi dari grup-grup WhatsApp yang kita ikuti jadi cukup mengganggu.

Contohnya adalah ketika terlalu banyak anggota grup yang melakukan chat secara bersamaan dalam satu grup. Belum lagi jika grup yang kamu ikuti cukup banyak.

Itu akan membuat HP kamu menjadi kebanjiran notifikasi. Selain bising, juga berpotensi membuat boros HP kamu karena sellau mengunduh informasi dari WhatsApp dan terus mengeluarkan suara notifikasi.

Notifikasi yang datang terus menerus dari grup WhatsApp sebenarnya dapat diatasi dengan dua cara.

Pertama, kamu keluar dari grup tersebut. Namun cara ini tidak saya rekomendasikan jika kamu masih memiliki ketertarikan terhadap grup WhatsApp yang kamu ikuti. Apalagi jika itu adalah grup keluarga, maka akan sangat tidak sopan jika kamu meninggalkannya.

Karenanya, ada opsi kedua yang jauh lebih aman dan elegan, yaitu dengan cara menonaktifkan notifikasi dari sebuah grup WhatsApp yang kamu ikuti. Orang-orang yang tergabung dalam grup tersebut tidak akan tahu kita melakukan ini. Jadi aman.

Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti ulasan Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending

Cara Menonaktifkan Notifikasi Grup WhatsApp

Cara ini bisa kamu lakukan untuk semua aplikasi WhatsApp, baik untuk HP Android maupun iPhone. Yang terpenting adalah WhatsApp yang kamu gunakan merupakan versi terbaru.

Jika belum yakin apakah kamu menggunakan WhatsApp versi terbaru atau masih menggunakan versi lama, silahkan perbarui terlebih dahulu di Play Store atau App Store.

Langsung saja, berikut ini adalah cara menonaktifkan notifikasi dari grup WhatsApp:

1. Pertama, masuk ke grup WhatsApp yang ingin kamu nonaktifkan atau bisukan notifikasinya.

2. Kemudian sentuh tanda titik tiga yang ada dikanan atas aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi “Bisukan notifikasi”.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Dari Grup WhatsApp

3. Kemudian pilih jangka waktu yang kamu inginkan, berapa lama kamu ingin membisukan notifikasi dari grup WhatsApp tersebut? Total ada tiga pilihan waktu yang bisa kamu pilih, yaitu: 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Setelah kamu pilih, kemudian sentuh tombol “OKE”.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Dari Grup WhatsApp

4. Selesai. Sekarang, setiap kali ada anggota di grup tersebut yang mengirim pesan, notifikasinya tidak akan muncuk di smartphone kamu. Tapi, kamu masih bisa membaca pesan-pesan yang dikirim oleh anggota grup tersebut ko. Jadi aman.

Jika kamu perhatikan screenshot pada langkah terakhir, ada opsi untuk Tampilkan notifikasi. Jika opsi ini dibiarkan, maka tetap akan ada pemberitahuan yang muncul di bilah notifikasi, hanya saja tidak mengeluarkan bunyi.

Jika pilihan tersebut diaktifkan, grup benar-benar tidak akan menampilkan pemberitahuan, baik bunyi ataupun teks di bilah notifikasi. Kamu dapat mengaktifkan pilihan tersebut jika benar-benar tidak ingin menerima notifikasi apa pun dari grup tersebut.

Catatan: kamu akan tetap mendapatkan notifikasi dari grup walaupun sudah menonaktifkan notifikasinya jika ada yang me-mention nama kamu di grup.

Kesimpulan

Itu dia cara menonaktifkan notifikasi grup WhatsApp, sangat mudah bukan? Dengan cara diatas, kamu tidak perlu merasa terganggu dengan notifikasi-notifikasi pesan yang dikirimkan oleh anggota grup yang lain.

Cara ini juga bisa jadi opsi terbaik untuk kamu yang sungkan untuk keluar grup. Alih-alih keluar grup, lebih baik dibisukan saja notifikasinya.

Terakhir diperbarui pada 31 Mei 2021.

Pemikir, cowok rumahan.