Cara Mengaktifkan Screen Saver fi Android

Screen saver adalah gambar, foto, latar belakang, jam, atau lainnya yang akan ditampilkan ketika HP Android kamu sedang di isi baterainya.

Secara garis besar fungsi dari screen saver adalah untuk membuat tampilan layar HP Android jadi lebih menarik saat di cas.

Screen saver merupakan fitur bawaan Android, jadi semua HP yang berbasis Android memiliki fitur ini. Hanya saja di beberapa merk dan tipe HP, harus diaktifkan secara manual.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba bagaimana rasanya menggunakan screen saver di Android, bisa mengikuti cara dibawah ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Wallpaper Terbaik untuk Android

Cara Mengaktifkan Screen Saver di Android

Cara ini bisa kamu ikuti di berbagai merk HP Android. Mulai dari Xiaomi, Advan, Asus, Acer, LG, Huawei, Samsung, Sony, Oppo, dan masih banyak lagi.

Yang terpenting HP kamu adalah HP berbasis Android.

Ok, langsung saja, berikut ini adalah cara mengaktifkan atau menonaktifkan screen saver di Android:

1. Pertama buka menu Setelan di HP Android kamu, kemudian pilih opsi “Tampilan”.

Cara Mengaktifkan Screen Saver Di Android

2. Setelah itu gulir ke bawah dan pilih opsi “Screen saver”. Jika belum pernah diaktifkan, kamu akan melihat bahwa screen saver dalam kondisi mati (nonaktif).

Cara Mengaktifkan Screen Saver Di Android

3. Kemudian aktifkan screen saver dengan cara menggeser slider ke kanan. Kemudian ada 6 pilihan yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai screen saver, yaitu Jam, Bingkai Foto, Foto, Tabel Foto, dan Warna. Jumlah pilihan mungkin akan berbeda tergantung merk dan tipe HP Android yang Sobat Androbuntu gunakan. Pilihlah mana yang ingin kamu jadikan sebagai screen saver.

Cara Mengaktifkan Screen Saver Di Android

4. Nah, sekarang screen saver kamu sudah diaktifkan. Screen saver biasanya akan muncuk ketika HP Android kamu di cas. Jadi akan ada sesuatu yang dilihat di layar kamu, entah itu jam, bingkai foto, ataupun warna-warna.

5. Sedangkan untuk menonaktifkannya, kamu hanya perlu menggeser slider tersebut ke kiri lagi. Secara otomatis maka screen saver tidak akan ditampilkan lagi.

Kelebihan Mengaktifkan Screen Saver

Dengan mengaktifkan screen saver, maka tampilan layar HP Android kamu akan jadi lebih menarik saat di cas. Ini sangat cocok diaktifkan ketika kamu mengisi daya HP Android, lalu meletakannya di meja kerja kamu.

Jadi dengan begitu HP Android kamu bisa menjadi semacam ornamen penghias meja saat di cas. Jika memilih screen saver jam, kamu juga jadi dapat memantau waktu.

Kekurangan Mengaktifkan Screen Saver

Screen saver membuat layar tetap menyala selama HP Android di cas. Itu berarti, akan memakan daya yang cukup signifikan.

Jika HP Android kamu sudah berusia di atas 2 tahun, mungkin kesehatan baterai perangkat kamu mulai menurun.

Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai sampai penuh menjadi lebih lama dari biasanya.

Jika HP Android kamu sudah lebih dari 2 tahun usianya, maka saya tidak menyarankan untuk mengaktifkan fitur screen saver.

Lebih baik dinonaktifkan saja agar setiap kali mengisi daya, baterai HP Android kamu jadi lebih cepat penuh.

Nah, itu dia tadi cara mengaktifkan dan menonaktifkan screen saver.

Dengan mengaktifkan fitur ini, layar HP Android kamu akan menampilkan gambar yang menarik ketika di cas.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari