Cara Membuat Swipe Up Link di Instagram Story

Sesekali kamu pasti pernah melihat story dari sebuah akun Instagram yang ada tulisan swipe up. Kemudian ketika di swipe ke atas, Instagram akan membuka sebuah link website.

Sebenarnya ini adalah fitur lama yang sudah ada di Instagram, namanya swipe up link. Namun tidak semua akun bisa menggunakan fitur IG yang satu ini.

Fitur ini hanya bisa digunakan oleh akun bisnis yang sudah memiliki follower lebih dari 10 ribu. Jika akun kamu hanya akun personal, kamu tidak bisa menggunakan fitur ini.

Kalaupun akun kamu sudah beralih ke akun bisnis tapi followernya masih 9.999, kamu juga belum bisa menggunakan fitur ini. Jadi, pastikan akun bisnis kamu sudah memiliki lebih dari 10k follower ya.

Fitur Instagram yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang sedang ingin mempromosikan web ataupun blog. Jika kamu adalah seorang blogger, tentu ini bisa jadi salah satu alat untuk mempromosikan konten blog.

Apalagi kalau akun Instagram kamu punya banyak follower, maka blog kamu juga akan kebanjiran traffic. Lumayan ‘kan? Tapi 2 syarat utama harus kamu penuhi dulu sebelum menggunakan fitur swipe up link ini, yaitu menggunakan akun bisnis dan juga follower yang sudah lebih dari 10k.

Kalau semua syarat sudah terpenuhi, berikut ini adalah cara menggunakan fitur swipe up link di Instagram:

Cara Membuat Swipe Up Link di Instagram Story

1. Buka aplikasi Instagram, kemudian sentuh profil kamu untuk membuat sebuah story.

2. Ambil foto, video, atau gunakan yang sudah ada di galeri.

3. Setelah itu sentuh ikon rantai untuk menambahkan link, terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Swipe Up Link Di Instagram Story

4. Masukkan tautan yang kamu inginkan, contohnya adalah https://androbuntu.com/

5. Kamu juga bisa menambahkan kata-kata menggoda agar follower kamu tertarik untuk melakukan swipe up. Contoh kalimat penggodanya antara lain “geser ke atas untuk info selengkapnya”. Silahkan berkreasi.

6. Setelah itu publish story tersebut agar semua orang bisa melihatnya.

Cara Mengubah Profil Instagram Pribadi Menjadi Bisnis

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa salah satu syarat untuk dapat menggunakan fitur swip up link di Instagram Story adalah profil kamu harus sudah diubah menjadi profil bisnis.

Profil bisnis memiliki banyak kelebihan, terutama dari segi fitur. Ada banyak fitur tambahan yang tidak ada di Instagram profil pribadi.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mengubah IG pribadi menjadi bisnis, ikuti tutorial dibawah ini:

1. Buka aplikasi Instagram kamu, lalu masuk ke tab profil. Klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

2. Setelah masuk ke menu Pengaturan Instagram, kamu akan menemukan ada banyak sekali pilihan. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan pilihan Beralih ke profil bisnis.

3. Nanti kamu akan diminta untuk menghubungkan akun IG dengan Facebook. Tapi ini hanya opsional, silahkan dilewati jika kamu tidak punya FB.

4. Kamu juga akan diminta untuk memilih kategori profil kamu itu apa. Misalnya website, perusahaan media, artis, atau yang lainnya. Silahkan pilih yang paling relevan menurut kamu.

5. Silahkan lanjutkan prosesnya hingga selesai. Setelah selesai, maka akun IG kamu akan berubah menjadi akun bisnis dan bisa menggunakan fitur swipe up link Instagram.

Tips Mendapatkan 10.000 Follower Instagram

Walaupun akun IG kamu sudah diubah ke akun bisnis, tapi kamu tidak akan bisa menggunakan fitur swip up link jika belum punya follower 10k atau lebih.

Untuk sebagian dari kamu, mendapatkan 10 ribu follower adalah hal yang sulit dan melelahkan.

Oleh karena itu kamu butuh strategi, jangan main Instagram seperti orang lain yang hanya sekedar upload foto dan video tanpa melakukan optimasi.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk mendapatkan 10 ribu follower di Instagram:

1. Buat Informasi Profil yang Menarik dan Profesional

Profil adalah salah satu daya tarik utama dari sebuah akun Instagram. Jika profilnya menarik dan terlihat profesional, maka peluang untuk di follow orang juga lebih besar.

Berbeda dengan artis, mereka mau buat profil yang biasa-biasa saja juga followernya sudah pasti banyak karena mereka sudah punya basis penggemar yang banyak juga.

Berbeda dengan Sobat Androbuntu yang bukan artis, maka profil IG nya harus dioptimasi.

Bagaimana caranya? Setidaknya ada 3 komponen utama yang perlu diperhatikan agar profil Instagram jadi menarik, yaitu foto profil, nama, username dan bio.

Untuk foto profil, gunakanlah yang paling bagus yang ada di galeri kamu. Sedangkan untuk nama, gunakan nama asli atau nama bisnis yang kamu geluti.

Untuk username, usahakan gunakan nama asli, singkat dan padat. Bio bisa kamu manfaatkan untuk menuliskan hal-hal penting dan menarik tentang kamu.

2. Buat Konten yang Menarik dan Berpotensi Viral

Ada pepatah di internet yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Maksudnya, sebagus apapun profil yang kita buat, tapi kalau kontennya tidak bagus ya percuma saja.

Jika kamu ingin mendapatkan banyak follower di Instagram, maka syaratnya kamu harus punya konten yang menarik. Konten menarik membuat pengguna Instagram lain menyukai kita dan menunggu karya-karya berikutnya.

Karenanya mereka akan memfollow kita agar selalu ada notifikasi jika kita upload konten baru. Tips dari Androbuntu, buatlah konten yang menarik sekaligus berpotensi viral.

Entah itu konten berupa foto ataupun video. Dan jika memungkinkan, konten yang kamu buat harus dikerjakan secara profesional agar hasilnya juga maksimal.

Untuk membuat konten yang bagus dan berpotensi viral, kamu wajib riset dan memantau apa saja yang sedang disukai masyarakat internet.

3. Adakan Give Away untuk Meningkatkan Engagement

Jika kamu mengelola akun bisnis seperti online shop, maka tidak ada salahnya mencoba mengadakan giveaway. Giveaway adalah ketika kamu membagikan suatu barang secara gratis ke orang-orang di Instagram dengan beberapa persyaratan.

Misalnya, mereka harus komentar dan tag teman-temannya di foto giveaway tersebut. Atau sebagai syarat tambahan, kamu juga bisa meminta siapa saja yang ingin ikut giveaway agar memfollow akun kamu dulu.

Jika kamu menjual sepatu, kamu bisa memberikan sepatu gratis sebagai hadiah giveawaynya. Giveaway sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah follower dan engagement profil IG secara keseluruhan.

Silahkan dicoba kalau tidak percaya.

4. Endorse Selebgram Lain yang Sudah Terkenal

Jika Sobat Androbuntu punya modal uang, maka tidak ada salahnya juga untuk mengendorse selebgram lain. Minta mereka untuk mengulas produk kamu.

Dengan cara ini, maka para follower selebgram tersebut akan mengunjungi profil kamu, dan jika mereka suka akan langsung follow. Kekurangan cara ini adalah harus mengeluarkan uang untuk membayar selebgram.

Jadi silahkan gunakan cara ini jika kamu memang benar-benar bisa melakukannya.

5. Gunakan Aplikasi Penambah Follower

Salah satu cara tercepat untuk mendapatkan follower di Instagram adalah dengan menggunakan aplikasi penambah follower. Salah satunya adalah Neutrino+, silahkan baca disini untuk panduan lengkap cara menggunakannya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan 10 ribu follower hanya dalam hitungan hari saja. Sebenarnya masih ada banyak lagi tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapakan banyak follower di Instagram.

Tips selengkapnya bisa kamu baca di artikel cara mendapatkan follower Instagram. Dengan begitu kamu bisa cepat-cepat memanfaatkan fitur swipe up link Instagram.

Nah, itu dia cara menggunakan fitur swipe up link di Instagram, ternyata sangat mudah bukan?

Tapi, ya itu tadi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Tidak semua akun bisa menggunakannya.

Makanya, kamu harus rajin posting foto atau video yang original agar semakin banyak yang follow akun kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari