Cara Mengunci Layar HP Android Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint)

Cara mengunci layar HP Android menggunakan sidik jari sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun terkadang masih banyak orang belum tahu bagaimana cara setting sidik jari di HP Android mereka.

Hal ini dikarenakan menu untuk mengatur sidik jari memang agak tersembunyi. Tapi tenang saja, karena pada artikel Androbuntu kali ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengamankan Android menggunakan sidik jari.

Catatan penting: cara mengunci layar Android menggunakan sidik jari ini hanya bisa dilakukan oleh Android yang memiliki pemindai sidik jari dibelakangnya.

Jadi, jika HP Android kamu tidak memiliki pemindai sidik jari, tutorial ini tidak bisa Sobat Androbuntu ikuti karena tidak akan ada menu untuk menambahkan sidik jari. Dengan mengunci Android menggunakan sidik jari, maka HP Android kamu akan jadi lebih aman sekaligus memudahkan kamu untuk membuka kunci layar.

Lebih aman karena tidak akan ada orang yang bisa membuka kunci layar HP Android kamu menggunakan sidik jari mereka. Karena sidik jari mereka tidak akan cocok dengan sidik jari kamu. Ingat, sidik jari setiap orang berbeda-beda, tidak ada yang sama.

Selain itu juga akan mempermudah kamu dalam membuka layar karena kamu hanya perlu menempelkan jari ke pemindai. Dalam waktu kurang dari 1 detik, kunci layar HP Android kamu akan segera terbuka.

Jauh lebih cepat jika dibandingkan membuka layar HP Android menggunakan pola, PIN, ataupun password. Ok, langsung saja. Berikut ini adalah cara mengunci layar HP Android menggunakan sidik jari.

Cara Mengunci Layar HP Android Menggunakan Sidik Jari (Fingerprint)

Oh, ya. Cara ini bisa diterapkan untuk semua HP Android ya. Mulai dari Xiaomi, Samsung, Oppo, Advan, Sony, Asus, Acer, dan yang lainnya.

Yang terpenting adalah HP Android kamu memang memiliki pemindai sidik jari dibagian punggungnya.

Kalau sudah yakin HP Android kamu memiliki fungsi sidik jari, ikuti tutorial dibawah ini.

1. Pertama masuk ke menu Setelan di HP Android kamu. Kemudian pilih opsi “Keamanan & lokasi”.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

2. Kemudian akan muncul cukup banyak pilih. Pilih saja opsi “Sidik jari”. Karena disini sebelumnya saya sudah pernah memasukkan sidik jari, maka akan terlihat ada tulisan “1 sidik jari disiapkan”. Untuk kamu yang belum pernah setting sidik jari, maka tidak akan ada tulisan seperti itu.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

3. Berikutnya sentuh menu “Tambahkan sidik jari”.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

4. Nah, di langkah inilah yang paling menentukan. HP Android akan meminta kamu untuk menempelkan jari ke pemindai sidik jari yang ada dibelakang HP Android. Silahkan tempelkan jari kamu ke pemindai sidik jari, lalu angkat dan tempelkan lagi. Di HP Android yang saya gunakan, proses ini diminta 8 kali agar hasilnya lebih presisi. Di beberapa HP Android mungkin akan sedikit berbeda.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

5. Jika kunci sidik jari sendiri sudah dideteksi, maka kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini dengan informasi bahwa sidik jari telah ditambahkan. Berikutnya sentuh saja tombol biru bertuliskan “SELESAI”.

Cara Mengunci Layar Smartphone Android Menggunakan Sidik Jari

6. Selesai. Layar HP Android kamu telah diamankan dengan menggunakan sidik jari kamu sendiri. Untuk mencobanya, cobalah untuk kunci HP Android kemudian buka lagi. Maka HP Android akan meminta kamu untuk menempelkan sidik jari untuk membukanya

Nah, itu dia tadi tutorial lengkap cara mengamankan HP Android kamu menggunakan sidik jari. Dengan begitu HP Android kamu akan lebih aman.

Tidak akan ada lagi orang lain yang bisa membuka kunci HP Android kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari