Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik

Mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik? Apakah memungkinkan untuk dilakukan? Tentu saja bisa.

Yang terpenting adalah di HP Android kamu sudah terpasang Google Search dan juga aplikasi keyboard yang mendukung fitur pengetikan suara.

Beberapa aplikasi keyboard yang bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan di WhatsApp tanpa mengetik antara lain adalah SwiftKey Keyboard dan Google Keyboard.

Silahkan gunakan salah satu keyboard diatas, atau kalau tidak coba cek apakah aplikasi keyboard yang kamu gunakan memiliki fitur untuk pengetikan suara.

Jika sudah, Sobat Androbuntu bisa mengikuti tutorial dibawah ini untuk mulai mengirim pesan di WhatsApp tanpa mengetik.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp Menggunakan Foto Sendiri di Android

Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik

1. Pertama buka WhatsApp di HP Android kamu. Kemudian pilih kontak yang ingin kamu kirimi pesan menggunakan suara.

2. Pada aplikasi keyboard, sentuh dan tahan tombol berlogo mikrofon. Letaknya berbeda-beda, jika Sobat Androbuntu menggunakan Gboard, maka letaknya ada dikanan atas keyboard. Dan disini saya menggunakan SwiftKey Keyboard, jadi tombol mikrofon ada di sebelah kiri bawah. Disamping tombol spasi.

Cara Mengirim Pesan Di WhatsApp Tanpa Mengetik Keyboard

3. Kemudian keyboard akan secara otomatis membuka sebuah dialog untuk merekam suara kamu. Kamu bisa langsung berbicara mengucapkan kata apa yang ingin kamu kirim.

Cara Mengirim Pesan Di WhatsApp Tanpa Mengetik Keyboard

4. Kemudian secara otomatis kalimat yang kamu ucapkan tadi akan diubah menjadi teks. Kamu bisa langsung sentuh tombol kirim untuk mengirim teks tersebut.

Cara Mengirim Pesan Di WhatsApp Tanpa Mengetik Keyboard

5. Selesai.

Pada cara ini sebenarnya kita menggunakan mesin pengenalan suara dari Google, yang akan mengubah suara kamu menjadi teks. Jadi, sudah tidak usah diragukan lagi tingkat akurasinya.

Berdasarkan percobaan yang saya lakukan, Google bisa mengubah suara yang saya ucapkan menjadi teks dengan tingkat akurasi hingga 95%. Yang terpenting adalah ketika kalian sedang menggunakan fitur ini, kondisi disekitar kalian sedang tidak terlalu bising.

Jika kondisi disekitar kalian sedang terlalu bising, biasanya Google akan kesulitan menerima input suara yang kalian masukkan. Hal ini biasanya akan sering kalian alami jika sedang berada di bengkel, jalan raya yang sedang ramai atau saat disekitar kalian sedang terdengar suara musik yang keras.

Untuk mendapatkan hasil pengenalan suara yang lebih maksimal, dekatkan mikrofon HP Android kamu ke mulut saat kamu berbicara. Atau kalau ingin lebih presisi lagi, kamu bisa menggunakan mikrofon yang ada di headset.

Karena biasanya kualitas mikrofon yang ada di headset lebih baik dalam merekam suara jika dibandingkan mikrofon bawaan HP Android.

Kesimpulan

Itu dia tadi cara mengetik dengan suara di WhatsApp. Cara mengirim pesan tanpa mengetik ini sangat berguna dalam beberaps situasi.

Contohnya adalah ketika kamu harus membalas pesan WhatsApp dari seseorang namun tangan kamu sedang basah atau kotor. Opsi ini dapat menjadi alternatif yang wajib kamui coba.

Selain itu cara diatas juga menurut saya jauh lebih mudah karena kita tidak perlu repot-repot mengetik. Cocok digunakan jika kita ingin memberikan balasan pesan yang cukup panjang.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari