Cara Menggunakan Aplikasi Anonytun

Sudah menjadi rahasia umum bahwa akses internet kita tidak 100% bebas, terkadang ada beberapa web yang tidak bisa kita kunjungi karena di blokir oleh pemerintah. Web yang di blokir tersebut biasanya adalah web yang termasuk ke dalam kategori p*n*grafi, jud1, penipuan, dan semacamnya.

Namun tetap saja, terkadang ada beberapa web yang tidak termasuk ke dalam kategori tersebut, tapi tetap masuk dalam daftar blokir pemerintah. Contoh web tersebut adalah reddit.com.

Reddit.com bukanlah situs berbagu p*rn*grafi, namun kita tetap tidak bisa mengaksesnya dari Indonesia. Ini hanyalah web forum biasa. Beberapa tahun lalu, Tumblr.com juga sempat tidak bisa diakses dari Indonesia karena alasan mengandung konten p*rn*grafi.

Tapi tenang saja, selalu ada solusi untuk setiap masalah. Jika kamu ingin mengunjungi situs-situs yang di blokir di Indonesia, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Anonytun.

Baca juga: Apa itu ProxySite dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Anonytun?

Logo Anonytun by Androbuntu
Logo Anonytun

Anonytun adalah aplikasi VPN, sama seperti ProtonVPN, SuperVPN, dan aplikasi-aplikasi VPN lainnya. Dengan menggunakan Anonytun, kamu dapat mengunjungi situs yang di blokir dari Indonesia, karena kamu akan menggunakan IP yang berlokasi di negara lain.

Saat menggunakan Anonytun, perangkat Sobat Androbuntu tidak perlu di root. Kamu juga tidak perlu melakukan konfigurasi manual. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan meng-klik tombol-tombol tertentu di dalam aplikasi Anonytun.

Ukuran aplikasi ini hanya 3.3MB, ini terbilang ringan untuk sebuah aplikasi VPN. Beberapa aplikasi VPN lain ada yang ukurannya mencapai 20MB lebih.

Dengan ukuran seringan itu, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan internal ponsel. Jadi kamu bisa menyisihkan ruang penyimpanan yang tersisa untuk memasang aplikasi lain.

Anonytun sudah di unduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store, dengan ulasan bintang 4.

Yang paling saya sukai dari Anonytun ialah, aplikasi ini dapat langsung digunakan setelah di unduh. Kita tidak perlu mendaftar akun. Instal, lalu gunakan.

Dan ini yang paling penting, Anonytun dapat di unduh gratis dan digunakan sepuasnya. Kamu hanya akan melihat sedikit iklan di aplikasi ini.

Jika kamu ingin mendukung pengembang aplikasi Anonytun, kamu bisa menghapus iklan tersebut dan membayar Rp 42.000,- per bulan. Selain itu, kamu juga akan lebih nyaman dalam menggunakan Anonytun.

Bagaimana, makin tertarik bukan untuk menggunakan Anonytun?

Cara Menggunakan Anonytun

Tutorial ini dapat diikuti oleh semua pengguna Android, entah HP kamu bermerk Xiaomi, Samsung, Acer, Asus, Poco, Realme, atau yang lainnya, yang terpenting masih sama-sama Android.

Langsung saja, pertama buka aplikasi Google Play Store, kemudian cari dengan kata kunci “Anonytun”.

Pastikan kamu memilih aplikasi Anonytun dari pengembang bernama Art Of Tunnel. Ketuk tombol Instal. Omong-omong, aplikasi ini dapat di unduh gratis ya.

Cara Menggunakan Anonytun di Android by Androbuntu 1

Kalau sudah di unduh, ketuk Buka.

Cara Menggunakan Anonytun di Android by Androbuntu 2

Nah, berikutnya tinggal aktifkan saja VPN dari Anonytun dengan cara ketuk tombol CONNECT.

Cara Menggunakan Anonytun di Android by Androbuntu 3

Tutorial diatas adalah cara dasar untuk mengaktifkan VPN dari aplikasi Anonytun. Untuk mengetes apakah Anonytun benar-benar memberikan kamu akses VPN, coba kunjungi reddit.com sebelum mengaktifkan Anonytun.

Kamu pasti tidak akan dapat mengakses reddit.com karena memang situs ini di blokir di Indonesia. Baru setelah Anonytun diaktifkan, coba cek kembali reddit.com.

Maka kamu akan bisa membuka halaman reddit.com, yang itu artinya VPN dari Anonytun benar-benar bekerja.

Cara Memilih Server di Anonytun

Secara default, Anonytun akan menyesuaikan server VPN yang kamu gunakan. Aplikasi ini akan menggunakan server yang paling cepat.

Pilihan Server Anonytun by Androbuntu

Sobat Androbuntu akan menggunakan server VPN dengan lokasi terdekat dan yang paling “senggang” untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Namun kamu juga tetap bebas menentukan sendiri untuk menggunakan server dari negara mana.

Untuk mengganti lokasi server, cukup ketuk tombol Best Performance tadi, lalu pilih server VPN dari negara mana yang ingin kamu gunakan. Anonytun akan loading sebentar, dan VPN akan kembali aktif.

Jika kamu menggunaan VPN untuk bermain game atau streaming, Anonytun juga menyediakan pilihan server untuk kebutuhan tersebut. Gulir saja ke bawah, kamu akan menemukan pilihan Gaming|Streaming.

Mengganti Server di Anonytun by Androbuntu

Itu dia tadi penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara menggunakan Anonytun di Android. Semoga setelah mengikuti tutorial diatas, kamu bisa mengakses internet dengan lebih bebas tanpa dibatasi lagi.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari