Cara Cek LCD HP Xiaomi Asli, Palsu atau Rusak

Diantara kalian mungkin ada yang penasaran dengan LCD di HP Xiaomi kalian, apakah asli, palsu atau rusak. Mungkin kalian membeli HP Xiaomi kalian dari pihak kedua atau melalui tukar tambah.

Memang, jika kalian membeli HP Xiaomi bekas, kalian harus lebih berhati-hati karena siapa tahu ada salah satu atau beberapa komponen yang sudah diganti. Salah satu yang harus kita waspadai adalah layar atau LCD-nya.

Cara dibawah ini juga dapat kalian lakukan ketika akan bertransaksi membeli HP Xiaomi bekas. Jadi sebelum membayar kalian dapat mengetahui keaslian layar HP Xiaomi.

Jika ternyata HP Xiaomi yang ingin kalian beli layarnya bermasalah atau tidak asli, kalian dapat membatalkannya saat itu juga. Itu akan menyelamatkan uang kalian.

Baca juga: Apa itu MSA di HP Xiaomi? Apakah Aman untuk Dihapus?

Cara Cek LCD di HP Xiaomi

Cara dibawah ini dapat kalian lakukan di hampir semua tipe HP Xiaomi. Di artikel ini kebetulan saya menggunakan Xuaomi Mi 4A.

Langsung saja, berikut ini adalah cara cek LCD Xiaomi asli, palsu atau sudah rusak:

1. Sangat disarankan baterai HP Xiaomi kalian terisi setidaknya 60% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Atau jika memungkinkan, hubungkan HP Xiaomi kalian dengan pengisi daya.

2. Buka aplikasi telepon di HP Xiaomi milik Sobat Androbuntu. Kemudian silahkan dial atau ketik *#*#64663#*#*. Beberapa HP Xiaomi mengharuskan kita untuk mengetuk tombol panggil, beberapa lainnya tidak.

3. HP Xiaomi kamu kemudian akan membuka halaman Hardware tests seperti pada screenshot dibawah ini. Untuk menguji LCD atau layar, pilih menu Touch Sensor.

Cara Cek LCD Xiaomi

4. Kemudian HP Xiaomi akan menampilkan layar hitam dengan kotak-kotak kecil seperti dibawah ini. Ini adalah menu pengujian layar.

Cara Cek LCD Xiaomi

5. Jika kamu tidak melihat adanya halaman hitam dengan kotak-kotak seperti gambar diatas, mungkin kamu salah memilih menu. Silahkan ketuk tombol back dan pilih menu Touch sensor sekali lagi.

6. Jika sudah, silahkan lakukan pengujian layar dengan cara mengusap ke seluruh layar tanpa terputus dan tanpa ada yang tersisa. Jika ada garis yang terputus padahal kalian tidak mengangkat jari, maka layar HP Xiaomi tersebut kemungkinan besar bermasalah.

Cara Cek LCD Xiaomi

7. Silahkan lakukan pengujian dari atas ke bawah, kiri ke kanan, sudut satu ke sudut lainnya hingga kamu yakin bahwa LCD Xiaomi kamu memang asli dan dalam kondisi normal.

8. Jika pengujian sudah selesai, kamu bisa keluar dengan cara klik tombol Back. Akan muncul dialog kecil, klik saja tombol Oke.

Cara Cek LCD Xiaomi

10. Kamu kemudian akan dibawa kembali ke halaman home.

Catatan

Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna HP Xiaomi yang di posting di forum-forum, ternyata ada yang tidak bisa masuk ke halaman tes hardware seperti tutorial diatas.

Usut punya usut, ternyata mereka yang tidak bisa masuk ke halaman pengujian menggunakan ROM tidak resmi, alias ROM abal-abal.

Sehingga ROM tersebut tidak dilengkapi dengan fitur pengujian hardware seperti tutorial Androbuntu diatas.

Jadi, jika di HP Xiaomi kamu tidak bisa masuk ke halaman pengujian seperti diatas, bisa jadi HP Xiaomi kamu palsu.

Kesimpulan

Dengan klik tombol back, maka kamu akan keluar dari halaman pengujian hardware Xiaomi. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan untuk menguji hardware Xiaomi yang lainnya, bukan hanya LCD saja.

Mulai dari speaker, SIM Card, proximity sensor, tombol, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang menggunakan HP Xiaomi.

Coba tantang mereka untuk mengecek keaslian LCD Xiaomi mereka. Siapa tahu palsu.

Apakah cara diatas akurat?

Akurat. Setidaknya kita dapat mengetahui apakah layar yang digunakan asli atau bermasalah. Jika tidak keduanya, maka salah satunya.

Hasil pengujian terputus-putus, apakah layar saya sudah pasti palsu?

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, ada dua kemungkinan. Pertama layar HP Xiaomi kamu palus. Atau bisa juga asli namun sudah rusak.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari