Cara Cek LCD HP Xiaomi Asli, Palsu atau Rusak

Cara cek LCD Xiaomi asli atau palsu sangat penting untuk dilakukan, terutama untuk kamu para penggemar produk-produk ponsel buatan Xiaomi.

Karena seperti yang kita ketahui, Xiaomi merupakan salah satu dari lima vendor ponsel pintar terbesar di dunia.

Dengan begitu, produk-produk Xiaomi banyak yang dipalsukan oleh perusahaan lain demi menggeruk keuntungan.

Salah satu produk Xiaomi yang paling sering dipalsukan tentu saja adalah ponsel pintarnya. Karena lini ponsel pintar buatan Xiaomi memang selalu laris dipasaran.

Karena itu ada baiknya kamu mengecek apakah layar LCD yang ada di HP Xiaomi kamu asli atau palsu. Siapa tahu palsu.

Nah, untuk mengetahui LCD Xiaomi asli atau palsu sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan.

Tidak perlu mengamati LCD secara langsung menggunakan tatapan mata.

Advertisements

Karena setiap HP Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengecek keaslian hardware, termasuk LCD.

Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal. Pertama, bisa kamu gunakan ketika membeli HP Xiaomi baru.

Jika ada kendala atau terbukti palsu, maka kamu bisa langsung komplain ke toko tempat kamu membelinya dan segera meminta refund.

Kedua, bisa kamu gunakan ketika ingin membeli HP Xiaomi bekas.

Lakukan pengujian LCD ini agar HP Xiaomi bekas yang kamu beli benar-benar Xiaomi asli dan kamu terhindari dari penjualan produk HP Xiaomi palsu.

Ketiga, bisa kamu gunakna untuk meyakinkan orang yang ingin membeli HP Xiaomi seken yang kamu jual. Ini posisinya kalau kamu yang ingin menjual HP Xiaomi bekas ya.

Nah, jika Sobat Androbuntu sudah tahu apa manfaat cek LCD Xiaomi ini, dan tertarik untuk melakukannya, ikuti tata caranya dibawah ini.

Advertisements

Baca juga:

Cara Cek LCD HP Xiaomi

Oh, ya. Cara ini bisa dilakukan untuk semua tipe HP Xiaomi ya. Mulai dari Xiaomi 4A, Mi 41, Redmi Note, Mi Mix, dan masih banyak lagi.

Langsung saja, berikut ini adalah cara cek LCD Xiaomi asli, palsu atau sudah rusak:

1. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan bahwa baterai HP Xiaomi kamu sudah terisi lebih dari 60%. Jika baterai HP Xiaomi kamu sudah rusak, lebih baik sambil di cas saja.

2. Kemudian nyalakan HP Xiaomi kamu. Karena untuk mengecek keaslian layar ini kita akan masuk ke menu pengujian layar. Jadi kondisi HP Xiaomi harus menyala atau aktif.

3. Jika sudah, buka aplikasi dial phone. Itu loh, aplikasi telepon yang biasa kamu gunakan untuk melakukan panggilan. Kemudian ketik kode *#*#64663#*#*. Beberapa tipe Xiaomi mengharuskan kamu untuk klik tombol panggil, beberapa lainnya tidak perlu.

4. Kemudian secara otomatis HP Xiaomi akan membuka aplikasi “Hardware tests” seperti pada gambar dibawah ini. Akan ada banyak menu yang bisa kamu pilih. Karena kita akan cek bagian layarnya, maka pilih menu “Touch Sensor”.

Advertisements
Cara Cek LCD Xiaomi

5. Kemudian HP Xiaomi akan menampilkan layar hitam dengan kotak-kotak kecil seperti dibawah ini. Ini adalah menu pengujian layar.

Cara Cek LCD Xiaomi

6. Jika kamu tidak melihat adanya halaman hitam dengan kotak-kotak seperti gambar diatas, mungkin kamu salah memilih menu. Silahkan klik tombol back dan pilih menu “Touch sensor” sekali lagi.

7. Kalau sudah, silahkan lakukan pengujian dengan cara mengusap layar smartphone tanpa putus. Jika ada garis yang terputus padahal tangan kamu tidak terangkat dari layar, maka artinya LCD Xiaomi kamu bermasalah (bisa rusak ataupun palsu). Tapi jika garis yang kamu buat benar-benar tidak terputus, artinya LCD Xiaomi kamu sedang dalam kondisi normal dan asli.

Cara Cek LCD Xiaomi

8. Silahkan lakukan pengujian dari atas ke bawah, kiri ke kanan, sudut satu ke sudut lainnya hingga kamu yakin bahwa LCD Xiaomi kamu memang asli dan dalam kondisi normal.

9. Jika pengujian sudah selesai, kamu bisa keluar dengan cara klik tombol “Back”. akan muncul dialog kecil, klik saja tombol “Oke”.

Cara Cek LCD Xiaomi

10. Kamu kemudian akan dibawa kembali ke halaman home.

Catatan

Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna HP Xiaomi yang di posting di forum-forum, ternyata ada yang tidak bisa masuk ke halaman tes hardware seperti tutorial diatas.

Advertisements

Usut punya usut, ternyata mereka yang tidak bisa masuk ke halaman pengujian menggunakan ROM tidak resmi, alias ROM abal-abal.

Sehingga ROM tersebut tidak dilengkapi dengan fitur pengujian hardware seperti tutorial Androbuntu diatas.

Jadi, jika di HP Xiaomi kamu tidak bisa masuk ke halaman pengujian seperti diatas, bisa jadi HP Xiaomi kamu palsu.

Kesimpulan

Dengan klik tombol back, maka kamu akan keluar dari halaman pengujian hardware Xiaomi. Cara ini sebenarnya bisa dilakukan untuk menguji hardware Xiaomi yang lainnya, bukan hanya LCD saja.

Mulai dari speaker, SIM Card, Proximity sensor, Tombol, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang menggunakan HP Xiaomi.

Coba tantang mereka untuk mengecek keaslian LCD Xiaomi mereka. Siapa tahu palsu.

Apakah cara diatas akurat?

Advertisements

Akurat. Setidaknya kita dapat mengetahui apakah layar yang digunakan asli atau bermasalah. Jika tidak keduanya, maka salah satunya.

Hasil pengujian terputus-putus, apakah layar saya sudah pasti palsu?

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, ada dua kemungkinan. Pertama layar HP Xiaomi kamu palus. Atau bisa juga asli namun sudah rusak.

Terakhir diperbarui pada 27 Mei 2021.

Pemikir, cowok rumahan.