Cara Membuat Akun Proton Mail

Proton Mail adalah layanan email dengan fitur enkripsi end-to-end yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim email secara aman dan rahasia. Bahkan pihak Proton sendiri tidak dapat mengetahui isi email yang kalian kirim.

Keamanan dan fitur enkripsi inilah yang menjadi salah satu daya tarik Proton Mail jika dibandingkan dengan layanan email lain yang lebih populer seperti Gmail dan Yahoo Mail.

Menariknya, layanan email dari Proton ini juga tersedia versi gratisnya. Kamu dapat menerima email gratis tak terbatas ke akun Proton kamu.

Sedangkan untuk mengirim email, kamu akan dibatasi hingga 100 email perhari. Yang mana menurut saya ini sudah lebih dari cukup.

Jika Sobat Androbuntu tertarik memiliki akun Proton Mail, kalian dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Proton VPN di HP Android

Table of Contents

Cara Membuat Akun Proton Mail Di PC

Ada dua cara yang akan saya bahas dalam artikel kali ini, yaitu melalui PC dan melalui HP Android. Silahkan disesuaikan dengan perangkat yang kalian gunakan.

Yang pertama ini saya akan tunjukan ke kamu bagaimana caranya mendaftar akun Proton Mail melalui PC.

Yang kita butuhkan hanyalah sebuah browser. Silahkan gunakan browser favorit kamu, entah itu Chrome, Firefox, ataupun Safari.

Langsung saja, berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat Proton Mail di PC:

  1. Buka browser di PC kamu. Kemudian kunjungi situs resmi Proton Mail di protonmail.com.
  2. Kemudian klik tombol Sign Up yang ada di pojok kanan atas.
Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

3. Berikutnya pilih saja yang free sebagai permulaan.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

4. Kemudian isi data-data diri kita. Mulai dari nama, alamat email Proton yang akan digunakan, password, dan lainnya. Saya yakin kamu tidak akan kesulitan untuk mengisinya.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail
  1. Jika semua data sudah di isi, klik tombol Create Account yang letaknya ada di paling bawah.

Selamat. Kemudian akun Proton Mail kamu sudah selesai dibuat. Kamu sudah dapat menggunakannya untuk mengirim dan menerima email atau menggunakan layanan Proton lainnya seperti Proton Drive, Proton VPN hingga Proton Calendar.

Cara Membuat Akun Proton Mail di Android

Untuk kalian yang lebih memilih membuat akun Proton Mail di HP Android, maka caranya sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Kalian hanya perlu mengunduh aplikasi Proton Mail di Google Play Store lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Proton Mail yang baru saja kamu unduh.
  2. Berikutnya klik tombol Membuat Akun yang letaknya ada dibawah.
Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

3. Setelah itu pilih versi Bebas atau Gratis. Lalu klik tombol Memilih.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

4. Berikutnya buat sebuah username yang akan menjadi alamat email Proton Mail kamu. Jika sudah klik tombol Membuat akun.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

5. Lalu buat sebuah password dan lanjutkan dengan klik Set Password.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

6. Lalu pilih metode enkripsi. Jika kamu ingin yang cepat, pilih yang pertama yaitu “Keamanan Tinggi (2048)”. Kalau ingin yang lebih aman, gunakan “Keamanan Ekstrim (4096)”. Kedua metode enkripsi ini sama amannya, hanya berbeda tingkat kesulitannya saja. Kemudian klik tombol Terus.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail

7. Jika sudah, maka Proton Mail akan meminta verifikasi melalui telepon. Klik tombol Verifikasi Telepon dan ikuti langkah selanjutnya.

Cara Membuat Akun Email Di ProtonMail
  1. Dan selamat, kini akun Proton Mail kamu sudah selesai dibuat.

Kini kamu sudah dapat menggunakan akun Proton Mail yang baru saja kamu buat itu untuk menerima dan mengirim email, bahkan ke layanan email lain seperti Gmail dan Yahoo Mail.

Tips Tambahan

Sebagian diantara Sobat Androbuntu mungkin akan ada yang bertanya-tanya apakah Proton Mail hanya dapat digunakan untuk mengirim email ke sesama Proton Mail atau tidak.

Jawabannya tentu saja tidak. Kamu dapat mengirim email ke layanan email apapun, mulai dari Gmail, Yahoo Mail, atau bahkan email custom seperti yang digunakan oleh Androbuntu yaitu info[at]androbuntu.com.

Namun yang perlu diperhatikan adalah fitur enkripsi email hanya akan aktif jika kamu mengirim email ke sesama pengguna Proton Mail.

Jika kamu mengirim email ke selain pengguna Proton Mail, maka email-nya tidak akan di enkripsi.

Nah, itu dia tadi tutorial lengkap cara membuat akun email di Proton Mail. Dengan membuat akun di Proton Mail dan menggunakannya untuk kirim email sehari-hari, maka kamu akan jadi lebih aman.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar